You are here
Home > Kesehatan >

5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan dan Menu Wajib Buka Puasa

5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan dan Menu Wajib Buka Puasa

Kurma menjadi salah satu menu andalan untuk buka puasa yang tidak boleh dilewatkan. Selain karena sunnah Nabi Muhammad SAW, manfaat kurma juga tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan.

Buah yang berasal dari wilayah Timur Tengah ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari zat besi, vitamin, hingga kalsium. Rasanya pun manis dan aman untuk dikonsumsi semua kalangan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat kurma untuk buka puasa bagi kesehatan.

Membantu Melawan Penyakit

Pada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh NCBI, Phoenix dactylifera atau kurma memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melawan berbagai penyakit.

Setidaknya terdapat tiga kandungan antioksidan di dalam kurma yang dibutuhkan tubuh. Seperti flavonoid untuk mengurangi resiko diabetes dan kanker, karotenoid untuk peningkatan kesehatan jantung, dan asam fenolik untuk anti-inflamasi alami.

Kaya Akan Nutrisi

Manfaat kurma bagi kesehatan selanjutnya adalah memenuhi nutrisi selama puasa. Energi terbatas yang digunakan selama menahan lapar seharian akan cepat tergantikan dengan nutrisi kurma yang mudah diserap tubuh.

Saat berbuka, disarankan untuk setidaknya mengkonsumsi 3 buah kurma sesuai sunnah nabi.

Meningkatkan Fungsi Otak

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat mengurangi aktivitas protein beta amyloid yang menyebabkan pembentukan plak di otak.

Plak ini merupakan penyebab penyakit Alzheimer yang membuat sel otak mati. Kurma bekerja dengan cara menurunkan gejala inflamasi salah satunya interleukin 6 pada otak.

Menjaga Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk mencegah sembelit. Sembelit merupakan salah satu permasalahan saat puasa karena tubuh cenderung kekurangan serat dan mineral. Untungnya, kurma memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menjaga kinerja pencernaan.

Selain itu, serat yang tinggi juga dapat mengurangi rasa lapar seharian.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan zat besi pada kurma terbukti dapat menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan mineral lain seperti kalium dan magnesium juga terbukti membantu dalam pencegahan anemia.

Sumber Energi Cadangan

Perubahan pola makan saat puasa mengharuskan kita memiliki sumber energi cadangan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Beruntungnya, dengan rutin mengkonsumsi kurma saat buka dan sahur dapat memberikan energi cadangan bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan glukosa pada kurma yang cukup tinggi. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya saat seharian beraktivitas ketika puasa.

Demikian manfaat kurma untuk buka puasa bagi kesehatan. Selain 3 buah ketika berbuka, kamu juga bisa mengkonsumsi kurma saat sahur.

Leave a Reply

Top