You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion >

3 Cara Menjahit Baju Bagi Pemula Tanpa Modal Banyak

Cara menjahit baju bagi pemula

Mediago.id – Menjahit baju sangat diperlukan bagi seseorang yang ingin memulai untuk menghasilkan produk pakaian sendiri. Artikel kali ini akan mengulas tentang cara menjahit baju bagi pemula agar rapi. Simak dulu ya!

Menjahit sebenarnya terlihat cukup sederhana namun jika dipraktekkan sendiri rasanya sangat sulit dan butuh keterampilan.

Proses menjahit sendiri bisa dilakukan dengan tangan secara manual maupun dengan menggunakan mesin jahit.

Produk yang dihasilkan pun beragam. Mulai dari pakaian, Kasur, tirai, sprei hingga tas maupun sepatu juga melalui proses jahit.

Salah satu kegiatan menjahit yang kerap digemari orang adalah menjahit baju. Karena selain bisa menentukan model sesuai kemauan juga hasil bajunya pun akan pas sesuai postur tubuh karena telah diukur langsung ke badan.

Namun banyak yang berasumsi bahwa menjahit baju sangat sulit dan butuh modal banyak, padahal tidak. Anda hanya perlu mengetahui dasar-dasar cara menjahit baju lalu Anda bisa belajar mempraktikkannya.

3 Cara Menjahit Baju Bagi Pemula Tanpa Modal Banyak

Nah, untuk Anda yang ingin bisa belajar menjadi penjahit maka ada 3 cara menjahit baju bagi pemula yang mudah dan bisa Anda simak.

Tidak butuh modal banyak, Anda hanya perlu mengumpulkan segala kebutuhan untuk menjahit dan itu harganya pun masih cukup tergolong murah.

1.     Bahan-bahan dan Alat-Alat Menjahit yang Lengkap

Sebelum memulai belajar menjahit, yang paling penting adalah bahan-bahan serta alat-alat yang dibutuhkan untuk menjahit.

Seperti gunting, penggaris, meteran jahit, kain, pensir dan kapur kan, benang, jarum, jarum tangan, jarum pentul dan mesin jahit.

2.     Belajar Menjahit Lurus, Melingkar, serta Mengunci Jahitan

Tahap berikutnya jika bahan-bahan dan alat-alat sudah lengkap adalah belajar menjahit lurus, melingkar hingga mengunci jahitan.

Anda bisa mempraktekkannya di kertas koran atau kain bekas lebih dulu. Mulailah dengan membuat jahitan garis lurus, melingkar dan membuat liku-liku pada koran atau kan tersebut sampai hasilnya benar-benar rapi.

3.     Belajar Menjahit Pada Baju yang Sudah Ada

Anda bisa mengawali menjahit pada baju yang sudah ada. Anda bisa membuatnya menjadi sarung bantal, sapu tangan atau hal-hal sederhana lain sambal melatih diri agar semakin lihai menjahit sebelum nantinya menjahit baju yang sebenarnya.

Demikian di atas merupakan cara menjahit baju bagi pemula. Anda harus gigih belajar, konsisten serta mau meluangkan waktu demi mendapat peningkatan terus dalam menjahit baju. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Top