You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion >

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week Langkah Awal Indonesia Jadi Pusat Fashion Muslim Dunia

Muslim Fashion Festival

MediaGo – Embracing Jakarta Muslim Fashion Week siap diselenggarakan. Ajang fashion muslim ini hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan RI, Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) ini akan dilaksanakan pada 18 November 2021 di Aquatic Stadium Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Melalui ajang ini, Indonesia diharapkan bisa menjadi pusat fashion muslim dunia. Bukan tanpa alasan, data dari Global Religious Futures, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, yang jumlahnya mencapai 13 persen dari populasi muslim dunia.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi menyampaikan, pihaknya secara bersama-sama ingin menangkap kekuatan pasar busana muslim Indonesia agar dapat diekstensifkan menjadi pilar ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2022 Kembali Digelar Secara Virtual

“Kegiatan ini tidak bisa berjalan sendiri, perlu kolaborasi semua pihak. Kita (Kemendag) juga ingin menjadi agregator, sehingga Indonesia bisa menjadi center fashion muslim dunia,” katanya dalam jumpa virtual, Kamis (11/11/2021).

Mendag Lutfi menambahkan, membangun ekosistem industri busana muslim lokal adalah mendukung pelaku usaha busana muslim Indonesia. Sekitar 90 persen merupakan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mendapatkan daya tawar yang lebih baik di pasar global.

Selain itu, The State of Global Islamic menyebutkan bahwa pertumbuhan industri fashion muslim di Indonesia adalah yang terbaik kedua di dunia, dengan konsumsi mencapai US$21 miliar dan pertumbuhan rata-rata 18,2 persen pertahun.

Baca juga: 4 Warna Gaun Pengantin Yang Bagus Dan Trendy

Di kesempatan yang sama, perwakilan KADIN sekaligus Wakil Ketua Komite Promosi Fesyen Muslim Nasional Anne Patricia Susanto menyampaikan, untuk memulai ajang ini pihaknya menggandeng seluruh asosiasi desainer, 15 institut fesyen, dan asosiasi kosmetika.

“Akan ada 15 fashion institut yang hadir. Kita ingin berbagai sektor usaha yang mayoritas muslim untuk bisa jago di dunia bukan lokal saja. Kita merasa dengan kearifan lokal kita bisa menunjang industri fashion,” katanya.

Anne juga menjelaskan, acara akan berfokus pada beberapa hal, salah satunya persiapan kick off dari inisiatif pada 18 November 2021 mendatang. Nantinya akan ada beberapa fashion show yang menggandeng semua ekosistem dari industri fashion dari hulu hingga hilir.

Baca juga: 5 Style Anak Kuliah Yang Fashionable Untuk Wanita

“Selain itu ada 12 desainer yang ikut acara ini. Lalu ada statement dari para duta besar luar negeri,” tambahnya.

Di tahun pertama penyelenggaraannya, Jakarta Muslim Fashion Week akan fokus memperkenalkan desain fashion muslim Indonesia yang begitu kaya akan keberagaman kepada pasar domestik dan dunia internasional.

Rangkaian acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 adalah fashion show yang menampilkan 36 brand muslim dan diskusi perkembangan fashion muslim dari Indonesia.

RAR

Leave a Reply

Top