You are here
Home > Kesehatan >

5 Penyakit yang Disebabkan Karena Terlalu Sering Main HP

penyakit yang disebabkan karena terlalu sering main hp

MediaGo – Terlalu sering menggunakan handphone ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh loh. Kamu bisa terkena beberapa penyakit baru karena terlalu sering main hp. Seperti yang akan MediaGo bahas pada artikel ini.

Handphone memang sudah menguasai dunia sejak satu dekade terakhir. Akibatnya, banyak orang yang kecanduan gadget hingga membawanya kemanapun mereka pergi.

Padahal hal ini dapat menggangu kesehatan fisik dan psikologi seseorang. Bahkan beberapa penyakit baru muncul belakangan ini yang diakibatkan karena sering main HP.

Ini Penyakit yang Disebabkan Karena Terlalu Sering Main HP

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito A. Damay Sp.JP(K) membeberkan beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terlalu sering bermain smartphone. Dikutip dari laman Indozone, Jumat (12/11/2021) berikut diantaranya:

1. Migrain

migrain
Sumber : Hello Sehat

Terlalu lama menatap layar hp ternyata bisa mengakibatkan sakit kepala dan migrain. Hal ini disebabkan oleh radiasi cahaya yang menggangu sinyal di otak dan menyebabkan stress.

“Selain itu, penyebab migrain saat main Hp karena posisi tubuh yang salah, mungkin kita sendiri sering menatap layar Hp dengan posisi menunduk yang memicu ketegangan otot, khususnya pada leher yang menyebabkan kepala akan terasa ketarik,” kata dr. Vito dalam akun Instagram-nya, @doktervito.

2. Phantom Vibration Syndrome

phantom vibration syndrome
Sumber : The Independet

Phantom Vibration Syndrome adalah kondisi dimana kecemasan sering muncul ketika ponsel bergetar atau mengira ada telepon masuk, padahal sebenarnya tidak ada.

3. Low Battery Anxiety

low battery
Sumber : ChargeTech

Terlalu sering bermain hp juga bisa memicu munculnya rasa panik ketika tahu baterai gaway hampir habis. Hal ini bisa menyebabkan kecemasan yang tidak baik untuk mentalmu.

4. Nomophobia

nomophobia
Sumber : ShutterStock

Nomofobia adalah sindrom ketakutan jika tidak memegang handphone. Ini bisa terjadi ketika seseorang ketinggalan ponselnya saat pergi.

“Sebuah penelitian menemukan bahwa saat seseorang melakukan aktivitas dibarengi dengan handphone berdering menjadi lebih sulit berkonsentrasi, bahkan meningkatkan kecemasan,” kata dr. Vito.

5. Fear Of Missing Out (FOMO)

fomo
Sumber : Alodokter

Gangguan kesehatan ini biasa kita dengar dengan sebutan FOMO, yaitu rasa takut akan ketinggalan informasi terbaru yang ada di internet.

Akibatnya, mereka yang mengidap FOMO akan lebih sering membandingkan hidupnya dengan orang lain yang membuat mereka merasa tidak bahagia, iri, bahkan depresi. Ngeri banget ya!

Nah itulah 5 penyakit baru yang muncul karena sering main hp. Yuk mulai sekarang biasakan untuk menggunakan ponsel pintar seperlunya saja agar tubuh kalian bisa selalu sehat dan mental terjaga. Semoga bermanfaat!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top