MediaGo – Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 kembali digelar. Ajang unjuk mode terbesar di Indonesia ini akan berlangsung selama empat hari, yakni pada 25-28 November 2021 di Senayan City, Jakarta. Seperti tahun sebelumnya, JFW masih dilaksanakan secara virtual melalui JFW.TV.
Chairwomen Jakarta Fashion Week Svida Alisjahbana mengatakan, berlangsung JFW secara virtual karena masih menyesuaikan kondisi di masa pandemi COVID-19. Meski demikian, dirinya merasa industri fesyen melalui digitalisasi tetap mengalami perkembangan.
“Kami masih melihat perubahan fashion ecosystem, yang beradaptasi digital mengalami pertumbuhan. Melalui digitalisasi, industri fesyen kembali berkembang,” kata wanita yang juga CEO GCM Group dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/11/2021).
Baca juga: Koleksi Limited Edition Spesial Ulang Tahun Charles & Keith Ke-25
Topik sustainability fashion masih menjadi pembahasan hangat dalam gelaran JFW 2022, di mana industri fesyen turut berkontribusi menjaga kesinambungan alam seperti slow fashion. Meski lebih memakan waktu pada saat proses pengerjaan busana, akan tetapi lebih ramah lingkungan.
Svida juga menjelaskan, nantinya ada tiga slot show di Jakarta Fashion Week 2022. Beberapa dari mereka akan kuat dengan kampanye koleksinya melalui media sosial.
Lazada dan Ekosistem Digital
Ajang Jakarta Fashion Week kini tidak hanya menjadi sekadar wadah yang menampilkan karya busana, namun juga pengembangan lebel sekaligus bisnis para desainer. Menyikapi hal itu, Lazada hadir membantu para desiner mengembangkan lebel dan bisnisnya melalui ekosistem digital.
Irene Inonu selaku Vice President, Head of Marketing Branding Lazada mengakatan, pihaknya hadir memberikan dukungan kepada desainer muda untuk memperkenalkan busana ready to wear-nya melalui Lazada. Hal ini dinilai menjadi kesempatan para desainer mengembangkan lebel dan bisnisnya.
Baca juga: 5 Style Anak Kuliah Yang Fashionable Untuk Wanita
“Ini tahun ketiga Lazada bergabung dengan JFW. Bentuk kerjasama saat ini memberikan dukungan kepada desainer untuk memperkenalkan busana ready to wear-nya. Ini memberikan kesempatan yang lebih luas lagi,” ujarnya. Tidak hanya itu, Irene menjelaskan, pihaknya juga mengkurasi karya-karya desainer yang tersedia dalam kanal Lazada.
Irene juga berharap dengan bergabungnya Lazada dalam kegiatan JFW bisa terus mendukung karya desiner, terutama koleksi lokal dan dunia fesyen Indonesia semakin berjaya. Selain itu, diharapkan gelaran semacam ini bisa dilakukan secara offline.