You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

8 Mitos Tentang Jodoh Ini Masih Terdengar Hingga Sekarang, Kamu Percaya?

mitos tentang jodoh
Bagikan

MediaGo – Kalau ngomongin soal jodoh memang gak ada habisnya guys. Kita yang sedang dalam masa pencarian pasangan kadang sering dibingungkan dengan beberapa mitos tentang jodoh yang masih beredar dikalangan masyarakat Indonesia.

Indonesia sendiri memang terkenal dengan negara yang masih dipengaruhi oleh ajaran budaya zaman dulu. Nah, kamu juga mungkin sering mendengar beberapa mitos tentang jodoh yang akan kami bahas dibawah ini.

Mitos Tentang Jodoh yang Masih Dipercayai Banyak Orang

Walaupun hanya mitos, banyak orang yang masih percaya kalau hal ini benar adanya dan mungkin kamu salah satu orang yang masih percaya akan hal tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, Berikut 8 Mitos tentang jodoh yang masih terdengar hingga sekarang.

1. Jangan duduk depan pintu, nanti susah jodoh

mitos duduk depan pintu
Sumber : Hipwee

Mungkin kalian pernah dengar orang tua ngomong seperti ini ketik kamu duduk depan pintu. Jangan duduk depan pintu, nanti susah jodoh!

Mitos tentang jodoh yang satu ini memang tidak diketahui asal mulanya, namun masih banyak orang yang percaya akan hal tersebut.

Duduk di depan pintu ini mungkin dikaitkan dengan pintu sebagai jalan keluar masuk orang lain, sehingga orangtua jaman dulu menakut-nakuti dengan ucapan mitos tersebut karena duduk depan pintu bisa menghalangi orang yang ingin beraktivitas.

2. Jangan kasih baju ke pacar, nanti putus

hadiah untuk pacar
Sumber : Tribunnews

Apakah kamu percaya dengan mitos tentang jodoh yang satu ini? Banyak orang yang takut hubungannya kandas begitu saja karena memberikan baju ke pasangannya.

Menurut penuturan orangtua zaman dahulu, baju yang sering dicuci nantinya bisa luntur. Sehingga akan berpengaruh pada lunturnya hubungan juga. Wah agak sedikit aneh sih.

3. Menyapu tidak bersih jodohnya nanti brewokan

mitos jodoh
Sumber : Unsplash

Ini juga menjadi salah satu mitos yang sering kita dengar dari orangtua zaman dulu, biasanya bagi perempuan yang tidak menyapu secara bersih atau tuntas akan ditakut-takuti kalau nanti ia akan berjodoh dengan seseorang yang brewokan.

Baca Juga:  Deretan Artis Positif Covid, Sampai Ada yang Meninggal Dunia

Hal ini mungkin menyampaikan makna bahwa saat melakukan sesuatu itu jangan setengah-setengah, usahakan hingga semuanya benar-benar selesai.

4. Anak sulung cocok dengan anak bungsu, anak sulung tidak cocok dengan sulung lagi

kecocokan jodoh
Sumber : LINE Today

Bagi kamu orang jawa mungkin sudah tak asing lagi dengan mitos ini? Ternyata hal tersebut ada alasan ilmiahnya. Seorang psikolog bernama Kevin Leman menulis dalam bukunya The New Birth Order Book: Why You are the Way You are tentang urutan lahir dapat mempengaruhi kesehatan suatu hubungan.

Leman mengambil referensi dari studi yang diterbitkan di Journal of Marriage and Family yang mengevaluasi kualitas hubungan 236 pebisnis dan pasangannya berdasarkan urutan kelahiran.

Hasil studi tersebut menunjukkan kalau pasangan terbaik anak sulung adalah si bungsu. Nah, hasil lain membuktikan kalau sesama sulung bisa memicu pertengkaran karena sama-sama perfeksionis dan ingin melakukan semua sesuai keinginan mereka masing-masing.

Namun walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan jika kamu memiliki jodoh sama-sama anak pertama kalian tidak bisa langgeng. Karena semua tentang jodoh itu sudah ada yang mengatur, yaitu Allah SWT.

5. Pasangan yang wajahnya mirip biasanya jodoh

pasangan wajahnya mirip
Sumber : bapermulu.com

Mitos tentang jodoh selanjutnya jni masih dipercayai orang banyak. Hal ini karena banyak ditemui orang yang memiliki kemiripan dengan pasangan bisa berjodoh hingga menikah.

Hal ini mungkin merujuk pada kemiripan sifat atau perilaku juga yang menjadikan seseorang merasa cocok. Walaupun demikian, hal ini juga ada penelitiannya, seperti yang dilansir dari Reader Digest, Robert Zajonc, seorang psikolog di Universitas Michigan menganalisis foto-foto pasangan yang diambil saat mereka masih menjadi pasangan baru. Hasilnya, setelah 25 tahu menikah, ternyata semakin lama hidup bersama pasangan akan memiliki kemiripan satu sama lain.

Baca Juga:  5 Cara Agar Weekend Produktif Biar Gak Rebahan Mulu!

6. Jika mendapatkan bunga yang dilempar oleh pengantin, tandanya tidak lama akan menyusul

lemparan bunga pernikahan
Sumber : IDN Times

Salah satu kebiasan saat pernikahan adalah pasangan pengantin akan melempar bunga didepan tamu undangan. Mitosnya, bagi siapa saja yang berhasil menangkap bunga tersebut, dipercaya akan segera menyusul ke pelaminan atau akan bertemu jodoh dalam waktu dekat.

Oleh sebab itu, biasanya para tamu yang masih single atau belum memiliki pasangan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan bunga yang dilemparkan tersebut. Gokil!

7. Perempuan yang menolak lamaran akan sulit mendapatkan jodoh

Perempuan yang menolak lamaran seorang pria akan sulit mendapatkan jodoh kedepannya. Mitos ini mungkin agak aneh namun masih banyak orang percaya dengan hal tersebut.

Namun bukan berarti kamu tidak boleh menolak lamaran seorang pria ya karena mungkin ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Karena urusan memilih pasangan itu prioritas paling utama buat kamu. 

8. Bahagiakan dulu orang tua, maka akan datang jodoh yang baik

bahagiakan orang tua
Sumber : islamidia.com

Pasti semua mau dong dapat jodoh yang paling oke buat dirinya. Nah mitos yang satu ini terkait dengan doa restu orang tua untuk jodoh kamu.

Benar atau tidaknya perihal mitos yang satu ini, ya ambil baiknya saja ya guys. Semua anak pasti ingin kok menyenangkan orang tua. Anggap saja urusan jodoh baik itu bonus dari usaha kita menyenangkan mama papa. 


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top