You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

Tetap Seru dan Berwarna, Ini Deretan Ide Liburan di Rumah Bareng Keluarga

Ide liburan di rumah

Tak terasa musim liburan sekolah anak-anak sebentar lagi akan datang. Namun sayangnya hal tersebut terasa begitu cepat, akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan semua orang untuk menghabiskan banyak waktu di rumah. 

Walaupun ada rasa keinginan untuk melakukan keseruan liburan di luar rumah, tetapi kamu perlu waspada bahwa angka kasus pasien positif COVID-19 semakin meningkat. Agar tetap seru, berikut ini beberapa ide liburan di rumah yang orangtua bisa lakukan untuk anak-anak. Apa saja, ya?

Ide liburan di rumah bersama keluarga

1. Masak bersama keluarga 

Why It's Important for Families to Cook Together - TBWT
Masak bersama.
(Gambar: http://teambuildingwithtaste.com)

Umumnya memang hanya seorang ibu saja yang memasak untuk keluarganya. Namun di masa pandemi seperti ini kamu bisa ikut melibatkan anak untuk memasak bersama. 

Kamu bisa mengajarkannya cara membuat beberapa makanan yang disukainya atau hal yang mudah seperti memanggang roti. Apabila anak sering bermain masak-masakan, cobalah untuk memberi arahan dan biarkan mereka berkreasi saat mengolah adonan. Tentu kreativitas dan keingintahuan anak akan terpacu dengan melakukan kegiatan ini. Kegiatan ini bisa menjadi ide liburan di rumah yang seru bagi orangtua dan anak.

Baca juga: Keseruan Anak Isi Liburan dengan Belajar Jadi Chef di Danish Culinary School

2. Kemah bersama keluarga di rumah

ide liburan di rumah
Berkemah di rumah bersama anak. (Gambar: http://pixabay.com)

Berkemah atau melakukan piknik bersama anak-anak biasanya menjadi pilihan yang seru buat mengisi liburan. Namun, sayangnya di tengah pandemi dan cuaca yang tak menentu seperti ini, melakukan kemah di rumah akan lebih aman bagi kesehatan keluarga. Ide liburan di rumah dengan melakukan kemah bisa menjadi pengalaman baru bagi anak-anak.

Saat ini sudah banyak tenda-tenda unik dan menarik yang bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online. Ajak anak membangun tenda hingga menghiasnya. Kamu juga bisa membiarkan anak berkreasi untuk menata lampu hias dan boneka kesayangannya di dalam tenda. 

Jika melakukan kemah secara indoor atau di dalam rumah saja, orangtua pun tak perlu khawatir anaknya kehujanan jika ingin lanjut tidur di dalam tenda.

3. Membaca buku

ide liburan di rumah
Membaca buku. (Gambar: http://pixabay.com)

Membaca buku memang telah menjadi aktivitas yang biasa. Tetapi, anak-anak akan selalu menikmati dibacakan buku oleh para orangtuanya.

Tips agar anak tidak cepat bosan saat melakukan kegiatan membaca buku, kamu bisa meminta si kecil bergantian membacakan bukunya sendiri. Walaupun belum bisa membaca, si Kecil pasti menghafal isi bukunya. Jadi, sangat disarankan untuk memilih satu buku yang paling ia pahami isinya untuk kemudian anak belajar bercerita kepada orang lain.

4. Tebak lagu

ide liburan di rumah
Tebak lagu. (Gambar: http://pixabay.com)

Selain membaca buku, mendengarkan lagu juga merupakan hal sehari-hari yang pasti dilakukan oleh hampir setiap orang. Apalagi si Kecil yang mungkin sering mendengarkan orang tuanya bersenandung sebelum tidur. 

Bermain tebak lagu bersama si Kecil juga merupakan hal yang seru dilakukan untuk mengisi liburan. Senandungkan sebuah lagu tanpa lirik, kemudian mintalah si Kecil untuk menebaknya dan bergantian melakukannya.

5. Art and craft

ide liburan di rumah
Berkreasi bersama anak. (Gambar: http://pixabay.com)

Hal yang paling digemari hampir oleh semua anak-anak adalah membuat suatu benda dari hasil karya mereka sendiri. Untuk melakukan kegiatan ini kamu cukup menyediakan krayon, cat air, buku gambar, gunting anak, lem, kertas warna-warni, manik-manik, dan berbagai perlengkapan lainnya. Buat kreasi yang menarik dan pajang hasilnya agar anak merasa hasilnya diapresiasi. 

6. Menonton film

ide liburan di rumah
Menonton film. (Gambar: http://pixabay.com)

Temukan genre film yang bisa ditonton oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tujuannya agar kegiatan menonton film bersama ini bisa menjadi waktu keluarga

Setelah menonton, ajak si Kecil berdiskusi tentang filmnya, misalnya bagaimana ia memandang tokoh utama, tanyakan apa yang ia rasakan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini bisa jadi pintu masuk untuk membuatnya lebih terbuka. 

Sebelum menonton film bersama keluarga, kamu juga bisa menyiapkan popcorn dan camilan lain agar aktivitas semakin menyenangkan.

7. Bermain board game

ide liburan di rumah
Monopoli. (Gambar: http://pixabay.com)

Alternatif lainnya sebagai kegiatan bersama keluarga agar dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain adalah bermain board game

Permainan papan mampu mengajarkan anak-anak berbagai macam keterampilan, seperti kerja tim, pengambilan keputusan, berbagi dengan orang lain, dan pemecahan masalah. Pilihan board game yang cocok untuk anak-anak adalah Scrabble dan Monopoli, keduanya dapat mengajarkan sesuatu yang baru.

8. Melakukan olahraga bersama

ide liburan di rumah
Olahraga bersama keluarga. (Gambar: http://Chesapeakerfamily.com)

Saat menghabiskan waktu dengan berolahraga bersama, tubuh yang sehat dan kebersamaan didapatkan secara bersamaan. Hal yang paling dalam melakukan olahraga bersama kamu bisa mencoba berlari di sekitar komplek atau membeli peralatan olahraga sederhana seperti bulutangkis, basket, dan lainnya. 

Tak sekadar olahraga biasa, mungkin dengan melakukan kegiatan ini akan timbul minat anak untuk mendalami agar lebih mahir.

9. Bermain kuis dan puzzle

ide liburan di rumah
Puzzle. (Gambar: http://pixabay.com)

Bermain kuis dapat membuat suasana lebih menyenangkan selama liburan. Orangtua dapat mencari ide kuis edukatif ini di internet atau buku-buku. 

Bermain puzzle sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Perlu kamu ketahui bahwa bermain puzzle dapat membantu anak untuk memegang sebuah objek benda. Salah satu contoh kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan motorik halus anak adalah struktur bangunan dengan balok dan menyusun puzzle. 

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top