You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

Makna Budaya Malam Tirakatan Pembawa Keberkahan

budaya malam tirakatan
Bagikan

Budaya malam tirakatan – Indonesia adalah salah satu negara yang di dalamnya terdapat berbagai macam agama dan suku bangsa. Masyarakat Indonesia sangat kuat akan tradisi yang berhubungan dengan agama. Banyak sekali agenda atau kegiatan seperti budaya malam tirakatan yang masih dijalankan hingga saat ini.

Sebenarnya, apa makna tirakatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia? Yuk simak penjelasan dibawah ini untuk selengkapnya

Mengenal Malam Tirakatan

Budaya malam tirakatan adalah salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang biasanya dilakukan untuk memperingati malam 17 Agustus. Beberapa daerah di Indonesia memperingatinya dengan berdoa dan makan bersama. Biasanya, tradisi ini dilakukan di setiap RT, desa, kampung, dan seterusnya.

Makna Budaya Malam Tirakatan

budaya malam tirakatan 1
Sumber : Kumparan.com

Malam Tirakatan yang sudah menjadi sebuah budaya di Indonesia mempunyai makna positif di dalamnya. Tirakatan ini ditujukan untuk menunjukkan rasa syukur atas semua kebebasan dan kemerdekaan atas penjajahan. Berdoa dan makan bersama juga dimaknai untuk meminta keselamatan dan kedamaian.

Latar Belakang Budaya Malam Tirakatan

budaya malam tirakatan
Sumber : Kompasiana.com

Sumber : Kompasiana.com

Budaya malam tirakatan dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu keagamaan dan modernitas. Yuk ketahui setiap faktor melalui penjelasan dibawah ini

1.   Faktor Keagamaan

Malam tirakatan dilatar belakangi oleh faktor keagamaan yang kuat. Agama dan budaya nenek moyang membentuk sebuah tradisi yang diyakini oleh masyarakat setempat. Dari kepercayaan itulah membuat masyarakat membuat acara rutinan untuk meminta keselamatan dan mengungkapkan rasa syukur kepada tuhan.

2.   Faktor Modernitas

Budaya malam tirakatan juga dilatarbelakangi oleh faktor modernitas. Hal ini dikarenakan tradisi tirakatan dibawa dalam momen perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia. Menurut beberapa fakta yang ada, kebudayaan Tirakatan di Indonesia menunjukkan orientasi jangka pendek dan masa lalu antar budaya yang ada.

Baca Juga:  Rayakan Hari Ayah Sedunia, Ini Makna dan Sejarahnya

Makna budaya malam tirakat memang memiliki tujuan utama sebagai rasa cinta dan syukur atas segala kemerdekaan yang telah diberikan atas bantuan tuhan. Adanya budaya ini ternyata dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu keagamaan dan modernitas. Faktor keagamaan memang sangat erat kaitannya akan suatu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Sebagai warga yang baik, Anda juga diharapkan dapat berpartisipasi dan memeriahkan budaya tersebut. Hal ini akan mempererat hubungan sosial Anda dengan warga sekitar.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top