You are here
Home > Gaya Hidup > Olahraga >

7 Manfaat Olahraga Kardio, Cara Mudah Turunkan Berat Badan

olahraga kardio

MediaGo – Olahraga kardio atau olahraga aerobik merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Terdapat banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa dicoba, misalnya berjalan kaki, naik-turun tangga, berlari, bersepeda, dan berenang.

Olahraga kardio dikenal baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ternyata bukan hanya itu saja. Berikut ini adalah 7 manfaat olahraga kardio bagi tubuh:

1. Menurunkan Berat Badan

Olahraga kardio disebut-sebut sebagai olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Manfaat olahraga kardio untuk membantu membakar lemak dan kalori tentu perlu dipertimbangkan.

Saat berolahraga kardio, kamu dapat mencapai target denyut jantung per menit. Hal ini dapat membantu membakar kalori dengan jumlah yang banyak. Lemak pun akan ikut terbakar.

Tak hanya itu, otoritas kesehatan merekomendasikan 150 menit olahraga kardio per minggu untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga kardio yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui. Ya, olahraga kardio berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membuat jantung kuat karena tidak perlu bekerja ekstra untuk memompa darah.

Pemilihan jenis olahraga kardio yang tepat serta rutinnya latihan yang dilakukan dapat melatih jantung sehingga jantung menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan Metabolisme

olahraga kardio

Sama dengan jenis olahraga lainnya, manfaat olahraga kardio dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Khasiat olahraga bagi kesehatan memang tidak main-main. Dengan melakukannya secara rutin, kamu dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar karena metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

4. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Selain baik untuk kesehatan jantung, manfaat olahraga kardio yang dilakukan secara rutin juga dapat melatih paru-paru sehingga kapasitasnya dapat meningkat.

Nah, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan sistem pernapasan, mulailah untuk mencari jenis olahraga kardio yang cocok. Usahakan jenis olahraga yang dipilih adalah olahraga yang disukai sehingga kamu lebih bersemangat untuk rutin melakukannya.

5. Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat olahraga kardio selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko berbagai penyakit. Gangguan kesehatan yang dimaksud, antara lain serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa bentuk kanker.

Rutin berolahraga yang dibarengi dengan menjaga pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti gangguan pada jantung, kolesterol tinggi, dan kencing manis karena metabolisme tubuh yang tetap terjaga dengan baik.

6. Membantu Menaikkan Mood

Dengan rutin melakukan olahraga kardio, kamu dapat membantu tubuh melepaskan hormon ‘merasa baik’. Hormon yang dimaksud, misalnya hormon serotonin dan dopamin.

Keduanya dapat dikatakan sebagai hormon ‘baik’ dalam tubuh. Sebab peningkatan profil hormon ini dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan kelelahan. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih bahagia.

7. Membantu Tidur Lebih Baik

Tidur malam yang berkualitas merupakan salah satu bagian dari penerapan gaya hidup sehat. Istirahat cukup mampu mengembalikan energi yang hilang setelah aktivitas padat seharian. Kamu akan terbangun dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

Jadi, manfaat olahraga kardio tidak hanya mengeluarkan kalori lebih banyak setiap harinya. Namun juga, kamu akan lebih mudah untuk beristirahat dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

olahraga kardio

Jika kamu sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi pusat kebugaran (gym), olahraga kardio seperti ini bisa dilakukan di rumah dengan cepat dan mudah, yaitu:

1. Jogging di tempat

Berdiri tegak dengan kaki dibuka sejajar bahu. Kemudian angkat tungkai kaki seperti sedang berlari. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang selama 60 detik.

2. Lompat tali

Olahraga kardio bisa juga dilakukan dengan cara sederhana, yaitu lompat tali. Metode ini murah dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Jika dilakukan dengan benar, lompat tali selama 20 menit dapat membakar sekitar 220 kalori.

3. Mountain climbers

Rebahkan tubuh dalam posisi push-up, angkat tubuh hingga sejajar dengan lengan. Kemudian tarik lutut kanan ke arah dada, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut menggunakan sisi kaki yang lain dan lakukan secara bergantian selama 60 detik.

4. Jamping jacks

Berdirilah dengan tegak, kemudian melompat dengan membuka kedua kaki ke samping. Di saat yang sama, kedua lengan juga diangkat hingga ke atas kepala dan membentuk huruf V. Ulangi gerakan tersebut secara selama 60 detik. Variasikan juga dengan gerakan kardio lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top