You are here
Home > Gaya Hidup >

Harbolnas 12.12: Ini 5 Tips Aman Belanja Online!

Harbolnas 12.12: Ini 5 Tips Aman Belanja Online!
Bagikan

Mediago.id – Harbolnas 12.12 secara serentak dilaksanakan di hampir seluruh toko online, e-commerce hingga market place semuanya menawarkan promo diskon besar-besaran. Harbolnas pertama kali digelar pada 2012 yang bertujuan untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia saat itu. Dari sejak itulah, event Hari Belanja Nasional terus diadakan setiap tahunnya. Bahkan tidak hanya Desember saja, namun ini dijadikan strategi bisnis di mana setiap tanggal dan bulan yang sama selalu diadakan promo ini dengan tagline berbeda-beda.

Harbolnas, Hari Belanja Online Nasional

Namun, banyak kasus yang sering terjadi ketika momentum Hari Belanja Nasional, para beberapa “oknum” toko online yang justru memanfaatkan momen ini dengan sengaja memanipulasi harga yang membuat semua pembeli akan tergiur untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Selain itu ada juga “oknum” toko online yang menampilkan produk tidak sesuai dengan asli atau gambar yang tertera di website atau marketplace, bahkan kualitasnya buruk hingga cacat.

Aman dan Bijak Belanja Online Manfaatkan Momen Harbolnas
Belanja Online Manfaatkan Momen Harbolnas. (Gambar: Dok. Literasi News – Pikiran Rakyat)

Aman dan Bijak Belanja Online Manfaatkan Momen Harbolnas

Untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan terjadi pada Anda ketika event Harbolnas 12.12 atau event dengan promo diskon gede-gedean, berikut ini 5 tips aman belanja online:

1. Hindari penawaran yang terlalu menarik dan cenderung berlebihan

Setiap pedagang online sudah pasti akan memberikan penawaran-penawaran yang menarik melalui diskon dengan nominal yang cukup fantastis. Tapi jangan langsung percaya dengan penawaran tersebut, justru kita harus curiga ketika harga produk yang ditawarkan terlalu berlebihan murahnya.

Untuk memastikannya, Anda bisa membandingkan dengan melihat harga yang tertera di beberapa e-commerce atau bahkan bisa langsung ke official website atau tanya via dm Instagramnya.

Jika memang Anda sudah sangat tertarik pada promo tersebut, pastikan dan konfirmasi ke penjualnya apakah bisa ditukar atau mengembalikan uang ketika produk yang diterima tidak sesuai atau cacat.

Baca Juga: Program BOM (Belanja Ovo Mania) di Harbolnas 12.12
Tips Aman Belanja Online

2. Ketahui reputasi toko online tersebut

Menjadi sangat aman, jika Anda sebagai pembeli mengetahui reputasi toko online. Biasanya reputasi ini bisa dilambangkan dari jumlah bintang, testimoni atau review, bahkan bisa menentukan reputasi dengan chat terlebih dulu sebelum membeli.

Baca Juga:  Tangcity Mall Hadirkan The Nutcracker Musical Story di Event Merry Cookieland

3. Pastikan jaga selalu informasi pribadi Anda

Ciri-ciri paling mudah untuk menentukan toko online itu baik atau tidaknya jika si penjual online tersebut tidak meminta informasi pribadi si pembeli untuk transaksi penjualan.

Waspada yah, jangan sesekali memberian informasi pribadi yang berhubungan dengan data diri seperti nomor KTP, rekening bank, SIM karena takut data pribadi tersebut disalahgunakan.

Pastikan jaga selalu informasi pribadi Anda

4. Pahami tentang pengiriman barang

Pengiriman barang pun harus diperhatikan setiap pembeli. Ada baiknya selalu memeriksa tentang persyaratan pengiriman barang yang Anda beli dari toko online tersebut. Banyak oknum yang mengenakan biasa pengiriman yang tidak wajar, bahkan ongkirnya bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga produk yang dibeli. Waspada dan selalu teliti ya!

Baca Juga: Diskon Hingga 90 Persen Di Zalora 12.12 Harbolnas

5. Belanja online menggunakan koneksi internet yang aman

Belanja online tentu berpotensi adanya pencurian data-data customer. Seperti beberapa waktu lalu, di mana beberapa marketplace ternama di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, hingga Lazada pernah mengalami kebobolan data.

Belanja online menggunakan koneksi internet yang aman

Untuk menghindari pencurian data ketika belanja online pada Harbolnas 12.12 ini pastikan gunakan koneksi internet yang aman. Jika menggunakan laptop ataupun PC, pastikan firewall aktif sehingga bisa melindungi data-data pribadi Anda.

Hindari penggunakan Wi-Fi publik ketika bertransaksi online karena khawatir jaringan Wi-Fi publik mudah untuk dienskripsi sehingga memudahkan hacker untuk mencuri data.

Itulah beberapa tips aman belanja online ketika memanfaatkan diskon besar-besaran di event Harbolnas 12.12. Jadilah pembeli yang pintar ya!


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top