You are here
Home > Kecantikan >

11 Kebiasaan yang Membuat Rambut Cepat Panjang, Apa Saja?

rambut cepat panjang

MediaGo – Rambut cepat panjang dan sehat umumnya jadi kesukaan kebanyakan perempuan. Buat kamu yang saat ini tengah berambut pendek dan ingin memanjangkannya, ternyata ada cara-cara alami dan mudah untuk itu.

Perlu kamu ketahui, setiap tahunnya, rambut akan panjang sekitar 15 cm. Di samping itu, memang ada faktor-faktor kenapa seseorang bisa lebih panjang rambutnya, yakni bisa dari faktor keturunan, hormon, makanan, serta cara merawatnya.

Nah, beberapa tips berikut ini akan memberikan kebiasaan-kebiasaan untuk bisa memanjangkan rambut secara alami. Apa saja?

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Risiko punya rambut gampang lepek dan berketombe memang perlu diatasi lewat keramas secara rutin. Tapi pastikan bukan yang terlalu sering atau setiap hari. Karena ini justru bisa menyebabkan pertumbuhannya terhambat. Cukup lakukan dua-tiga hari sekali saja.

Pemilihan sampo juga sama pentingnya. Pilih yang mampu menjaga kelembapan kulit kepala ya, seperti, ceramide, cocoyl, lauroyl, dan betaine.

2. Mengurangi Penggunaan Hairdryer

Hairdryer bisa menjadi salah satu alasan mengapa kulit kepalamu kering. Itu karena panas yang digunakan ketika mengeringkan rambut, bisa ikut menyerang kelembapan dalam kulit kepala. Selain itu juga membuatnya mudah rapuh dan rontok.

3. Perawatan dengan Bahan Alami

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya; perawatan menggunakan bahan alami. Aloe vera mengandung asam amino dan vitamin yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut seminggu sekali.

Bahan alami lainnya yang bisa kamu kombinasikan adalah minyak zaitun dan putih telur. Oleskan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan agar nutrisinya meresap. Selain membuat lebih panjang, rambut juga akan lebih halus dan mudah diatur.

4. Hindari Terlalu Sering Cat Rambut

Kandungan pada cat rambut terdiri dari bahan kimia, seperti ammonia dan hidrogen peroksida, yang dapat menimbulkan efek samping berupa mengganggu kesehatan kulit kepala, serta berakibat menghambat pertumbuhan.

5. Gunakan Bantal yang Nyaman

Salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang mungkin yang nggak pernah terpikirkan adalah penggunaan bantal yang tepat ketika tidur. Yakni sarung bantal sutera. Bahan ini diketahui bisa tingkatkan pertumbuhan rambut, lho.

6. Gunakan Conditioner

rambut cepat panjang

Penggunaan conditioner setelah keramas secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara cepat memanjangkan rambut.

Selain mempercepat pertumbuhan rambut, conditioner juga dapat menjaga kelembaban rambut sehingga terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh dan kusam.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk sering menggunakan conditioner setelah keramas yah, minimal 2 kali dalam seminggu agar rambut cepat panjang serta sehat.

7. Kurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut

Peralatan rambut seperti hair dryer, catokan dan pengeriting rambut memang dapat mempercantik tatanan rambutmu. Namun jika terlalu sering digunakan, panas dari alat-alat tersebut akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga mudah patah dan rontok.

Tekanan panas yang ditimbulkannya juga akan menghambat pertumbuhan rambut dalam jangka panjang.

Jadi, tips memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan mulai mengurangi pemakaian peralatan rambut yang menimbulkan panas.

Lebih baik keringkan rambut secara alami, dengan cara diangin-anginkan saja. Namun saat terburu-buru, kamu dapat menggunakan hair dryer, catokan atau pengeriting rambut.

Pastikan suhunya yang tidak terlalu panas. Jangan lupa pula untuk menggunakan vitamin rambut agar kelembaban rambut tetap terjaga.

8. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin

Cara memanjangkan rambut dengan cepat lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan merangsang pertumbuhan rambut dengan memijat kulit kepala secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu.

Hal tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga proses tumbuhnya rambut pun akan lebih cepat.

Pemijatan kulit kepala tidak melulu harus dengan cara creambath di salon, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus menguras isi kantong. Saat keramas, pijatlah kulit kepala dengan lembut selama 3-5 menit.

Selain dapat memperlancar peredaran darah, memijat kulit kepala juga akan membersihkan kotoran-kotoran pada kulit kepala yang menyebabkan tumbuhnya jamur seperti ketombe. Mudah bukan cara memanjangkan rambut secara alami satu ini.

9. Hindari Mewarnai Rambut

Sering gonta-ganti warna rambut? Jika ingin mempercepat pertumbuhan rambut, sebaiknya kamu jangan terlalu sering mewarnai rambut.

Pastinya kamu sudah tahu kan pewarna rambut mengandung bahan kimia? Nah jika terlalu sering digunakan, bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak kulit kepala hingga menghambat pertumbuhan rambut.

So, jika ingin rambut cepat panjang alami, kurangi kontak dengan bahan kimia pewarna rambut, ya.

10. Perbanyak Konsumsi Protein

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Maka dari itu, pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein agar folikel rambutmu mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan rambut.

Selain mempercepat panjangnya rambut, makanan dengan kandungan protein tinggi seperti susu, kacang-kacangan dan daging juga akan menjaga rambutmu tetap sehat serta tidak mudah rusak.

11. Kurangi waktu berenang

Cara memanjangkan rambut secara alami selanjutnya adalah hindari berenang terlalu sering. Kandungan klorin pada air kolam renang dapat merusak sehingga membuat pertumbuhan rambut semakin melambat.

Namun jika kamu sulit untuk mengurangi hobi berenang, kamu bisa menggunakan penutup rambut saat berenang untuk melindungi rambut terkena klorin secara langsung.

Selain itu, segeralah bilas rambutmu menggunakan shampo dan jangan lupa pula untuk menggunakan conditioner agar rambut tidak kering dan kelembabannya tetap terjaga.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top