SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 8, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupOlahragaMenang Drama Adu Penalti, Argentina Juara Piala Dunia Qatar 2022

Menang Drama Adu Penalti, Argentina Juara Piala Dunia Qatar 2022

MediaGo – Argentina akhirnya meraih gelar Piala Dunia Qatar 2022. Di laga final yang berlangsung di Stadion Lusial, Qatar, Minggu (18/12/2022), Tim Tango, berhasil menundukkan Prancis lewat drama adu penalti 4-2.

Pertandingan babak pertama berjalan cukup ketat. Kedua tim terlihat bermain “hati-hati”. Serangan pun silih berganti. Namun, pada menit ke-23, Messi membawa Argentina unggul 1-0 lewat tendangan penalti setelah Ousmane Dembele menjatuhkan Angel Di Maria di kotak terlarang.  

Tak berselang lama, Argentina menggandakan keunggulan lewat tendangan Di Maria yang berhasil memanfaatkan umpan Mac Allister pada menit ke-36. Babak pertama pun berakhir 2-0 untuk keunggulan Argentina.

Baca juga: Uang Koin Rupiah Jadi Saksi Bisu Piala Dunia 1974

Di babak kedua, Prancis coba mengejar defisit gol. Mereka tampil menyerang dengan mengandalkan Klyian Mbappe untuk merobek gawang Argentina yang dikawal Emiliano Perancis.

Prancis akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol penalti Mbappe di menit 80. Penalti diberikan Prancis setelah aksi Randal Kolo Muani, dilanggar Nicolas Otamendi di kotak penalti.

Baca juga: 3 Fakta Trofi Piala Dunia yang Diperebutkan Para Pemain Sepak Bola

Sejatinya, Emiliano Martinez berhasil membaca arah bola, tetapi tendangan Mbappe melaju lebih cepat ke pojok kanan gawang. 

Mbappe kembali jadi momok Argentina. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) ini, kembali mencetak gol lewat tendangan voli di menit ke-81. Skor imbang 2-2 pun menutup laga babak kedua.

Babak Extra Time

Prancis yang berhasil menyamakan kedudukan mendapatkan “angin kedua”. Di babak pertama tambahan waktu, Prancis terlihat dominan menyerang pertahanan Argentina. Namun, hingga babak pertama tambahan waktu skor tetap 2-2.

Di awal babak kedua tambahan waktu, Argentina kembali mengubah skor. Pada menit ke-109, Messi kembali membawa Argentina unggul setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan keras Lutaro Martinez, yang baru masuk di babak tambahan waktu.

Baca juga: Juara Piala Dunia dari Tahun ke Tahun Terlengkap Sepanjang Sejarah, Mulai 1930 hingga 2022

Tendangan Martinez hanya bisa dimentahkan Lloris. Bola muntah diteruskan Messi ke gawang. Argentina balik unggul 3-2 pada menit ke-109.

Drama kembali hadir. Tendangan Mbappe mengenai lengan Montiel di area terlarang. Kembali Mbappe sukses mengeksekusi penalti di menit ke-118 untuk menyamakan skor 3-3.

Adu Penalti

Laga berlanjut ke adu penalti. Mbappe jadi algojo pertama Prancis. Dia berhasil menyelesaikan tugasnya dengan mulus. Kemudian, Messi berhasil menyamakan kedudukan bagi Argentina.

Eksekutor kedua Prancis Coman dimentahkan Emiliano Martinez. Tendangannya ke pojok kanan gawang berhasil “dijinakkan” Martinez. Argentina pun balik memimpin melalui Paulo Dybala.

Baca juga: 3 Lagu Resmi Piala Dunia Terbaik Sepanjang Masa, Anda Suka yang Mana?

Penendang ketiga Prancis Aurelien Tchouameni kembali melebar. Argentina lalu memperlebar keunggulan melalui Paredes.

Muani menjaga asa Prancis, setelah sukses menjebol gawang Martinez dengan tendangan keras ke arah tengah gawang. Namun, Argentina akhirnya memastikan kemenangan melalui Montiel. 

Argentina pun unggul dengan skor 4-2. Atas kemenangan ini, Argentina berhasil merengkuh gelar Piala Dunia yang ketiga, setelah sebelumnya sukses pada 1978 dan 1986.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular