You are here

Ini 5 Hal yang Harus Diwaspadai saat Punya Teman Toxic

teman toxic

MediaGo – Ciri-ciri teman toxic kadang susah untuk dibedakan. Pasalnya, teman toxic saat ini kerap ditemui dalam suatu hubungan pertemanan. Mulanya, suatu hubungan pertemanan yang diciptakan didasari oleh rasa aman dan nyaman ketika berkomunikasi satu sama lain. Tak hanya itu, rasa kepedulian dan kepercayaan terhadap satu sama lain juga merupakan dasar bertumbuhnya suatu hubungan pertemanan.

Namun, tidak jarang kita menemukan hubungan pertemanan yang tidak sehat atau toxic friend dalam circle kita. Kita mulai curiga dia adalah toxic friend ketika dia mulai mendominasi setiap perkataan dan semua perlakukannya menunjukkan bahwa ia ingin menang sendiri.

teman toxic

Sebagai informasi, toxic friend adalah istilah yang mengacu pada teman yang tidak mendukung dan memberikan kontribusi positif untuk hidupmu. Mereka selalu membawa efek negatif dalam kehidupanmu. Mereka sering membuat kamu stres dan makan hati, seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mentalmu.
Teman seperti ini harus dihindari karena tidak bermanfaat untukmu. Jika kamu memiliki toxic friend, segera menjauh dari mereka. Namun, sebelum menjauhkan diri dari mereka, tentu kamu perlu mengetahui ciri-ciri dari toxic friend.

Mungkin kalian tidak menyadari bahwa teman terdekat pun bisa menjadi toxic friend karena kalian telah bersahabat sejak lama. Apa sebenarnya ciri-ciri teman toxic yang harus diperhatikan?

5 Hal yang Menandakan Punya Teman Toxic

1. Tidak Diberikan Dukungan

Gambaran sahabat ideal ialah selalu memberikan dukungan kepada sesama. Namun, beda halnya ketika kalian menghadapi toxic friend, setiap pencapaian yang kamu raih dianggap ancaman baginya karena kamu dianggap sebagai kompetisi.

Temanmu ini cenderung merasa nggak senang ketika kamu mencapai sesuatu, bukan malah ikut bangga karena ia berhasil meskipun kamu adalah sahabat sejati.Yang seharusnya dapat apresiasi dan pujian, dia sebagai sahabatmu malah berkata kasar kepadamu dan memberikan kritik atas pencapaianmu.

Baca Juga:  5 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Pada Pasangan

2. Selalu Merendahkanmu

Ciri-ciri kedua yang menunjukkan bahwa kamu berada dalam toxic friendship adalah kamu selalu direndahkan hingga merasa tidak layak meskipun kamu adalah sahabat sejati. Ia mulai berkata seperti “Kamu nggak pantas pakai pakaian seperti itu!” yang menunjukkan bahwa ia merendahkan penampilanmu. Selain itu, ia juga merendahkanmu ketika kamu kesulitan melakukan suatu aktivitas.

Dia akan membuatmu ragu untuk berpendapat karena merasa takut diremehkan dan mendapatkan perkataan negatif darinya.

3. Ketika Kamu Sulit Menjadi Dirimu Sendiri

Selanjutnya, kamu sulit menjadi dirimu sendiri ketika berkomunikasi dengannya karena ia sering mengontrol perkataanmu meskipun kalian adalah sahabat sejati. Contohnya, ia selalu mengkritik perkataanmu dan melontarkan perkataanmu yang tidak benar, cenderung membicarakan dirinya sendiri dan bersikap egois padamu, serta tidak pernah memikirkan perasaanmu sebagai temannya.

Akhirnya, kamu merasa bahwa harus mengubah perkataanmu dan cara bicaramu padanya agar tidak dilontarkan perkataan negatif yang menyakiti.

4. Komunikasi yang Tidak Berharga

Saling menghargai satu sama lain tidak berlaku pada toxic friendship. Ketika kamu berkomunikasi dengannya, akan sering muncul perbedaan pendapat yang tidak dihargai. Malah jika kamu curhat padanya, dia tidak akan memberikanmu saran yang membangun, namun malah kritik dan sarkasme yang menyakiti ataupun kata-kata kasar.

Ketika kamu merasa tersakiti oleh kata-katanya, kamu pun ragu untuk saling berbicara, curhat, atau bertukar pikiran dengannya.

5. Penuh dengan Drama

Menurut ahli, teman toxic akan membuatmu merasa kesulitan untuk berada di dekatnya, kadangkala ia akan bersikap dingin atau hangat denganmu. Selain itu, kamu akan susah untuk memprediksi suasana hatinya dan perlu berhati-hati dalam berbicara dan bertindak dengannya. Toxic friend juga bisa memunculkan drama antara kamu dengan orang-orang sekitar, terutama dengan teman-teman lain yang bisa membantumu menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Tak Hanya Mental, Persiapan Fisik Sebelum Menikah Juga Perlu Dilakukan Lho

Itulah 5 hal yang harus diwaspadai saat memiliki teman toxic yang harus kamu jauhi. Mulai sekarang, carilah teman yang bisa mendukung dan selalu ada untukmu ya!

Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top