SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupRelationship8 Tanda Abusive Relationship yang Wajib Kamu Waspadai

8 Tanda Abusive Relationship yang Wajib Kamu Waspadai

Setiap orang pasti mendambakan hubungan yang sehat dan bahagia. Namun nyatanya ada sebagian pasangan yang mengalami kasus penganiayaan dalam hubungan mereka. Berikut ini tanda abusive relationship yang wajib kamu waspadai dalam suatu hubungan.

Apa itu abusive relationship

Tanda abusive relationship
Abusive relationship. (Gambar: http://yoursay.suara.com)

Abusive relationship atau hubungan abusive adalah pola atau perilaku kekerasan dalam suatu hubungan yang digunakan untuk membentuk kuasa dan kendali terhadap pasangannya atau mantan pasangannya. 

Perlu kamu ketahui bahwa perlakuan tersebut bisa berupa ancaman, isolasi, dan intimidasi secara emosional, finansial, seksual, dan fisik.

Biasanya, tingkat kekerasan tersebut bisa meningkat dari waktu ke waktu. Kamu mungkin akan mengalami ancaman atau kekerasan secara verbal dan emosional pada awalnya. 

Seiring berjalannya waktu, ancaman ini bisa berubah menjadi kekerasan fisik yang dapat menimbulkan bahaya paling nyata tentu saja pada dirimu sendiri bahkan bisa sampai kepada orang-orang disekitarmu. 

Tanda-tanda abusive relationship

Tanda abusive relationship
Tanda-tanda abusive relationship. (Gambar: http://osc.medcom.id)

Demi mengatasi kasus abusive relationship yang terjadi padamu, tentu terlebih dahulu harus memperhatikan tanda-tandanya seperti dilansir dari laman Beautynesia:

1. Ruang gerakmu dibatasi

Seorang pasangan yang baik tentunya akan selalu mendukung pertumbuhan masing-masing. Namun, jika sebaliknya, pasangan selalu membatasi ruang gerakmu, tentu kamu sudah perlu berhati-hati karena bisa pertanda pasanganmu merupakan orang yang over protektif dan abusif.

Mulai dari pakaianmu, pekerjaanmu, pertemanan, semuanya sangat dibatasi oleh pasanganmu. Alih-alih menuruti perkataannya, sebaiknya kamu mengikuti kata hatimu saja. Karena semakin kamu mengikuti batasannya, maka kamu akan sulit berkembang.

2. Kamu selalu dibuat merasa bersalah

Pasangan yang senang memanipulasi merupakan salah satu ciri abusive relationship. Jika kamu merasa di setiap konflik yang kalian hadapi selalu disalahkan, padahal sebenarnya tidak, segera buat pembelaan untuk diri sendiri. 

Jangan malah mempercayai omongan pasangan. Karena semakin kamu menuruti perkataannya, dia akan semakin merasa tinggi hati dan egois. 

3. Mulai melakukan kekerasan fisik

Tanda abusive relationship
Kekerasan fisik. (Gambar: http://tirto.id)

Salah satu ciri abusive relationship yang paling mudah ditandai yaitu adanya kekerasan fisik dalam hubungan. Jika pasanganmu melakukan kekerasan fisik sekecil apapun, segera tinggalkan karena kebiasaannya ini tidak akan hilang

4. Menentang prinsip dan pendirianmu

Setiap orang punya prinsip masing-masing dalam hidupnya, begitu juga dalam hubungan. Pasangan yang tepat akan menghargai prinsipmu dan tidak ada niat untuk merusak itu. Jika pasanganmu tidak bisa menerima dan menghargai prinsipmu, maka segera pertimbangkan kembali kelanjutan hubungan kalian berdua. 

5. Senang mengancam dan membuatmu merasa ketakutan

Tanda abusive relationship
Mengancam pasangan. (Gambar: http://hipwee.com)

Memiliki pasangan seharusnya bisa membuat kita merasa lebih nyaman dan aman. Lalu, bagaimana jika yang terjadi malah sebaliknya? Kamu dibuat ketakutan dan tidak nyaman dengan ancaman-ancamannya. Jika hal ini terjadi padamu, maka hubungan kalian tidak perlu dilanjutkan karena hanya akan merusak kesehatan mentalmu saja.

6. Membanting barang ketika bertengkar

Meskipun barang tersebut bukan barangmu, tetap saja pasangan yang membanting barang ketika bertengkar bisa menjadi pertanda pasangan tidak bisa melampiaskan amarahnya dengan tepat. Jika hal ini terjadi padamu, kamu perlu berhati-hati, karena yang awalnya hanya membanting barang saja, bisa-bisa nantinya berlanjut ke kekerasan fisik.

7. Membuatmu merasa rendah dan tidak layak

Seorang pasangan yang abusif akan melakukan berbagai cara supaya kamu selalu merasa rendah, lemah, terisolasi, dan tidak berguna. Hal ini supaya kamu tidak bisa pergi darinya sehingga dia bisa sesuka hati membuatmu terus-terusan merasa tidak nyaman dalam hubungan. 

8. Menuntutmu secara berlebihan

Ciri-ciri abusive relationship lainnya yang perlu kamu ketahui yaitu adanya tuntutan berlebihan dari pasangan ke kamu. Kamu biasanya akan dipaksa untuk memenuhi keinginannya bahkan bisa saja di luar dari kemampuanmu. Jika kamu terus bertahan di hubungan seperti ini, bisa saja lama-lama kamu jadi kehilangan impian dan jati diri sendiri.

Itulah beberapa ciri-ciri abusive relationship yang perlu kamu hindari. Perlu diingat jika kamu mulai merasa ketakutan berlebihan serta tidak nyaman dengan perlakuan dari pasanganmu, segera berikan pasanganmu peringatan.

Namun jika tidak ada perubahan juga, maka pertimbangkan kembali hubunganmu ini apakah masih layak untuk dilanjutkan atau tidak. Karena abusive relationship bukan hanya bisa membuatmu merasa tidak berdaya, namun juga bisa memberikanmu trauma dan mengganggu kesehatan mental.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Privasi dalam Hubungan yang Wajib Kamu Ketahui!

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular