You are here

4 Cara Mengatasi Rasa Minder bagi yang Kurang PeDe

cara mengatasi rasa minder

Cara Mengatasi Rasa Minder – Minder adalah perasaan rendah diri, atau merasa tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki.  Minder membuat seseorang menganggap dirinya tidak dapat mencapai target yang dituju. Tapi tenang! Banyak sekali cara mengatasi rasa minder. Simak artikel berikut ini.

Perasaan minder memang seringkali menghantui seseorang. Perasaan ini membuat seseorang berpikir negatif terhadap dirinya sendiri dan merasa tidak layak untuk diperhitungkan oleh orang lain.

Ciri-ciri orang minder adalah dengan seringnya membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan membuat semakin down. Bahaya orang yang minder adalah kehilangan mimpi dan cita-cita yang selalu diidam-idamkan sejak kecil. Bahkan minder juga menimbulkan rasa kecewa serta sedih yang membuat tidak semangat melakukan apapun.

Minder Tidak Dilarang

Minder adalah perasaan yang sangat wajar. Menurut Martin E. Ford mengatakan bahwa minder yang datang pada waktu-waktu tertentu adalah bagian dari kebiasaan normal manusia. Ada dua jenis minder, minder yang memotivasi dan minder iri.

Rasa minder yang membuat seseorang termotivasi dan semangat dalam meraih yang diinginkan adalah minder yang positif. Rasa minder seperti ini membuat seseorang semangat dalam berbagi pengalaman dan membangun relasi dengan orang-orang hebat dan belajar dari mereka.

Sebaliknya, rasa minder yang negatif akan memunculkan rasa iri dan ingin menjatuhkan orang lain. Minder semacam ini perlu diwaspadai. Keadaan seperti ini membuat seseorang menyalahkan orang lain atas keadaan diri sendiri.

Hal yang perlu diingat adalah setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Serta menanamkan prinsip bahwa kesuksesan orang lain bukanlah kegagalan kita. Bahkan menurut seorang psikolog, Alfred Adler mengatakan bahwa perasaan rendah diri atau minder bisa menjadi motivasi yang sehat.

Cara Mengatasi Rasa Minder dalam Pergaulan

Cara mengatasi minder dalam pergaulan berasal dari tekad diri seseorang masing-masing. Simak cara mengatasi rasa minder berikut ini:

1.      Menemukan Rasa Percaya Diri

cara mengatasi rasa minder
Sumber: pexels.com

Cara mengatasi rasa minder pada langkah ini adalah dengan mengetahui dan memahami kelebihan yang dipunya. Kelebihan ini harus dimaksimalkan hingga menemukan kepercayaan diri.

2.      Puasa Bersosial Media

cara mengatasi rasa minder
Sumber: pixabay.com

Sosial media sering dianggap sebagai pelarian untuk menghibur diri. Akan tetapi apa yang terjadi ketika bersosial media malah membuat seseorang minder dengan pencapaian orang lain? Perlu melakukan gerakan dopamine detox dengan puasa bersosial media.

Oleh karena itu, dengan beristirahat sejenak dari sosial media akan menurunkan kemungkinan untuk membanding diri dengan orang lain. Sebuah jurnal American Academy of Pediatrics mengidentifikasi kondisi Facebook Depression, yaitu kondisi cemas dan minder atas konten dalam umpan sosial media.

Bersosial media memang memiliki tujuan yang baik, yakni untuk membangun komunikasi dan relasi. Akan tetapi jika hal buruk yang diakibatkan dari sosial media, maka perlu berhenti sejenak dengan membatasi penggunaannya untuk kesehatan mental.

3.      Memahami Kelemahan

Setiap orang memiliki kelemahan masing-masing. Cara mengatasi rasa minder dengan memahami kelemahan adalah dengan mengetahui apakah kelemahan tersebut berasal dari kurangnya informasi, bukan menganggap kelemahan sebagai ketidakmampuan diri.

4.      Eksplorasi Kelebihan yang Dipunya

Teruslah mengasah kemampuan yang dimiliki dan jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Yakinkan bahwa setiap orang memiliki jalan hidup dan kesuksesan masing-masing.

Demikian cara mengatasi rasa minder. Semoga informasi di atas bisa memotivasi dan membantu menghilangkan rasa minder yang sifatnya negatif. You can do it!

Leave a Reply

Top