You are here
Home > Kecantikan >

Waspada! 5 Kandungan Sampo yang Bikin Rambut Rontok

kandungan sampo

MediaGo – Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan yang banyak dihadapi para wanita, ternyata hal ini juga disebabkan oleh kandungan sampo yang digunakan. Penyebab lain rambut rontok biasanya berhubungan dengan diet ketat ataupun stres. Tidak hanya itu terlalu sering mengubah gaya rambut menggunakan flat iron, curly iron, ataupun pewarna rambut juga dapat menyebabkan kerontokan berlebih.

Namun, bagaimana kalau kita telah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, memperbaiki pengendalian stres dan juga menghindari penataan rambut tetapi masih mengalami rambut rontok berlebih? Yuk coba cek kembali apakah sampo yang kamu gunakan masih mengandung bahan kimia berikut ini.

1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Laureth Sulfate

Sodium lauryl sulfate (SLS) dan laureth sulfate merupakan kandungan yang berperan sebagai penengah antara rambut dan bahan aktif sehingga dapat memaksimalkan fungsi dari sampo yang digunakan. Kedua kandungan ini juga yang menjadi alasan kenapa sampo kita memiliki busa yang banyak dan lembut.

Namun, menurut hasil penelitian dari Colloids and Surfaces mengungkapkan kedua kandungan ini dapat menghilangkan minyak alami dan juga protein pelindung rambut sehingga rambut menjadi lemah dan mudah rontok. Agar rambut tetap sehat dan indah sebaiknya untuk menghindari kandungan sampo yang membuat rambut rontok ini.

2. Sodium Chloride

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kandungan sodium chloride. Kandungan ini sering wara-wiri dalam kandungan produk kecantikan seperti sabun, conditioner, dan juga sampo.

Sebenarnya kandungan ini, bukan merupakan kandungan berbahaya dan berfungsi sebagai pengental produk. Sayangnya, apabila digunakan terlalu sering dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan kulit kepala kering, gatal, dan juga melemahkan akar rambut. Agar mengurangi rambut rontok kita perlu menghindari kandungan sampo ini, ya!

Baca Juga:  3 Manfaat Hybrid Beauty yang Sedang Menjadi Tren

3. Paraben

Banyak orang yang telah menghindari produk dengan kandungan paraben. Kandungan ini dinilai dapat menyebabkan alergi dan juga berbahaya untuk kesehatan.

Paraben berfungsi sebagai bahan pengawet produk sehingga produk yang kita gunakan tidak mudah berjamur ataupun kehilangan fungsinya. Hasil penelian dari Journal of Applied Toxicology menemukan penggunaan paraben yang tinggi dalam produk kecantikan dapat menyebabkan alergi dermatitis kontak, gatal-gatal, iritasi dan juga kehilangan kekuatan rambut apabila digunakan dalam produk sampo. Kita perlu hati-hati nih sama kandungan sampo yang membuat rambut rontok ini.

4. Diethanolamine (DEA) dan Triethanolamine (TEA)

Sama halnya dengan sodium lauryl sulfate (SLS) dan laureth sulfate, kedua kandungan ini memiliki fungsi sebagai pengemulsi yang dapat membuat sampo menghasilkan busa yang banyak. Penggunaan kandungan diethanolamine (DEA) dan triethanolamine (TEA) dalam waktu yang lama dapat mengurangi kandungan keratin dalam rambut sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi kasar, kering dan juga rambut rontok.

5. Propanol dan Isopropil Alkohol

Kandungan alkohol dalam produk kecantikan memang masih menjadi isu yang kontroversial. Kandungan ini dinilai memiliki banyak manfaat untuk memaksimalkan kinerja produk, tetapi sebaliknya ada yang mengatakan bahwa kandungan ini dapat menyebabkan permasalahan lain.

Alkohol memiliki beberapa jenis, dan kandungan yang perlu kamu hindari adalah propanol dan isopropil. Dua kandungan ini dapat menyebabkan rambut kering, cepat rusak dan juga rambut rontok berlebihan. Aapakah masih terdapat kandungan sampo yang membuat rambut rontok?

Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top