You are here
Home > Kecantikan >

Ampuh! Ini 7 Bahan Alami Atas Kulit Kepala Kering

kulit kepala kering

MediaGo – Kulit kepala kering sering menjadi penyebab masalah rambut seperti ketombe, gatal, hingga rontok. Kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas, bisa menjadi salah satu alasan kulit kepala kamu terasa kering.

Namun tidak hanya itu, kulit kepala kering juga bisa disebabkan oleh reaksi perubahan cuaca atau penggunaan produk perawatan rambut yang salah. Selain itu, ada beberapa masalah kesehatan yang turut menjadi penyebab kulit kepala kering, yakni eksim dan psoriasis. Untuk itu, kamu harus perhatikan kesehatan kulit kepala kamu dan coba lakukan beberapa perawatan. Merangkum dari beragam sumber, inilah beberapa perawatan alami yang bisa kamu coba untuk atasi masalah kulit kepala kering.

1. Minyak Zaitun dan Baking Soda

kulit kepala kering

Kombinasi minyak zaitun dan baking soda bisa menjadi jawaban dari masalah kulit kepala kering kamu, lho. Minyak zaitun memiliki manfaat yang mampu melembapkan kulit secara alami. Sementara baking soda mempunyai sifat antibakteri dan antijamur tersendiri.

Caranya mudah, cukup campurkan minyak zaitun dan baking soda dengan perbandingan yang sama, kemudian aduk hingga rata. Tuangkan ke tangan secukupnya, lalu pijatkan secara merata ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dicuci dengan sampo. Pastikan untuk membersihkan sampai tidak ada sisa bahan yang menempel di kepala. Jika tidak, bisa jadi malah menyebabkan masalah baru di kulit kepala.

2. Lidah Buaya

kulit kepala kering

Lidah buaya memiliki sejumlah khasiat yang tidak hanya berguna untuk perawatan kulit tubuh atau wajah, namun juga membantu mengatasi kulit kepala kering. Kandungan anti-inflmasi pada lidah buaya dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan menjadi pelembap yang cukup efektif.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Siapkan lidah buaya segar, lalu belah menjadi dua atau beberapa bagaian. Usapkan daging bagian dalam yang mengeluarkan gel langsung ke bagian kulit kepala. Diamkan sekitar 10 menit hingga gel meresap dengan sempurna. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang dicampurkan dengan minyak esensial seperti tea tree, peppermint, atau lavender. Pijat campuran tersebut di kulit kepala dan tunggu sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan sampo.

3. Minyak Kelapa

kulit kepala kering

Minyak kelapa juga dikenal menjadi salah satu minyak yang berguna untuk merawat kulit kepala kering. Selain memiliki kemampuan untuk melebapkan, minyak kelapa memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membantu mengurangi risiko infeksi kulit kepala kering. Bahkan, minyak ini juga bisa membantu mengobati dermatitis atopik.

Cara menggunakannya, kamu bisa oleskan sedikit minyak kelapa langsung ke area kulit kepala. Kemudian pijat perlahan ke kulit dan diamkan kurang lebih 10 menit sebelum dibilas. Minyak ini nggak cuman membantu kulit kepalamu yang kering, tapi juga membuat rambutmu terasa lebih halus.

4. Minyak Tea Tree

kulit kepala kering

Minyak tea tree merupakan minyak yang memiliki sifat antijamur, antiseptik, dan antibiotik yang kuat di dalamnya. Bahan alami ini mampu meringankan kulit kepala kering serta gejalanya. Itulah mengapa banyak sampo antiketombe yang mengandung minyak tea tree.

Untuk menggunakannya, kamu cukup campurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Usapkan ke seluruh bagian kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan kurang lebih 10 menit supaya minyak meresap dengan baik ke kulit. Setelah itu bilas dan cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

5. Sari Cuka Apel

kulit kepala kering

Sari cuka apel memiliki beragam manfaat kesehatan yang salah satunya dapat mengurangi gejala kulit kepala kering, yakni dari agen anti-mikroba. Dimana agen antimikroba dari sari cuka apel ini dapat menghilangkan bakteri atau jamur yang menjadi penyebab gatal di bagian kepala.

Sari cuka apel juga memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membantu eksfoliasi kulit kepala. Kamu bisa mengaplikasikan sari cuka apel dengan air biasa dengan perbandingan sekitar 1:2. Campurkan sampai merata dan oleskan langsung ke kulit kepala. Biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan sampo yang lembut.

6. Yogurt dan Telur

kulit kepala kering

Telur dan Yogurt mengandung protein dan lemak baik didalamnya, dimana keduanya dapat membantu melembapkan kulit kepala kering yang mengelupas. Kombinasi kandungan dari kedua bahan alami tersebut akan membantu menyehatkan serta melindungi kulit kepala dari kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas.

Untuk membuatnya, kamu cukup gunakan beberapa sendok plain yogurt dan campurkan dengan telur ke dalamnya. Aduk hingga merata, kemudian oleskan langsung ke kulit kepala dan pijat perlahan hingga meresap dengan baik. Setelah merata, diamkan kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dan dibersihkan. Untuk membilasnya, kamu usahakan untuk menggunakan air hangat, yha. Selain itu, gunakan sampo untuk membersihkan kulit kepala dari sisa-sisa telur dan yogurt yang mungkin menempel hingga bersih menyeluruh.

7. Alpukat

kulit kepala kering

Alpukat yang dihaluskan atau sudah berbentuk berupa minyak, ternyata bisa digunakan untuk membantu mengatasi kulit kepala kering. Hal ini dapat terjadi karena alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat melembapkan dan melindungi bagian kulit kepala dari kekeringan.

Jika kamu ingin mencoba, kamu bisa siapkan buah alpukat kemudian kupas dan hancurkan hingga halus. Setelah itu, tambahkan campuran minyak zaitun ke dalamnya. Pastikan campuran sudah merata sebelum dioleskan ke kulit kepala. Setelah merata, pijat dengan lembut dan diamkan 10 menit hingga 15 menit. Lalu terakhir seperti biasa, bersihkan sisa-sisa bahan yang menempel pada kulit kepala hingga bersih menyeluruh.

Itulah beberapa perawatan alami yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu mengatasi kulit kepala kering, ya. Pastikan untuk rutin melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top