You are here
Home > Kecantikan >

Banyak yang Belum Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan

Manfaat daun binahong untuk kecantikan
Bagikan

MediaGo, Manfaat Daun Binahong – Mungkin dari kalian banyak yang belum tahu dengan daun binahong ini, padahal tanaman binahong sendiri sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Tanaman jenis ini biasanya tumbuh merambat di area pekarangan rumah. Namun, banyak orang yang malah menganggapnya sebagai tanaman liar.

Siapa sangka, tanaman yang dipandang sebelah mata ini ternyata memiliki segudang manfaat baik terutama untuk kecantikan karena mengandung, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan zat besi didalamnya.

Lantas apa saja manfaat daun binahong untuk kecantikan?

5 Manfaat Daun Binohong Untuk Kecantikan

Manfaat daun binahong
Skinflash.com

Tanaman binahong adalah tanaman yang mengandung saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid, dan homopolisakarida didalamnya. Senyawa tinggi flavonoid binahong berasal dari daun, batang, umbi-umbian, dan bunganya yang berkhasiat sebagai antimikroba. Diketahui flavonoid berperan sebagai antibiotik.

Sementara itu, daun binahong memiliki antioksidan, asam askorbat, dan senyawa fenolik yang mampu melawan bakteri gram positif dan gram negatif yang rentan terhadap efek penghambat salah satu terapi nonfarmakologis acen vulgaris. 

Berikut ini beberapa manfaat daun binahong untuk kecantikan yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat Daun binahong untuk kecantikan yang pertama adalah bisa mengencangkan kulit wajah. Sebagian besar orang, terutama wanita, pasti akan merasa percaya diri dengan kulit wajah yang kencang.

Nah, cara untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang dan sehat secara alami, kamu bisa memanfaatkan daun binahong ini.

Cara mengolahnya pun cukup mudah, Kamu bisa merebus daun binahong dan minum air rebusannya saat sudah dingin secara rutin ya.

2. Menghilangkan Komedo

Tidak sedikit orang yang jengkel dengan munculnya komedo di wajah mereka, terutama dibagian hidung.

Baca Juga:  Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Kemangi Untuk Kecantikan Wajah

Itu terjadi karena komedo bisa sangat mengganggu penampilan. Jangan khawatir, sekarang kamu bisa coba menghilangkannya dengan daun binahong.

Rebus daun binahong, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci muka. Nah, agar hasilnya maksimal, silahkan gunakan cara ini secara rutin atau tiga kali sehari. 

Baca juga : Penyebab komedo bisa terjadi

3. Mencerahkan Wajah

Banyak orang, terutama kaum hawa menginginkan kulit wajah mereka bisa cerah berseri. Hal itu ternyata bisa diupayakan dengan memanfaatkan daun binahong ini.

Caranya cukup mudah, silahkan rebus daun binahong, kemudian kalian minum air rebusannya. Mengonsumsi air rebusan binahon tak hanya baik untuk kecantikan wajah, tapi juga dapat menyehatkan tubuh kita. 

4. Menghaluskan Kulit Wajah

Cara untuk mendapatkan kulit wajah mulus tanpa efek samping ternyata cukup mudah, kamu bisa memanfaatkan daun binahong untuk menghaluskan kulit wajah.

Silahkan Ambil daun binahong sebanyak 20 lembar, lalu rebus dengan 500 mililiter air.

Diamkan air rebusan beberapa saat hingga dingin, kemudian silahkan kamu gunakan untuk mencuci muka. Lakukan cara ini setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna. 

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang meresahkan, hampir setiap orang pasti mengalami masalah jerawat di wajah mereka. Hal ini pasti akan membuat tidak nyaman.

Untuk mengatasi itu, ternyata kamu bisa memanfaatkan daun binahong. Pasalnya, daun binahong ini mampu mengurangi produksi minyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Dengan begitu, jerawat pada wajah kalian bisa dicegah dan diatasi dengan sangat mudah.

Caranya, silahkan tumbuk daun binahong, dan kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah seperti masker. Tunggu hingga 10 menit dan setelahnya bilas sampai bersih.

Baca Juga:  Jangan Sepelekan Gangguan Irama Jantung

Nah itulah tadi 5 manfaat daun binahong untuk wajah agar terlihat cantik alami yang mungkin belum kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top