You are here
Home > Kecantikan >

Catat, Ini 8 Urutan Memakai Skincare di Malam Hari yang Benar

Urutan memakai skincare di malam hari

Selain rangkain di pagi hari, tentu saja pemakain skincare di malam hari tidak boleh dilupakan begitu saja. Setelah menjalani rutinitas padat, gunakan waktu pada malam hari untuk menenangkan wajah dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Meski tidak terlalu jauh berbeda dengan pemakaian skincare pagi hari, tetap ada urutan memakai skincare di malam hari yang harus diketahui.

Urutan memakai skincare di malam hari 

Berikut adalah urutan memakai skincare di malam hari yang penting digunakan seperti dilansir dari SehatQ

1. Make up remover

Urutan memakai skincare di malam hari
Make up remover. (Gambar: http://realsimple.com)

Urutan skincare malam hari yang penting adalah menggunakan make up remover. Kamu perlu membersihkan wajah dari produk make up atau kosmetik yang digunakan selama seharian beraktivitas.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk make up yang tersisa. Kamu dapat menggunakan make up remover berbahan dasar minyak guna menghapus make up yang mengandung minyak. Akan tetapi, bagi pemilik kulit berminyak sebaiknya gunakan make up remover berbahan dasar air agar wajah tidak semakin berminyak. 

2. Produk pembersih wajah

Setelah itu gunakanlah produk pembersih wajah. Walaupun sudah menggunakan make up remover, membersihkan wajah dengan produk pembersih merupakan hal yang penting guna memastikan tidak ada lagi sisa make up, minyak, dan kotoran yang tertinggal di wajah.

Kamu bisa membersihkan wajah secara maksimal dengan micellar water dan atau cleansing oil atau cleansing milk, pilih sesuai jenis kulit wajah, setelah menghapus make up dengan remover khusus. Kemudian, lanjut cuci muka dengan sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah. Bilas wajah sampai bersih menggunakan air mengalir.

3. Scrub wajah atau eksfoliasi

Urutan memakai skincare di malam hari
Scrub wajah. (Gambar: http://idntimes.com)

Tahapan skincare di malam hari perlu disempurnakan dengan proses eksfoliasi atau scrub.

Eksfoliasi atau scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Perlu diketahui bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap hari. Cukup lakukan scrub wajah hanya 1-2 kali dalam seminggu.

4. Toner

Sama seperti urutan skincare pagi, kamu bisa menggunakan toner wajah setelah cuci muka dengan sabun pembersih sebagai step skincare malam hari. Gunakan toner wajah yang mengandung asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin guna melembapkan kulit sepanjang malam.

5. Serum wajah dan essence

Setelah menggunakan toner, kamu bisa memakai essence dan serum wajah sebagai urutan skincare malam hari. Baik serum wajah dan essence dalam urutan pemakaian skincare sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Sesudah essence meresap dengan sempurna ke dalam kulit, barulah menggunakan serum wajah.

6. Krim mata atau eye cream

Urutan memakai skincare di malam hari
Eye cream. (Gambar: http://watsons.co.id)

Urutan skincare malam yang membedakan dengan pagi hari adalah penggunaan krim mata atau eye cream. Krim mata atau eye cream adalah salah satu produk perawatan wajah paling penting dalam urutan pemakaian skincare di malam hari.  Terutama, bagi yang memiliki masalah mata panda, kantung mata, serta kerutan di area mata.

Pilihlah eye cream yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan krim mata dengan cara mengoleskannya ke area kulit bawah mata secara perlahan.

7. Krim malam (night cream) dan sleeping mask

Step skincare malam hari semakin lengkap dengan penggunaan krim malam. Krim malam berfungsi untuk mengganti peran pelembap yang biasa gunakan di pagi hari. Krim malam biasanya memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, yaitu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda hitam di wajah.

Sementara itu, sleeping mask adalah tahapan skincare di malam hari yang bersifat opsional, tetapi juga tetap memberikan efek positif bagi kulit wajah. Kedua step skincare ini dapat membantu melembapkan kulit wajah selama tidur semalaman. 

Oleskan krim malam secukupnya pada permukaan wajah hingga leher seraya memijat wajah dengan perlahan. Setelah krim malam meresap dengan benar ke dalam kulit, gunakan sleeping mask. Penggunaan sleeping mask tidak perlu dibilas sesudahnya, seperti cara memakai masker wajah pada umumnya. Biarkan kandungan pada sleeping mask meresap ke dalam kulit semalaman.

8. Face oil

Urutan memakai  skincare di malam hari
Face oil. (Gambar: http://ghp-news.com)

Tahapan skincare malam hari semakin lengkap dengan penggunaan face oil. Manfaat face oil bisa diperoleh saat penggunaan malam hari karena untuk menghindari kulit tampak terlalu berminyak dan lengket. Cara menggunakannya, cukup tuang beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh permukaan wajah secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, jangan lagi melanjutkan step skincare yang lain setelah memakai face oil.

Namun kamu yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan face oil. Pasalnya, kulit wajah yang semakin berminyak rentan menimbulkan jerawat.

Itulah urutan memakai skincare di malam hari yang perlu kamu lakukan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal untuk menjaga kesehatan kulit. 

Baca juga: 6 Urutan Memakai Skincare di Pagi Hari yang Benar Agar Hasil Lebih Maksimal

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top