SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, July 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanKulit Belang Bikin Nggak Percaya Diri? Ini Cara Mengatasi Sunburn yang Efektif

Kulit Belang Bikin Nggak Percaya Diri? Ini Cara Mengatasi Sunburn yang Efektif

Jika kamu memiliki kulit pucat atau lebih sering menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari, hal itu meningkatkan risiko kulit terbakar atau sunburn lebih tinggi. Apabila mengalami kondisi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, berikut ini beberapa cara mengatasi sunburn dalam proses penyembuhan secara alami.

Cara mengatasi sunburn yang paling efektif

cara mengatasi sunburn
Sunburn. (Gambar: http://journal.sociolla.com)

Demi menyembuhkan kulit terbakar atau sunburn akibat paparan sinar matahari, kamu perlu memberi waktu untuk mengganti kulit yang rusak. Ada batasan seberapa cepat tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri, tetapi kamu juga bisa memaksimalkan proses penyembuhan dengan banyak istirahat, tetap terhidrasi, dan melembabkan kulit.

Melansir penjelasan dari laman Healthline, berikut ini beberapa cara mengatasi sunburn yang efektif dan bisa kamu lakukan sendiri: 

1. Tidur cukup dan berkualitas

Ketika kamu kurang mendapatkan tidur yang berkualitas hal itu dapat mengganggu produksi sitokin tertentu dalam membantu tubuh mengelola peradangan. Gangguan ini dapat berdampak negatif pada kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Dengan mendapatkan waktu tidur yang benar dan berkualitas hal itu menjadi salah satu cara mengatasi sunburn yang efektif.

2. Hindari penggunaan tembakau

Merokok atau menggunakan bentuk lain dari tembakau dapat mengganggu proses penyembuhan alami tubuh dengan meningkatkan peradangan. Berhenti total memang sulit dilakukan, tetapi dokter dapat membantu membuat rencana penghentian yang sesuai. Jadi kamu bisa mencoba untuk melakukannya secara perlahan dengan bantuan dokter. 

3. Hindari paparan sinar matahari 

Mengekspos kulit terbakar sinar UV lebih lanjut dapat merusak kulit dan menimbulkan sunburn. Jika harus keluar, cobalah untuk menutupi kulit yang terbakar sinar matahari dengan pakaian dan memakai tabir surya.

4. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat yang disebut aloin yang mengurangi peradangan. Lidah buaya juga dapat melembabkan kulit dan mencegah pengelupasan.

5. Mandi air dingin

American Academy of Dermatology merekomendasikan mandi air dingin atau pancuran untuk menenangkan kulit. Setelah itu, tinggalkan sedikit kelembapan pada kulit saat mulaimengering dan kemudian oleskan pelembap untuk mempertahankan kadar air yang berada di dalam.

6. Oleskan krim hidrokortison

Krim hidrokortison digunakan untuk mengobati pembengkakan, iritasi, dan gatal. Sangat dianjurkan untuk mengoleskan krim hidrokortison pada luka bakar yang parah agar dapat mengatasi pembengkakan dan rasa sakit.

7. Tetap terhidrasi

Kondisi sunburn pada kulit ternyata menarik kelembapan. Demi mengatasi hal tersebut sangat dianjurkan untuk ,inum banyak cairan dan elektrolit yang dapat membantu merehidrasi kulit dengan cepat. 

8. Cobalah kompres air dingin

Menerapkan kompres air ingin ke kulit ketika mengalami sunburn dapat membantu menghilangkan panas berlebih dari kulit dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Perbedaan Kulit Dehidrasi dan Kering yang Wajib Kamu Ketahui!

Mencegah terjadinya sunburn pada kulit 

cara mengatasi sunburn
Cara mencegah sunburn.(Gambar: http://TheHealthSite.com)

Satu-satunya cara yang pasti untuk menyembuhkan luka bakar dengan cepat adalah dengan menghindarinya. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah sunburn adalah:

1. Carilah tempat berteduh 

Saat berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, ada baiknya mencari keteduhan atau kamu bisa menggunakan payung agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. 

2. Hindari keluar saat siang hari

Sinar UV paling kuat di siang dan sore hari, dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. Oleh sebab itu apabila kamu tidak menginginkan terjadinya sunburn pada kulit sebaiknya hindari keluar di jam tersebut. 

3. Gunakan topi saat beraktivitas

Topi dengan pinggiran lebar dapat melindungi wajah, telinga, dan leher dari paparan sinar matahari secara langsung. 

4. Kacamata hitam

Tak hanya topi dan payung yang bisa kamu gunakan untuk menghindari paparan sinar matahari, kacamata hitam juga efektif dalam melindungi mata dan kulit di sekitar mata dari sinar UV.

5. Tabir surya

CDC merekomendasikan untuk memakai tabir surya spektrum luas dengan setidaknya SPF 15 bahkan pada hari berawan. Terapkan kembali setidaknya setiap 2 jam dan periksa tanggal kedaluwarsa sebelum kamu menggunakannya.

Sunburns disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Tidak ada obat instan untuk sunburn, tetapi kamu dapat mengoptimalkan proses penyembuhannya dengan mengikut beberapa cara yang telah dijelakan di atas. Itulah beberapa cara mengatasi sunburn secara alami yang dapat kamu lakukan secara mandiri.

Jika kamu mengalami luka bakar akibat paparan sinar matahari yang parah hingga melepuh atau menyebabkan rasa sakit, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apakah membutuhkan perawatan medis tambahan.

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular