You are here
Home > Kecantikan >

Ingin Pasang Behel? Kenali Bagian Behel Gigi yang Perlu Diketahui

Ingin Pasang Behel? Kenali Bagian Behel Gigi yang Perlu Diketahui
Bagikan

MediaGo.id – Selain penting mengetahui harga pasang behel dan prosedur pemasangan behel, kamu pun harus mengetahui bagian-bagian dari behel gigi tersebut. Sekalipun nantinya kamu tidak akan ditanya mengenai bagian-bagian ini saat melakukan perawatan maupun pemasangan behel gigi, akan tetapi dengan mengetahuinya tentu bisa memperbanyak informasi mengenai behel gigi.

Adapun beberapa bagian dari behel gigi tersebut adalah sebagai berikut ini, di antaranya:

1. Bracket

Bracket Behel Gigi

Salah satu bagian dari behel gigi adalah bracket. Apakah itu? Bracket merupakan komponen pada kawat gigi yang dipasang langsung di permukaan gigi dan berbentuk kotak. Pemasangan bracket ini biasanya menggunakan lem khusus yang terbuat dari beberapa material seperti buccal tube, o-ring/ elastomeric ring, power chain/elastomeric chain, dan lain sebagainya.

2. Kawat lengkung

Kawat Lengkung

Saat memasang kawat gigi, pastinya kamu melihat kawat lengkung, kan? Nah, biasanya kawat lengkung ini dipasang ke bagian bracket dan berfungsi untuk menyalurkan tekanan ada gigi. Dengan adanya kawat lengkung ini, maka akan semakin mempercepat proses merapikan gigi. Kawat lengkung ini terdiri dari banyak jenis dan ukuran karena biasanya menyesuaikan dengan kondisi gigi sang pemakai.

3. Cincin ortodontik

Cincin ortodontik

Cincin ortodontik atau disebut pula dengan molar band adalah komponen pada behel gigi yang dipasang pada gigi geraham. Fungsi dari komponen ini yakni dijadikan sebagai tumpuan untuk kawat lengkung.

4. Karet elastis

Karet elastis pada behel gigi

Bisa dikatakan, karet elastis ini memiliki peranan penting pada kawat gigi karena berfungsi untuk mengikat kawat lengkung dan bracket. Karet ini terdiri dari beragam warna karena itu bisa dipilih sesuai dengan pilihan sendiri. Namun, perlu diingat, seiring berjalannya waktu elastisan karet ini bisa berkurang karena itu wajib diganti ke dokter gigi tempat kamu memasang behel gigi.

Baca Juga:  Sering Disepelekan, Ternyata Ini Deretan Penyebab Wajah Terlihat Cepat Tua

So, itu daftar komponen-komponem behel gigi yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin memasang behel gigi, bisa loh mencoba metode penggunaan clear aligner.

Metode ini bisa membantu merapikan gigimu yang tidak rata maupun memiliki gigi gingsul. Dijamin, dengan mencoba metode ini bisa merapikan gigimu dengan sangat cepat karena diprogram langsung oleh dokter gigi terbaik. Cobain, deh!


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top