You are here
Home > Kecantikan >

Penyebab Timbulnya Bercak Hitam Pada Kulit dan Cara Menghilangkannya

Penyebab bercak hitam pada kulit

Menjadi lapisan paling luar pada tubuh, tentu kulit paling rentan terhadap berbagai macam gangguan. Salah satunya timbul bercak hitam pada kulit atau hiperpigmentasi. Hal ini biasanya terjadi ketika suatu area di kulit menghasilkan lebih banyak melanin. Melanin ini merupakan senyawa yang memberikan warna di mata, kulit dan rambut.

Walaupun seringkali membuat banyak orang khawatir atau bahkan merasa penampilannya terganggu, bercak hitam pada kulit ini nyatanya bukan sesuatu yang perlu untuk ditakuti atau membutuhkan penanganan khusus. Namun karena alasan kecantikan, banyak dari mereka yang lebih berusaha untuk menghilangkannya. Dan berikut ini penjelasan selengkapnya terkait dengan penyebab bercak hitam pada kulit hingga cara menghilangkannya.

Gejala bercak hitam pada kulit

Melansir penjelasan dari laman Good Doctor, bercak hitam ini bervariasi, mulai dari cokelat cerah hingga cokelat gelap. Warna dari bercak ini biasanya tergantung dari warna kulitmu. Teksturnya sama dengan kulit dan tidak menimbulkan nyeri atau sakit. Ukuran dari bercak ini pun bervariasi dan dapat tumbuh di bagian manapun pada kulit dan kebanyakan timbul di area yang sering terpapar matahari. Itu sebabnya, beberapa orang menyebut bercak ini sebagai bercak matahari. Adapun area yang biasa timbul bercak adalah di bagian belakang tangan, wajah, punggung dan pundak.

Penyebab bercak hitam pada kulit

penyebab bercak hitam pada kulit
Penyebab bercak hitam pada kulit. (Gambar: http://cnnindonesia.com)

Berikut ini beberapa penyebab bercak hitam pada kulit timbul: 

1. Paparan matahari

Bercak ini biasa disebut dengan bercak matahari. Hal ini bisa timbul karena paparan matahari atau pewarna kulit yang biasanya dipakai oleh orang yang berkulit putih. Area yang sering terpapar oleh sinar matahari, seperti wajah, tangan dan lengan biasanya cenderung menjadi tempat timbul bercak hitam ini.

2. Perubahan hormon

Kondisi kulit yang menimbulkan bercak kulit yang berbeda warna disebut juga dengan melasma. Kondisi ini biasa terjadi pada perempuan, terutama di masa kehamilan. Salah satu penyebab melasma, menurut American Academy of Dermatology Association adalah perubahan hormon. 

Perempuan yang hamil mengalami perubahan hormon yang fluktuatif. Dan ketika perempuan hamil mengalami bercak hitam pada kulit mereka, kondisi ini disebut chloasma, atau topeng kehamilan.

3. Efek samping obat

Beberapa obat dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan berujung pada timbulnya bercak hitam. Obat yang biasanya memicu hal ini adalah golongan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), tetracycline dan obat-obatan psikotropik.

4. Inflamasi

Bercak hitam pada kulit juga bisa terbentuk setelah adanya inflamasi di kulit. Inflamasi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal termasuk eksim, psoriasis, cedera di kulit dan jerawat.

5. Penyembuhan luka dan iritasi

Bercak ini juga bisa timbul karena proses penyembuhan luka setelah gigitan serangga, terbakar atau tergores. Kondisi ini bisa hilang seiring waktu. Sementara iritasi, seperti karena produk kosmetik kulit atau rambut pun bisa merusak kulit dan menimbulkan bercak hitam.

6. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap. Kondisi yang berkaitan dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yaitu saat kulit menjadi lebih gelap dan timbul bercak. Terkadang orang salah mengira kalau bercak yang timbul karena diabetes ini disebabkan oleh usia.

Cara menghilangkan bercak hitam pada kulit

Pada dasarnya bercak hitam ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Tapi beberapa orang ingin menghilangkannya demi meningkatkan penampilan mereka. Biasanya dermatologist akan menawarkan krim atau prosedur untuk membuat bercak hitam ini menjadi sedikit memudar atau cerah dan beberapa prosedur bisa menghilangkannya juga. 

Prosedur-prosedur ini lebih mahal ketimbang krim dan bisa saja mengakibatkan efek samping. Ada beberapa prosedur yang bisa direkomendasikan oleh dokter kulit. Antara lain:

  • Perawatan laser: Metode ini akan mengincar melanin dan memecahkan bercak hitam yang timbul
  • Microdermabrasion: Penanganan in akan mendorong kolagen baru untuk tumbuh

Dan ada juga beberapa langkah yang dipercaya bisa menghilangkan bercak hitam pada kulit selain dengan cara dari dokter. Diantaranya adalah: 

  • Krim di apotek atau toko obat untuk mencerahkan wajah. 
  • Obat alami seperti niacinamide, kedelai, ekstrak licorice hingga lidah buaya

Itulah berbagai penjelasan tentang bercak hitam pada kulit yang bisa mengganggu penampilan. Walaupun kondisinya tidak berbahaya, tapi ada baiknya kamu selalu melakukan konsultasi pada dokter agar kesehatan kulitmu tetap bisa terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit. 

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah Bruntusan

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top