You are here
Home > Kesehatan >

Stop Sekarang Juga! Ini 4 Bahaya Makan Mie Instan Campur Telur Setengah Matang

bahaya makan mie instan campur telur setengah matang

MediaGo – Kamu salah satu orang yang suka makan mie instan campur telur setengah matang? Kalo iya, mending stop deh mulai sekarang karena ada beberapa bahaya yang mengancam kesehatan kalian.

Memang sih makan mie plus telur setengah matang menjadi kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Namun setelah mengetahui bahayanya, apakah kamu masih mau mengonsumsinya?

Bahaya Makan Mie Instan Campur Telur Setengah Matang

Mengutip dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa dampak negatif bagi tubuh jika makan mie instan campur telur setengah matang. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Gangguan pernapasan

Ternyata, pada telur setengah matang itu mengandung ovomucoid yang bisa memicu gatal-gatal pada kulit hingga ganggu pernapasan. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan mau lagi deh makan telur setengah matang campur mie instan, mending masak telurnya hingga benar-benar matang saja ya!

2. Mengandung bakteri pemicu penyakit

Dilansir Healthline, dalam telur setengah matang itu mengandung bakteri Salmonella yang bisa memicu penyakit. Nah, jika kamu tetap ngeyel ingin mengonsumsi telur setengah matang dengan mie instan, maka jangan kaget jika nanti kamu keracunan seperti diare, perut mual, demam, sakit kepala, hingga kram perut.

Bukan hanya itu, jika kamu sampai menelan bakteri berbahaya tersebut, kamu juga berisiko terkena penyakit tifus. Ngeri banget ya.

bahaya mie instan campur telur setengah matang
mie plus telur setengah matang / detik

3. Picu gatal-gatal hingga pembengkakan kulit

Harus kamu tahu, menurut para pakar kesehatan, didalam telur setengah matang itu mengandung zat avidin yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi nilai gizi dalam telur, namun kurang baik bagi manusia. Nah, jika kamu mengonsumsinya maka bisa memicu gatal-gatal hingga pembengkakan kulit. Ih ngeri banget!

4. Mengandung melamin yang membahayakan ginjal!

Selain zat avidin, telur setengah matang juga mengandung melamin yang diduga berasal dari pakan yang dikonsumsi oleh ayam petelur. Jika sampai tidak dimasak sampai matang, kandungan ini akan masuk ke dalam tubuh dan bisa membahayakan ginjal kalian.

Untuk menghindari hal mengerikan tersebut, sebaiknya kamu memasak telur hingga matang sempurna. Selain itu, ada baiknya juga kita tidak terlalu sering mengonsumsi mie instan karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Nah itulah 4 bahaya makan mie instan campur telur setengah matang. Setelah mengetahui kalau ada bahaya mengancam kesehatan dari telur setengah matang ini, apakah kalian masih ingin mengonsumsinya?

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top