SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanBanyak yang Belum Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Karsen Untuk Tubuh

Banyak yang Belum Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Karsen Untuk Tubuh

MediaGoBuah Karsen seringkali dianggap sebagai tanaman liar oleh banyak orang karena tumbuh di pinggir jalan. Namun, tahukah kamu kalau buah yang mirip dengan ceri ini ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan? Berikut deretan manfaat buah karsen untuk tubuh yang harus kamu tahu.

Dalam buah karsen atau Muntingia calabura (nama latin) mengandung sumber nutrisi yang sangat lengkap dan baik untuk tubuh, antara lain seperti Protein, Lemak, Serat, Kalsium, Zat besi, dan Asam askorbat (vitamin C).

Manfaat buah karsen untuk kesehatan

Dari berbagai kandungan nutrisi diatas, Kamu akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari buah karsen. Dilansir hallosehat, berikut manfaat kesehatan dari buah karsen:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

buah karsen memiliki banyak manfaat
Segudang manfaat buah karsen untuk tubuh / Tribun news

Dalam buah karsen mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dikenal bisa meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi buah karsen setiap hari, Kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Yuk coba!

2. Bisa meredakan nyeri

Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C dalam buah karsen juga dianggap bisa untuk meredakan rasa nyeri karena punya efek analgesik. Efek tersebut mampu mengelola nyeri sekaligus meredakannya.

Namun perlu diingat, walaupun bisa menghilangkan nyeri, buah kersen tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit nyeri seperti radang sendi atau asam urat, buah ini hanya mampu menghambat dan meredakannya saja.

3. Memelihara sistem pencernaan

segudang manfaa buah karsen
manfaat buah karsen yang harus kamu tahu / shutterstock

Buah karsen juga memiliki kandungan serat yang ampuh dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, buah ini juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang berfungsi untuk membantu mencegah sekaligus mengatasi masalah pada sistem pencernaan, salah satunya adalah tukak lambung.

4. Mencegah Anemia

Buah karsen juga diketahui kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah tubuh kita kekurangan sel darah merah atau anemia. Penyakit ini hampir dialami semua orang di dunia, biasanya ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, wajah pucat dan sering mengantuk.

Zat besi pada buah kersen ini akan bekerja dalam proses pembentukan sel darah merah pada tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit 5L tersebut.

5. Mengatasi hipertensi

buah karsen baik untuk tubuh
Buah karsen seringkali dianggap tanaman liar / Kompas

Hipertensi adalah istilah medis dari penyakit darah tinggi. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan seperti meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, bahkan hingga kematian.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 mengatakan bahwa buah karsen bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi penyakit hipertensi karena mengandung oksidanitrat yang mampu merelaksasi pembuluh darah. Jadi, darah akan lebih mudah mengalir dan mengurangi resiko terjadinya tekanan darah tinggi.

Nah itulah 5 manfaat buah karsen yang sering dianggap banyak orang sebagai tanaman liar. Setelah mengetahui beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh, apakah kamu ingin coba mengonsumsinya sekarang?

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular