You are here
Home > Kesehatan >

4 Makanan Penderita Diabetes Yang Harus Dihindari

makanan penderita diabetes

Mediago.id – Ada beberapa jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Artikel kali ini akan mengulas makanan penderita diabetes yang tidak boleh dikonsumsi dan harus dihindari.

Hal ini harus benar-benar dipahami agar makanan yang dikonsumsi dengan benar bisa menjaga kadar gula dalam darah penderita diabetes bisa tetap stabil.

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, penderita diabetes juga harus menjaga pola makan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

4 Makanan Penderita Diabetes Yang Harus Dihindari

Berikut ini adalah beberapa makanan penderita diabetes yang bahaya jika dikonsumsi. Apa saja? Simak ulasannya dibawah ini.

1.     Nasi dan Roti Putih

Nasi maupun roti putih adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini disebabkan oleh makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dapat meningkatkan gula darah pada penderita diabetes.

Nasi dan juga roti putih mengandung hanya sedikit serat yang bisa membuat penyerapan gula kedalam aliran darah penderita diabet terhambat.

2.     Minuman Kopi yang Instan

Sebenarnya kopi memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan, tidak tertinggal pula dapat menurunkan resiko terkena diabetes.

Hanya saja apabila disajikan dengan gula tambahan kopi, akan membahayakan penderita diabetes. Seperti kopi instan yang biasanya sudah mengandung tambahan gula, hal ini tentu kurang sehat jika dikonsumsi sebagai makanan penderita diabetes.

3.     Jus Buah

Sudah  bukan lagi menjadi rahasia bahwa jus buah dianggap sebagai minuman menyehatkan.

Namun dalam beberapa masalah, jus buah mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi.

Sehingga penderita diabetes harus menghindari konsumsi makanan ini.

4.     Sereal

Sarapan manis dengan sereal merupakan pilihan yang buruk untuk penderita diabetes

Banyak yang menyadari bahwa sereal hanya mengandung sedikit protein dan nutrisi.

Selain itu, sereal tidak bisa menjaga kadar gula darah untuk tetap stabil maka sebagai pengganti penderita diabetes lebih baik memilih makanan yang terbuat biji-bijian utuh, daging tanpa lemak dan sayur-sayuran.

Demikian di atas merupakan makanan penderita diabetes yang harus dihindari agar dapat sehat sepanjang hari. Anda juga bisa membuat makanan sendiri agar bisa memilih bahan baku dan bahan tambahan dengan cermat.

Leave a Reply

Top