SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanBuruan Coba! 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Hancurkan Batu Ginjal

Buruan Coba! 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Hancurkan Batu Ginjal

MediaGo – Kebiasaan terlalu banyak duduk dan jarang berolahraga bisa menimbulkan resiko terserang penyakit batu ginjal. Batu ginjal sendiri terbentuk dari endapan mineral yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Ada banyak jenis pengobatan batu ginjal yang dapat dilakukan, termasuk menggunakan obat alami yang dipercaya mampu menghancurkan endapan batu dalam ginjal.

Obat Alami Untuk Batu Ginjal yang Mudah Ditemukan

Bahan alami untuk membantu mengatasi batu ginjal ini sangat mudah ditemukan dirumah. Namun, kami anjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bagi pasien yang memiliki penyakit lain atau sudah minum obat secara teratur.

Dikutip dari Hello Sehat, di bawah ini beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi batu ginjal.

1. Air Putih

manfaat air putih
Sumber : Alodokter

Rutin minum air putih dipercaya bisa mengatasi penyakit batu gijal. Air putih merupakan bahan alami yang paling direkomendasikan. Kerja ginjal akan jadi lebih lancar dapam memecah kelebihan mineral penyebab batu ginjal.

Walau begitu, minum air putih saja tidak tidak akan otomatis menghancurkan atau menghilangkan batu ginjal yang sudah terbentuk. Asupan air ini hanya untuk mempercepat proses tubuh dalam mengeluarkan batu yang tertahan di ginjal melewati ureter.

Hal ini dikarenakan cairan yang masuk membantu produksi urine. Oleh sebab itu, minum air putih dapat membantu mendorong batu ginjal agar lebih cepat keluar dari tubuh.

Cara ini cukup manjur untuk menghancurkan batu ginjal berukuran kecil. Namun, minum air putih perlu dibarengi dengan konsumsi obat batu ginjal yang telah diresepkan dokter. Dengan demikian, batu ginjal mungkin akan hancur dalam 2 – 3 minggu.

2. Air lemon

air lemon
Sumber : Halodoc

Air lemon juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat batu ginjal. Kamu bisa menambahkan air putih yang diminum dengan menambahkan lemon segar di dalamnya.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, kandungan sitrat dalam lemon membantu menghambat pembentukan batu ginjal. Sitrat juga dapat membantu memecahkan batu ginjal berukuran kecil sehingga memudahkannya melewati ginjal menuju lubang kencing.

3. Jus seledri

jus seledri
Sumber : Popbela

Jus seledri sedang ramai di perbincangkan karena dianggap dapat menjadi obat alami dalam membantu menghancurkan batu ginjal.

Sama seperti sayuran lainnya, seledri mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang ampuh dalam membantu meningkatkan produksi urine, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal yang baru.

4. Cuka Apel

cuka apel
Sumber : Jovee.id

Sari cuka apel mengandung asam asetat yang diyakini dapat memecah dan melarutkan batu ginjal ukuran kecil. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan Cuka apel sebagai pengobatan alami batu ginjal.

Selain itu, sari apel yang telah difermentasi ini juga disebut dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dari batu ginjal.

Walaupun demikian, penggunaan sari cuka apel terhadap pasien batu ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi cuka apel bisa menyebabkan tubuh kehilangan kalium.

5. Jus buah delima

buah delima 1
Sumber : honestdoc.id

Sejak jaman dulu, jus buah delima sudah digunakan untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Bahkan, jus dengan rasa agak asam ini bisa membantu membersihkan batu dan racun lainnya dari tubuh.

Kandungan antioksidan pada buah delima mampu menjaga kesehatan ginjal dan mungkin berperan dalam mencegah batu ginjal. Konsumsi jus delima juga membantu menurunkan tingkat keasaman urine yang dapat mengurangi risiko batu ginjal di masa depan.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular