You are here
Home > Kesehatan >

5 Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh

Menjaga imun tubuh sangat penting karena akan menjadi benteng pertahanan dari berbagai macam penyakit. Tak hanya sekadar melakukan aktivitas fisik, tetapi mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat meningkatkan imun tubuh, lho. Salah satunya manfaat daging sapi yang baik untuk dikonsumsi karena bisa menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh

Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh
Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh. (Gambar: http://pixabay.com)

Daging sapi merupakan salah satu jenis daging yang paling banyak digemari oleh banyak orang. Tak hanya sekadar lezat saat disantap, daging sapi juga sangat kaya akan protein, vitamin, dan mineral berkualitas tinggi.

Oleh karena itu, daging sapi dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemeliharaan otot, serta kinerja olahraga. Sebagai sumber zat besi yang kaya, daging sapi juga dapat mengurangi risiko anemia.

Melansir penjelasan dari laman Beef Central berikut ini beberapa manfaat daging sapi untuk kesehatan:

1. Tinggi protein dan membantu meningkatkan massa otot

Daging sapi kaya akan kandungan protein sehingga baik untuk kesehatan. Protein sendiri diperlukan dalam proses pembentukan tulang, tulang rawan, kulit, otot dan juga darah. Protein juga membantu mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Dari semua makronutrien, protein adalah yang paling mengenyangkan dan mencegah keinginan untuk makan. Tentu hal ini bisa menjadi alternatif untuk mengontrol nafsu makan apabila kurang terkendali. Untuk porsi 170 gram dari 80% daging sapi tanpa lemak, tersedia 46 gram protein.

2. Sebagai sumber antioksidan dan glutathione

Selain baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, daging sapi juga baik untuk memelihara kesehatan karena mengandung antioksidan dan glutathione. Seperti yang telah diketahui, antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah penyakit, mengurangi risiko penyakit kronis dan membantu meremajakan kulit. 

Hal inilah yang pada akhirnya baik untuk melindungi setiap sel dalam tubuh dari ancaman kerusakan yang disebabkan oleh penyakit.

Sementara itu, kandungan glutathione sendiri juga memiliki pengaruh pada tubuh. Dikutip dari Beef Central, kekurangan glutathione berkontribusi terhadap peradangan dan stres oksidatif. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kadar glutathione dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi daging sapi.

3. Kaya kandungan vitamin

Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh
Kaya kandungan vitamin pada daging sapi. (Gambar: http://pixabay.com)

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak nutrisi penting yang terkandung di dalam daging sapi. Salah satunya adalah kandungan Vitamin B dalam bentuk Vitamin B12, B5, B6, dan B3. Tidak hanya itu, meskipun tidak sebanyak vitamin B terdapat vitamin lain yang juga bisa ditemukan dalam daging sapi. Vitamin tersebut adalah vitamin K dan E.

Kandungan vitamin B12 adalah nutrisi yang sangat penting karena memiliki banyak manfaat untuk regenerasi saraf, mood positif, perbaikan kulit dan tidur yang lebih nyenyak. Sebaliknya, kekurangan vitamin B12, akan meningkatkan risiko masalah kesehatan mental dan depresi.

4. Mengandung banyak mineral 

Mineral yang terkandung di dalam daging sapi sangat beragam. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin meningkatkan asupan mineral bisa mengonsumsi daging sapi. Adapun beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam daging sapi yaitu kalsium, magnesium, selenium, zinc, tembaga, potasium dan beberapa jenis mineral lainnya.

Masing-masing jenis mineral ini bermanfaat bagi tubuh. Misalnya saja seperti magnesium yang berperan sebagai zat pembentuk darah merah yang bisa mengikat hemoglobin dan oksigen.

5. Dapat mencegah anemia

Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh
Daging sapi dapat mencegah anemia. (Gambar: http://pixabay.com)

Anemia adalah kondisi umum yang ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah dan penurunan kemampuan darah untuk membawa oksigen. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari anemia. Gejala utamanya adalah kelelahan dan tubuh selalu dalam kondisi lemah.

Daging sapi adalah sumber zat besi yang kaya terutama dalam bentuk zat besi heme. Hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, zat besi heme seringkali sangat rendah dalam diet vegetarian dan terutama vegan. Tubuh menyerap zat besi heme jauh lebih efisien daripada zat besi non-heme yaitu jenis zat besi dalam makanan yang berasal dari tumbuhan. 

Dengan demikian, daging tidak hanya mengandung zat besi yang sangat bioavailable tetapi juga meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari makanan nabati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme bahkan dalam makanan yang mengandung asam fitat, penghambat penyerapan zat besi. 

Studi lain menemukan bahwa suplemen daging lebih efektif daripada tablet zat besi dalam mempertahankan status zat besi pada wanita selama periode latihan. Oleh karena itu, makan daging adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia defisiensi besi.

Baca juga: Agar Empuk dan Tidak Bau, Ini Tips Olah Daging Kurban Idul Adha yang Tepat

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top