SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanTak Banyak yang Tahu, Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Sembuhkan Pilek...

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Sembuhkan Pilek Secara Cepat

MediaGo – Di musim pancaroba seperti sekarang ini, pilek memang menjadi salah satu penyakit yang sering dialami banyak orang. Perubahan suhu yang tak menentu bisa membuat kondisi tubuh menjadi berubah drastis sehingga bisa menimbulkan penyakit pilek.

Tahukah kamu, ternyata untuk mengobati hidung tersumbat atau pilek bisa menggunakan bumbu dapur, lho. Yaps, ada beberapa jenis bumbu dapur yang bisa kita jadikan obat alami untuk mengatasi pilek.

Bumbu dapur bisa dijadikan obat alami untuk pilek

Bumbu dapur berikut ini dikatakan bisa mengobati pilek karena mempunyai sifat antiseptik didalamnya. Lantas bumbu apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati pilek? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya.

1. Jahe

jahe
Sumber : hellosehat

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, terutama dalam mengatasi hidung tersumbat alias pilek.

Kamu bisa memanfaatkan jahe dengan cara mengupasnya kemudian digeprek. Seduh jahe geprek tersebut dengan air panas selama kurang lebih 15 menit. Setelah selesai silahkan minum airnya. Cita rasanya yang khas ampuh dalam mengobati hidung tersumbat.

2. Kunyit

kunyit
Sumber : lemonilo.com

Bumbu dapur yang bisa mengobati pilek selanjutnya adalah Kunyit karena memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Selain itu, senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit bisa melawan bakteri dan virus, sehingga ampuh mengobati flu.

Untuk penggunaannya, kamu bisa campurkan bubuk kunyit pada segelas susu untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Bawang putih

bawang putih
Sumber : JPNN.com

Bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati pilek atau hidung tersumbat karena mengandung asam risinoleat yaitu zat anti peradangan dan antibakteri. 

Cara menggunakannya, ambil beberapa siung bawang putih. Setelah itu geprek terlebih dahulu dan rebus selama 2 menit. Silahkan minum air rebusannya saat masih hangat. Minum sebanyak dua kali sehari agar tubuh cepat pulih.

4. Jeruk lemon

Jeruk lemon mengandung vitamin C, antioksidan, dan zat antimikroba sehingga dapat menjadi obat alami untuk anosmia atau hidung tersumbat sehingga tak dapat mencium aroma. Seperti halnya jahe dan daun mint, cara memanfaatkan jeruk lemon sangat mudah yaitu dengan minum sari jeruk lemon. 

Peras jeruk lemon lalu tambahkan air hangat. Setelah itu silahkan diminum. Untuk mempercepat penyembuhan, minumlah perasan jeruk lemon sehari dua kali. 

5. Daun mint

daun mint
Sumber : Pixabay

Yang terakhir, kamu bisa memanfaatkan Daun mint untuk mengatasi pilek. Daun mint mengandung zat antimikroba dan anti peradangan yang dipercaya bisa mengobati hidung tersumbat.

Cara menggunakannya, silahkan rebus daun mint selama 10-15 menit, jika sudah selesai silahkan ambil airnya. Minumlah air rebusan daun mint. Cita rasa yang bisa menghangatkan mungkin akan lebih cocok jika ditambahkan dengan sesendok madu. 

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular