SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Dampak Buruk Malas Mandi Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Cepat Tua!

5 Dampak Buruk Malas Mandi Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Cepat Tua!

MediaGo – Siapa disini yang sering malas mandi? Tahukah kamu, malas mandi ternyata memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, lho! Bukan hanya bisa bikin gatal-gatal, malas mandi juga dikatakan bisa bikin kamu cepat tua.

Kebanyakan orang malas mandi ketika mereka sedang libur bekerja atau sekolah. Selain itu, cuaca yang dingin juga menjadi salah satu penyebab orang ingin berjauh-jauhan dengan air.

Sebagai informasi, mandi itu sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari agar tubuh selalu fresh dan terbebas dari berbagai kuman penyebab penyakit setelah kamu melakukan aktivitas seharian.

Dampak Buruk dari Malas Mandi yang Harus Diketahui

Jarang mandi ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh. Dikutip dari YourSay.com, Sabtu (08/01/2022), berikut dampak dan bahaya malas mandi bagi tubuh yang perlu diketahui!

1. Terkena penyakit kulit

gatal gatal
Sumber : Orami.com

Dampak pertama yang akan kamu rasakan jika malas mandi adalah gatal-gatal karena terkena penyakit kulit. Walaupun sedang tidak berada di luar rumah, bukan berarti kamu akan terhindar dari kuman.

Kuman akan tetap ada baik di sofa, lantai, kasur, dan seringkali debu-debu pun menghinggap di seluruh penjuru dalam rumah. Kuman tersebut yang berpotensi menimbulkan penyakit kulit seperti, jerawat, gatal-gatal, panu, bahkan alat kelamin.

2. Bau badan berlebih

bau badan
Sumber : harianpijar.com

Salah satu penyebab bau badan ternyata adalah karena malas mandi. Badanmu akan mengeluarkan aroma menyengat jika tidak dibersihkan.

Kamu mungkin saja tidak merasa badanmu bau, karena orang dengan bau badan biasanya sudah mengembangkan kekebalan terhadapnya. Namun orang-orang di sekitarmu? Jangan sampai kamu mengganggu kenyamanan mereka.

3. Tubuh merasa lesu

merasa lesu
Sumber : idntimes.com

Dampak buruk dari malas mandi selanjutnya adalah badan akan terasa lesu. Dengan tidak mandi, kamu akan terus lengket dengan kasur. Merasa lesu bukanlah hal yang baik. Karena meskipun mungkin kamu sedang libur sekolah atau bekerja, kamu tetap harus bersiap untuk hari esok, kamu tetap harus berinteraksi dengan keluarga.

4. Cepat tua

penuaan dini
Sumber : jawapos.com

Jika kamu hanya mandi satu kali sehari, itu bisa menyebabkan wajah dan kulitmu menjadi keriput. Pasalnya, kulit manusia membutuhkan air agar tetap lembab dan cerah. Oleh karena itu setidaknya kamu harus mandi dua kali dalam sehari.

Penuaan dini tentu akan membuatmu kurang percaya diri. Karena sering dikira umur sekian, padahal umurmu jauh lebih muda. Memang, pada saatnya nanti semua orang pasti akan tua. Tapi tidak ada salahnya jika diusahakan selalu awet muda, salah satunya dengan mandi rutin dua kali setiap hari.

5. Insomnia

susah tidur
Sumber : Halodoc

Dampak buruk terakhir yang akan kamu rasakan adalah insomnia. Apa kaitannya tidak mandi dengan susah tidur? Jika kamu tidak, badan akan terasa lengket dan gatal. Hal itulah yang akan membuat kamu sulit untuk tidur nyenyak. Meskipun kamu bisa tertidur, tetapi pasti akan sering terbangun karena merasa tidak nyaman di badan akibat gatal di sana-sini.

Nah itulah lima dampak buruk malas mandi bagi kesehatan tubuh. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu masih mau bermalas-malasan untuk mandi? Stay safe terus ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular