You are here
Home > Kesehatan >

15 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Awet Muda!

manfaat buah jeruk

MediaGo – Tak perlu diragukan lagi, Jeruk memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Buah jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh sehingga kamu terlindungi dari berbagai penyakit.

Agar mendapatkan manfaat jeruk yang maksimal, setidaknya kamu harus mengonsumsinya 100 gram setiap hari. Apalagi dimasa pandemi yang seperti sekarang ini, konsumsi jeruk bisa jadi salah satu cara kamu terhindar dari serangan virus covid-19.

Segudang Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Selain manfaat diatas, jeruk juga masih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari berbagai sumber, berikut 15 manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk mata

Selain wortel, ternyata buah jeruk juga sangat baik untuk kesehatan mata. Antioksidan yang terkandung dalam jeruk bisa menangkal kerusakan mata akibat radikal bebas yang menjadi penyebab mata katarak.

Konsumsi buah jeruk setiap hari agar retin mata semakin terpelihara. Menurut sebuah studi, kombinasi antara vitamin C dan E mampu mencegah katarak sekalipun pada kelompok berisiko tinggi. Konsumsi jeruk setiap hari, yuk!

2. Melancarkan pencernaan

Jeruk memiliki sumber serat baik larut dan tidak larut sehingga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar dan kesehatan perutmu akan terjaga.

Jeruk pun bisa merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Ini adalah cara paling enak untuk menghilangkan sembelit.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Buah manis yang satu ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalalam tubuh. Kandungan serat larut didalamnya mampu memangkas kolesterol jahat sehingga kadar kolesterolmu jadi normal.

Kadar kolesterol yang normal dalam tubuh bisa meminimalkan dirimu terserang berbagai risiko penyakit, lho.

Baca Juga:  KFC Indonesia Gelar Vaksinasi Karyawan Seluruh Gerai

4. Mengatur tekanan darah tinggi

Selain vitamin C, Jeruk juga menjadi sumber magnesium yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Flavonoid yang disebut hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga bisa membuat tekanan darah jadi normal.

5. Mencegah penyakit kanker

Buah manis yang satu ini juga memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya penyakit kanker. Senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan pada jeruk memiliki sifat penghambat kanker.

Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar. Jadi harus konsumsi jeruk setiap hari, nih!

6. Mencegah penyakit jantung

Antioksidan yang terkandung dalam jeruk mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol.

Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung. Hal itu dapat memicu serangan jantung.

Namun serangan jantung ini bisa dicegah dengan antioksidan yang terdapat pada Jeruk. Kandungan ini membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi kamu dari penyakit mematikan ini.

7. Mencegah penyakit ginjal

Studi telah menemukan bahwa konsumsi jus jeruk secara teratur dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal. Pasalnya, jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya.

Jeruk juga membantu fungsi ginjal dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula, mengurangi stres pada mereka.

8. Memperkuat tulang

manfaat jeruk
Sumber : Republika

Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Nah, jeruk memiliki cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang.

Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

Baca Juga:  3 Cara Menjaga Imun Tubuh Saat Pandemi

9. Bagus untuk gigi

Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi. Mereka memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Gigi pun juga mencegah perkembangan plak serta melapisi gigi di lapisan pelindung dan mencegah korosi.

Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut.

10. Mencegah penyakit asma

Konsumsi jeruk secara teratur diketahui menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi radang saluran napas. Serta juga menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena diketahui meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.

11. Mencegah dehidrasi

Dalam satu buah jeruk mengandung 87 persen air. Untuk itu, mengonsumsi buah jeruk bisa membantu kamu mencegah kondisi dehidrasi.

12. Mencegah Anemia

Mengonsumsi buah jeruk dapat membantu kamu mencegah kondisi anemia. Meskipun buah jeruk bukan sumber zat besi yang baik, tetapi jeruk menjadi sumber vitamin C.

Memenuhi kebutuhan vitamin C dengan baik membuat penyerapan zat besi oleh tubuh dapat dijalani dengan baik sehingga kamu tidak mengalami kekurangan zat besi.

13. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain dari Vitamin C adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama di masa pandemi seperti ini.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Nutrients, menemukan bahwa Vitamin C dapat membantu sel-sel tubuh melawan penyakit, termasuk mengurangi dampak polusi udara dan mencegah infeksi akut seperti flu.

14. Bisa bikin kulit awet muda

Kandungan vitamin C dalam jeruk bisa bikin kulitmu jadi terlihat awet muda, lho. Kandungan ini membantu tubuh meningkatkan produksi asam hialuronat, yang membantu dalam meningkatkan produksi kolagen.

Jika kamu ingin awet muda terus, konsumsi jeruk setiap hari ya!

Baca Juga:  Tanda Kamu Mengalami Quarter Life Crisis dan Cara Menghadapinya

15. Memperbaiki suasana hati

Selain cokelat, jeruk juga bisa lo untuk memperbaiki mood yang sedang turun. Buah jeruk banyak mengandung folat yang berperan dalam pembentukan serotonin. Serotonin sendiri merupakan zat kimia di dalam otak yang berkaitan dengan perasaan senang.

Menurut sebuah penelitian, aroma jeruk nipis, jeruk keprok, dan lemon, bisa meningkatkan mood dan energi.

Nah itulah 15 manfaat jeruk untuk kesehatan tubuh yang harus kamu tahu. Ingin selalu tetap sehat? Yuk konsumsi jeruk setiap hari karena sudah tak bisa diragukan lagi kegunaannya.

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top