SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Untuk Kamu yang Sering Lupa

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Untuk Kamu yang Sering Lupa

MediaGo – Apakah kamu adalah seorang yang sering lupa, baik itu dalam hal menaruh barang ataupun hal penting lainnya seperti melakukan pekerjaan? Mungkin beberapa tips meningkatkan daya ingat berikut ini bisa berguna untuk mengatasi sifat pelupa yang dialami kamu.

Lupa memang menjadi hal yang wajar seiring dengan pertambahan usia. Namun, kebiasaan lupa bukan saja dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, banyak juga orang yang masih muda sering lupa.

Tips Meningkatkan Daya Ingat Untuk Kamu yang Pelupa

Sering lupa pastinya akan menganggu kehidupan kamu, Untuk mengatasi masalah pada daya ingat ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Penasaran? Berikut 5 tips mudah meningkatkan daya ingat otak untuk kamu yang punya sifat pelupa.

1. Selalu Perhatikan Asupan Nutrisi

cara meningkatkan daya ingat
Liputan6

Agar otak bisa berfungsi dengan optimal, tentu saja memerlukan asupan makanan yang bergizi lengkap. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi didalamnya, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otakmu lebih terjaga.

Selain itu, jika kamu sering meminum minuman beralkohol sebaiknya di kurangi atau dibatasi mulai sekarang. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, dapat berdampak buruk bagi fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

2. Rutin Olahraga

tips meningkatkan daya ingat dengan olahraga
CNN Indonesia

Percaya atau tidak, rutin olahraga ternyata bisa berguna untuk menambah kemampuan berpikir seseorang, lho. Dengan mengetahui fakta ini, tentu orang yang memiliki masalah dalam mengingat akan semakin rajin dalam melakukan olahraga. Tidak hanya tubuh sehat, imun tubuh meningkat, otak pun semakin cemerlang.

Olahraga yang musti dilakukan juga tidak harus satu jenis olahraga saja. Ada banyak jenis olahraga, kalian bebas memilih olahraga apa yang dirasa mungkin untuk dilakukan. Mau marathon, sepeda, angkat beban, atau sepakbola, bebas dipilih. Pastikan saja olahraga yang dilakukan tidak berlebihan agar tidak mengalami cidera atau sakit.

3. Lakukan Senam Otak

senam otak untuk meningkatkan daya ingat
kantorkita.co.id

Selain harus menjaga asupan nutrisi dan rajin berolahraga, otak kamu juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga dan optimal, salah satunya yaitu dengan cara senam otak. 

Senam otak tidak sulit, kamu dapat melakukannya dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

4. Bermain Game Asah Otak

tips meningkatkan daya ingat
wowkeren.com

Anggapan bermain game hanya buang-buang waktu dan tidak berguna sekarang sudah tida relevan lagi. Ada banyak orang yang justru bisa menjadi sukses dengan bermain video game. Salah satu contohnya ialah Reza Arap atau Jess no limit. Mereka adalah Youtubers gamers Indonesia dengan jumlah subscribers terbanyak se Asia.

Selain itu, game juga bisa berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Game sendiri terdiri dari berbagai macam kategori. Dengan memilih kategori yang tepat, maka kemampuan berpikir seseorang bisa bertambah dengan bermain game tersebut. Untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan otak bisa memainkan beberapa game berikut; sudoku, catur, ataupun scrambler word.

5. Istirahat yang Cukup

meningkatkan daya ingat dengan istirahat yang cukup
tribunnews.com

Mesin atau komputer jika digunakan secara terus menerus pasti akan mengalami yang namanya overheat. Jika sudah terjadi hal tersebut maka kinerja mesin atau komputer itu akan menurun. Begitupun dengan tubuh manusia. Jika kita terus-menerus melakukan pekerjaan dan kurang beristirahat maka bisa mengalami yang namanya kelelahan.

Jika sudah kelelahan, bukan hanya tubuh yang terasa capek tapi pikiran juga. Tubuh manusia dan otak perlu istirahat yang cukup. Dengan istirahat, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengisi kembali energi yang sudah terbuang. Jangan bergadang jika tidak memiliki alasan jelas.

Nah itulah 5 tips meningkatkan daya ingat yang bisa kamu coba. Masih muda kok udah pelupa? Pasti gamau dong di kata-katai seperti itu? Yuk mulai terapkan beberapa cara diatas agar kemampuan otak kamu bisa kembali optimal. Semoga bermanfaat!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular