You are here
Home > Pendidikan >

Tanpa Disadari, 10 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

otak

MediaGo – Otak merupakan organ terpenting pada manusia yang fungsinya sangat kompleks. Mulai dari berfikir, mengingat sesuatu, hingga menggerakkan badan semua berpusat pada otak. Untuk itu, kita wajib sekali menjaga kesehatan otak agar bisa berfungsi dengan semestinya.

Namun, kenyatannya banyak sekali kebiasaan yang bisa merusak otak. Apakah kamu sering melakukannya? Melansir dari berbagai sumber, yuk ketahui beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak, Hati-hati!

Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin sering kamu lakukan dirumah. Untuk itu, stop mulai sekarang agar kesehatan otak terjaga. Berikut 10 kebiasaan yang bisa merusak otak.

1. Kurang Tidur

Seperti yang kita ketahui, tidur yang baik untuk manusia adalah kurang lebih 8 jam per hari. Jika kamu kurang tidur ternyata dapat merusak sel-sel otak secara cepat, dan akan membuatmu cepat merasa lelah serta memiliki suasana hati yang buruk setiap harinya.

Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan tersebut penting sekali untuk selalu mendapatkan tidur malam yang baik seperti yang dianjurkan.

2. Terlalu banyak tidur

Jika tadi kurang tidur dapat menyebabkan otak cepat rusak, ternyata terlalu banyak tidur juga dapat merusak organ penting pada manusia ini, lho. Otak tidak cukup aktif saat kamu tidur dalam waktu yang lama sehingga dapat melemahkan daya pikir.

Selain itu, metabolisme tubuh juga akan menurun dan tubuh menjadi kaku jika kamu terlalu banyak tidur.

3. Kurang minum air putih

Sebanyak 80 persen dari otak adalah air. Oleh karena itu, otak butuh sekali banyak asupan air agar kita dapat berpikir cepat dan fokus. Sangat penting untuk manusia tetap dalam keadaan terhidrasi sepanjang waktu.

4. Tidak sarapan

Kebanyakan orang saat ini memiliki kebiasaan buruk yaitu melewatkan sarapan. Padahal, sarapan sangat penting untuk tubuh yang akan beraktivitas seharian.

Tahukah kamu, melewatkan sarapan akan berakibat pada kadar glukosa darah yang rendah sehingga berdampak negatif pada fungsi otak.

5. Terlalu banyak makan

Makan berlebihan tidak hanya bisa meningkatkan berat badan, tetapi juga bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya muncul seperti gangguan pada otak.

Banyak peneliti mengungkap, asupan kalori tinggi pada jangka waktu yang lama menyebabkan hilangnya memori atau gangguan kognitif ringan (MCI) di masa depan.

6. Konsumsi terlalu banyak gula

Harus kamu ketahui, terlalu banyak mengonsumsi gula atau makanan dan minuman manis ternyata bisa menghambat penyerapan protein dan gizi dalam tubuh.

Akibatnya, perkembangan otak pun akan terhambat dan memungkinkan mengalami terjadinya kekurangan gizi atau malnutrisi.

7. Kebiasaan merokok

Banyak orang yang hanya tahu kalau merokok itu dapat membahayakan paru-paru saja. Padahal, kebiasaan merokok juga ternyata dapat merusak otak loh karena asupan oksigen ke otak akan berkurang.

Merokok juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit Alzheimer dan mengganggu mengganggu reproduksi DNA yang benar, karena amina heterosiklik yang dilepaskan selama pembakaran rokok mengarah ke mutasi yang menyebabkan sel-sel kanker.

8. Kesepian atau selalu sendirian

Dilansir dari TheHealthSite.com, orang-orang yang berada di sekitar kita dapat membuat lebih bahagia dan produktif. Sifat manusia sebagai makhluk sosial menyebabkan interaksi sosial mampu merangsang pikiran dan membuat seseorang bisa tetap waspada dan bahagia.

Sebaliknya, juka kamu terlalu sering mengisolasi diri akan berakibat depresi dan kecemasan. Rasa kesepian juga meningkatkan risiko penurunan kognitif dan terjadinya demensia.

9. Menutup kepala saat tidur

Banyak orang yang tak menyadari kalau menutup kepala saat tidur ternyata dapat mengurangi pasokan oksigen dalam otak. Hindari kebiasaan ini jika kita ingin mendapatkan porsi oksigen yang tepat agar kemampuan berpikir tetap optimal.

10. Mendengarkan musik dengan volume kencang

Banyak orang yang gemar mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume yang tinggi. Padahal kebiasaan ini bisa dapat merusak otak kalian, lho seperti kehilangan memori atau kerusakan jaringan. Stop mulai sekarang ya!

Nah itulah 10 kebiasaan yang dapat merusak fungsi otak. Apakah kamu sering melakukannya? Stay safe terus ya sobat MediaGo!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top