SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan6 Bahaya Membawa Hp ke Kamar Mandi yang Harus Kamu Ketahui!

6 Bahaya Membawa Hp ke Kamar Mandi yang Harus Kamu Ketahui!

MediaGo – Siapa disini yang suka bawa hp ke kamar mandi? Tahukah kamu, ternyata ada bahaya yang mengancam kesehatanmu lho jika melakukan hal tersebut. Berikut beberapa bahaya membawa hp ke kamar mandi yang harus kamu ketahui.

Saat ini HP sudah menjadi barang yang paling utama bagi setiap orang, bahkan saat bangun tidur pun hal yang pertama di cari adalah handphone. Tak hanya itu, banyak orang yang sering membawa hp kemanamupun mereka pergi seakan tak mau ketinggalan, sekalipun ke kamar mandi. Padahal, kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Kok bisa? Apa hubungannya bawa hp ke kamar mandi dengan kesehatan tubuh kita?

Bahaya Membawa Hp ke Kamar Mandi

Dilansir Klik dokter, ternyata membawa HP ke toilet sama dengan menjemput bakteri penyebab penyakit untuk masuk ke tubuh kalian.

Daripada penasaran apa bahayanya, Berikut adalah 6 bahaya jika membawa HP ke kamar mandi.

1. Kamar Mandi Adalah Gudangnya Bakteri

toilet.jpg
Bahaya membawa HP ke kamar mandi / Unsplash

Kamar mandi sumber bakteri, Meski kamu dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang berkumpulnya para bakteri berbahaya dan organisme lainnya yang tak kasat mata. Apalagi jika kamar mandi tersebut digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang penyebaran kuman. Jika kamu membawa HP ke toilet maka berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke tangan.

2. Hp jadi Sumber Bakteri

Kamu juga harus tahu kalau ternyata smartphone adalah salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Alasannya karena HP seringkali kita letakkan di tempat yang belum tentu bersih, jadi bakteri dari satu tempat dan tempat lain berkumpul di gawai kita.

3. Memicu Gangguan Pencernaan

Menurut laman Klikdokter, Salah satu bakteri yang mungkin menempel di HO kamu adalah bakteri Salmonela, penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan.

Selain itu, terdapat juga bakteri Clostridium difficile . Keduanya bisa memicu gangguan di saluran pencernaan.

bawa hp ke wc
Membawa hp ke kamar mandi bisa memicu perpindahan bakteri / iStock

4. Memicu Masalah di Kulit Wajah

Selain bakteri pemicu gangguan pencernaan, terdapat juga bakteri kelompok Staphylococcus yang menyerang area wajah.

Hal inilah yang bisa menyebabkan masalah kulit wajah sebagai efek membawa HP ke toilet karena HP bisa menempel di wajah Kamu saat melakukan aktivitas menelpon

5. Menjadi Distraksi Saat Proses Buang Air Besar

Membawa HP ke toilet membuat Kamu menjadi semakin lama duduk di toilet karena terdistraksi. Secara tidak sadar, memakai HP sambil duduk di kamar mandi bisa meningkatkan tekanan di anus. Hal ini bisa meningkatkan resiko hemoroid atau penyakit ambien.

6. Membuat Otak Lelah

Kadang kita berfikir kalau di kamar mandi selalu muncul banyak ide cemerlang, makanya selalu membawa hp ke kamar mandi. Padahal, kebiasaan ini busa membuat otak Kamu akan semakin lelah karena terus-terusan berfikir mencari ide baru.

Namun, jika memang terpaksa membawa HP ke toilet karena ada urusan penting lewat gadget yang tidak bisa ditinggalkan, ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan:

  1. Selalu mencuci tangan, terutama setelah dari kamar mandi.
  2. Cuci tangan menggunakan sabun dan air ke seluruh permukaan tangan, termasuk di sela-sela jari tangan dan di bawah kuku selama dua puluh detik.
  3. Jika tangan Anda sudah bersih, hindari menyentuh langsung gagang pintu. Anda bisa menggunakan tisu saat menyentuh gagang pintu tersebut.
  4. Jika tidak ada sabun dan air di sekitar Anda, gunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan Anda.
  5. Bersihkan area permukaan HP Anda dengan menggunakan alkohol atau pembersih khusus layar HP.

Nah itulah 6 bahaya membawa HP ke kamar mandi yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang jangan coba-coba deh melakukan hal tersebut jika memang tidak penting-penting amat. Stay safe terus ya, guys!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular