You are here
Home > Kesehatan >

5 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air lemon

Saat ini mengonsumsi air perasan jeruk lemon memang menjadi tren baru yang sedang ramai di media sosial. Umumnya banyak orang yang minum air perasan jeruk lemon ini sebelum memulai aktivitas setiap hari. Tetapi apakah kamu tahu apa saja manfaat air lemon untuk kesehatan? Simak selengkapnya yuk. 

Manfaat air lemon hangat untuk kesehatan

Manfaat air lemon
Manfaat air lemon untuk kesehatan. (Gambar: http://pexels.com)

Lemon sendiri adalah sumber vitamin C alami yang baik bagi tubuh, salah satunya karena bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Seperti jenis buah sitrus lainnya, lemon kaya akan flavonoid yang mampu meningkatkan sistem imun dan memerangi penyakit di dalam tubuh.

Banyak orang suka minum air lemon hangat di pagi hari karena dipercaya bisa melancarkan metabolisme tubuh. Namun, sebenarnya kamu tetap bisa minum air perasan lemon di siang atau sore hari untuk mendapatkan khasiatnya, lho. Melansir penjelasan dari laman SehatQ, berikut ini manfaat air lemon hangat untuk tubuh antara lain sebagai berikut ini.

1. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik

Kamu mungkin sudah sering mendengar terkait dengan anjuran untuk minum 8 gelas per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Namun, kebutuhan seseorang akan air sebetulnya bergantung pada banyak faktor, salah satunya adalah jenis kelamin.

Laki-laki disarankan minum air sebanyak 13 gelas (3 liter) per hari, sedangkan wanita 9 gelas (2 liter). Sumber air ini bisa didapat dari makanan (sup, santan, dan lain-lain) dan minuman (air putih, teh, kopi, dan lain-lain), termasuk air lemon hangat. Namun jumlah asupan air putih juga harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu, ya. 

2. Membangun sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C yang termasuk dalam golongan antioksidan, membawa salah satu manfaat air lemon hangat bagi tubuh. Dengan konsumsi vitamin C harian yang cukup, tubuh tidak akan rentan terkena penyakit musiman, seperti flu dan batuk-pilek.

Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Air perasan jeruk lemon dapat dijadikan salah satu alternatif mendapatkan vitamin C.

3. Membantu menurunkan berat badan

Tidak sedikit orang yang percaya minum air lemon hangat di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, air lemon diyakini dapat membantu melunturkan lemak dari dalam tubuh sehingga bobot akan berkurang.

Anggapan ini didukung oleh hasil penelitian yang menyatakan kandungan antioksidan polifenol dalam lemon dapat menurunkan berat badan pada tikus sebagai hewan uji. Hanya saja, pendapat yang sama belum pernah diuji pada manusia, sehingga manfaat air lemon hangat ini belum dikatakan terbukti secara medis.

4. Mempercantik kulit

Bukan rahasia lagi bahwa vitamin C banyak digunakan dalam produk perawatan kulit alias skin care, karena memiliki khasiat antipenuaan dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Sebetulnya, manfaat air lemon hangat yang satu ini masih kontroversial. Namun pada sebenarnya kamu memang harus memastikan kulit terhidrasi dengan baik agar tetap kenyal dan tidak mudah keriput.

5. Mencegah batu ginjal

Kandungan asam sitrat pada lemon memiliki potensi untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Sebab, sitrat dapat mengurangi tingkat keasaman pada urine sehingga membantu tubuh mengeluarkan batu pada ginjal.

Selain kandungan sitrat pada lemon, minum cukup air setiap hari juga memastikan ginjal dapat berfungsi dengan baik. Jika  tidak memiliki sumbatan maupun urine yang mampet, kemungkinan terjadinya batu ginjal juga akan berkurang.

Nutrisi dalam air lemon

Manfaat air lemon
Nutrisi dalam air lemon. (Gambar: http://pexels.com)

Berbagai manfaat air lemon tersebut berasal dari kandungan sederet vitaminnya. Berikut ini nutrisi yang ada pada setiap 48 gram air perasan lemon.

  • Kalori: 10,6
  • Vitamin C: 18,6 miligram (21% rekomendasi konsumsi harian)
  • Folat: 9,6 mikrogram (2%)
  • Kalium: 49,4 miligram (1%)
  • Vitamin B-1: 0,01 miligram (1%)
  • Vitamin B-2: 0,01 miligram (1%)
  • Vitamin B-5: 0,06 miligram (1%)

Walaupun nutrisinya tidak menonjol selain kandungan vitamin C di dalamnya, air lemon tetap baik untuk dikonsumsi karena rasanya yang menyegarkan. Kamu juga dapat mencampur lemon dengan bahan alami lain untuk menambah cita rasanya, seperti daun mint atau kayu manis.

Efek samping minum air lemon berlebihan

Manfaat air lemon
Efek samping minum air lemon berlebihan. (Gambar: http://pexels.com)

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tetapi perlu juga kamu perhatikan bahwa minum air lemon berlebihan mampu menimbulkan efek samping, lho. Air perasan lemon sangat miskin nutrisi sehingga kamu harus tetap wajib memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi lainnya lewat asupan makanan yang lain, ya. 

Tak hanya itu saja, kandungan asam sitrat pada lemon juga dapat merusak gigi jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk mencegah hal ini, pastikan minum air lemon hangat (bukan panas) dan bila perlu, gunakan sedotan ramah lingkungan agar air lemon tidak langsung terkena gigi saat berada di mulut.

Baca juga: Selain Kopi, Ini 5 Minuman Anti Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top