SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan6 Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah, Dijamin Ampuh!

6 Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah, Dijamin Ampuh!

MediaGo, Cara berhenti merokok – Seperti yang kita semua ketahui, merokok bisa membahayakan kesehatan. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa kandungan nikotin dalam sebatang rokok bisa merusak paru-paru.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tetap merokok walaupun sudah diberi peringatan mengerikan tentang bahaya rokok dalam setiap kemasan yang dijual seperti gambar paru-paru menghitam ataupun leher yang bolong.

Pernah gak kalian para pecandu rokok berfikir untuk berhenti merokok? Memang kelihatannya akan sulit untuk mengakhiri semua itu. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa ya guys. Kamu bisa mengikuti beberapa cara berhenti merokok berikut ini.

Cara Berhenti Merokok Dengan Permanen

cara berhenti merokok dengan permanen
cara berhenti merokok by suara.com

Untuk kamu pecandu berat yang ingin berhenti, mungkin beberapa cara berhenti merokok yang efektif berikut ini bisa membantu dan kamu bisa terbebas dari asap rokok untuk selamanya. Yuk langsung saja simak ulasannya.

1. Lakukan terapi khusus

Untuk kamu yang susah berhenti, tips yang pertama adalah dengan cara meminta bantuan para ahli terapi untuk menghilangkan rasa kecanduan kamu terlebih dahulu. Sekarang sudah banyak ahli kesehatan yang bisa menyembuhkan para perokok berat dengan cara terapi.

Walaupun harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk biaya terapi, akan tetapi hasilnya pun akan memuaskan karena memiliki tubuh yang sehat juga cukup mahal demi mendapatkannya.

2. Hindari teman perokok

Jika kamu ingin berhenti merokok, mulailah dengan langkah kecil seperti menghindari teman perokok. Karena kamu bisa terbawa oleh mereka untuk menghisap rokok ataupun asapnya.

Ketika sedang bersama teman perokok, tidak mungkin kan kalian duduk berjauh-jauhan? Harus kamu tahu bahwa perokok pasif juga sangat terancam kesehatannya.

Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan untuk memilih teman yang baik dalam hal tidak merokok. Kalau kalian ingin berhenti merokok, berbaurlah dengan mereka yang tidak merokok. Poin ini tidak melarang kalian bergaul dengan siapa saja ya. Intinya harus pandai memposisikan diri ketika teman kamu sedang merokok atau berteman dengan perokok berat.

3. Coba kurangi sedikit demi sedikit

Kalo sudah ketergantungan pastinya akan sulit untuk melepaskan. Dalam kasus ini adalah merokok. Banyak orang yang perokok berat menyadari bahwa itu adalah kebiasaan buruk dan ingin coba berhenti. Namun hal itu tidak semudah yang dibayangkan. mereka gagal berhenti karena menargetkan langsung benar-benar berhenti merokok. Itu akan sangat sulit.

Jika ingin berhenti, cobalah dengan mengurangi sedikit demi sedikit. Misalnya jika kamu merokok 1 bungkus setiap hari, cobalah kurangi jadi setengah bungkus atau hanya beberapa batang saja. Pokoknya jangan sekaligus berhenti karen akan susah.

Walaupun akan memakan waktu yang cukup lama, jika kita tetap teguh dalam pendirian ingin berhenti maka pasti akan bisa. Semangat!

4. Sibukan diri sendiri dengan hal positif

Kenapa orang bisa merokok? Itu karena ada niat, uang, dan waktu. Ketika ada waktu kosong, mereka akan menggunakan kesempatan itu untuk merokok. Bahkan ada orang yang tengah sibukpun masih bisa curi kesempatan untuk merokok. Jadi, hal ini harus dicari jalan keluarnya.

Untuk itu, jika kamu selalu ingin merokok ketika waktu luang, cobalah untuk mengisi waktu tersebut dengan hal-hal lain yang lebih positif. 

Seperti misalnya makan, minum, mengerjakan pekerjaan untuk hari esok, atau bisa juga dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Buat diri kamu sesibuk mungkin agar niat untuk merokok tidak pernah terlintas di kepala. Cukup mudah kan?

5. Jangan lupa atur juga pola makan

Bukan hanya baik untuk kesehatan badan, mengatur pola makan juga ternyata bisa mendukung kalian dalam proses berhenti merokok. Ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi lalu rasa ingin merokok muncul. Inilah yang harus kita cari solusinya.

Ada studi yang mengatakan bahwa merokok setelah mengkonsumsi daging ternyata bisa membuat rasa dari rokok tersebut lebih enak dari biasanya. Lantas makanan apa yang harus kita konsumsi agar keingingan merokok setelahnya hilang?

Cobalah dengan makan keju, buah, dan sayur. Ternyata makanan ini bisa membuat selera merokok kamu turun bahkan hilang, lho.

6. Buat rencana yang sangat matang

Semua cara diatas jika tidak dibarengi dengan rencana yang sangat matang maka akan berujung sia-sia. Karena berhenti merokok itu tak semudah membelinya. Sangat sulit jika sudah kecanduan.

Tentukan tanggal awal dimana kamu akan memutuskan untuk berhenti merokok dan usahakan harus konsisten memegang teguh pendirian untuk bisa berhenti merokok. Maka, jika muncul lagi niatan untuk merokok, ingat lagi apa tujuan kamu berhenti merokok.

Nah itulah 6 cara efektif untuk berhenti merokok yang bisa kamu terapkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu pecandu berat. Semangat menjalani hidup sehat ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular