You are here
Home > News >

Berpeluang Tambah Medali, Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo Senin 26 Juli

Olimpiade Tokyo

Olimpiade Tokyo 2020 yang kini sedang berlangsung tentu menyita banyak perhatian masyarakat karena prestasi yang berhasil diraih oleh Indonesia. Diketahui bahwa, Indonesia sampai dengan hari kedua Minggu (25/7/2021) malam WIB, telah menjadi negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan koleksi medali. Berpeluang tambah medali, simak yuk jadwal Olimpiade Tokyo 2020, Senin 26 Juli 2021.

Klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020 hari kedua, Indonesia terbanyak di ASEAN 

Olimpiade Tokyo
Klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. (Gambar: http://cnnindonesia.com)

Melansir penjelasan dari laman Kompas, Indonesia sejauh ini sudah mengoleksi dua medali, dengan rincian perolehan yaitu satu perak dan satu perunggu. 

Medali kedua Indonesia dipersembahkan oleh atlet angkat besi senior, Eko Yuli Irawan, pada Minggu (25/7/2021) sore WIB. Turun di kelas 61 kg putra, Eko Yuli Irawan sukses meraih medali perak dengan total angkatan 302 kg. 

Rincian dari total angkatan terbaik Eko Yuli Irawan adalah 141 kg snatch dan 165 kg clean & jerk. Meski medali emas masih luput, Eko Yuli Irawan berhasil mengukir sejarah berkat keberhasilan mendapatkan perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Eko Yuli Irawan kini menjadi atlet Indonesia dengan koleksi medali Olimpiade terbanyak sepanjang sejarah. Secara keseluruhan, Eko Yuli Irawan saat ini sudah mengoleksi empat medali Olimpiade sejak melakoni debut di ajang empat tahunan itu pada Beijing 2008. 

Kemudian adapun medali pertama Indonesia juga dipersembahkan oleh atlet angkat besi, yakni Windy Cantika Aisah, pada Sabtu (24/7/2021). Windy Cantika Aisah yang kini masih berusia 19 tahun sukses meraih medali perunggu ketika turun di kelas 49 kg putri. 

Dengan raihan perak dan perunggu, Indonesia untuk sementara menjadi negara Asia Tenggara yang sudah mengoleksi dua medali di Olimpiade Tokyo 2020. Walaupun demikian, Indonesia masih berada di bawah Thailand di klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020. Alasannya, karena Thailand sudah mengoleksi satu medali emas dari cabor Taekwondo nomor 49 kg putri. 

Indonesia saat ini menempati peringkat ke-19 klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. Di sisi lain, Thailand untuk sementara menempati urutan ke-11 dengan raihan satu medali emas. Dikutip dari situs resmi Olimpiade Tokyo, jika dihitung dari jumlah total perolehan medali (rank by medal), Indonesia menempati peringkat ke-9. 

Di sisi lain, Thailand dengan satu medali emas kini menempati urutan ke-22 dalam daftar klasemen jumlah medali Olimpiade Tokyo 2020. 

Jadwal wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Senin 26 Juli 2021

Olimpiade Tokyo
Jadwal Olimpiade Tokyo. (Gambar: http://cnnindonesia.com)

Jadwal Olimpiade Tokyo pada hari ini, Senin 26 Juli 2021 akan diisi perjuangan atlet Indonesia di tiga cabang olahraga. Cabang panahan berpeluang menambah koleksi medali bagi Merah Putih. Ketiga cabang olahraga yang akan diikuti wakil Indonesia itu adalah panahan beregu putra, selancar dan badminton. Hari ini Indonesia berpeluang meraih medali dari cabang panahan. 

Arif Dwi Pangestu, Alviyanto Bagas Prastyadi dan Riau Ega Salsabila akan bertanding melawan wakil Inggris di babak penyisihan. Jika lolos dari hadangan Inggris, Indonesia akan menghadapi Belanda di babak perempat final. Partai final sendiri rencananya akan digelar pada Senin sore.

Sementara peselancar Indonesia Rio Waida akan menghadapi wakil tuan rumah Kanoa Igarashi pada babak 16 besar. Rio lolos ke 16 besar setelah menempati posisi kedua pada babak penyisihan putaran kedua Ahad kemarin.

Sementara dari cabang badminton, empat wakil Indonesia dari nomor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran akan bertanding. Pasangan ganda campuran Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti berpeluang lolos ke babak perempat final sebagai juara Grup C jika berhasil meraih kemenangan atas wakil tuan rumah Yuta Watanabe / Arisa Higashino.

Sementara tiga wakil lainnya adalah pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan dan pasangan ganda putri Greysia Polii / Apriyani Rahayu.

Berikut ini jadwal Olimpiade Tokyo yang akan diikuti wakil Indonesia pada hari ini:

1. Panahan

Beregu Putra – 08.00 WIB – Indosiar dan ChampionsTV1

2. Bulu tangkis:

08.40 WIB – Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (4) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) – Indosiar dan ChampionsTV1

10.40 WIB – Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1) vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) – Indosiar dan ChampionsTV1

16.00 WIB – Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris Raya) – Indosiar dan ChampionsTV1

17.20 WIB – Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) – Indosiar dan ChampionsTV1

Kontingen Indonesia sejauh ini telah meraih dua medali di Olimpiade Tokyo. Kedua medali itu dipersembahkan dari cabang angkat besi. Lifter belia putri Windy Cantika Aisah meraih medali perunggu sementara lifter senior Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perak.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Kesehatan Otak yang Bisa Kamu Lakukan Saat Waktu Luang

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top