SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, June 19, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanAmpuh dan Cepat, Ini 6 Cara Mengatasi Mata Sembap Setelah Menangis

Ampuh dan Cepat, Ini 6 Cara Mengatasi Mata Sembap Setelah Menangis

Mengalami mata sembap setelah menangis memang kondisi yang sulit untuk dihindari. Masalahnya mata sembab ini membuat penampilan kita seperti tidak segar dan tentu saja tak seperti biasanya. Tak jarang nih ada agenda yang harus kita hadiri secepatnya, seperti meeting online dadakan. Tentu saja hal itu sangat mengganggu penampilan bukan? Demi mengurangi kondisi tersebut, berikut ini beberapa tips mengatasi mata sembap setelah menangis.

Mengapa mata sembap setelah menangis? 

mata sembap setelah menangis
Mata sembap setelah menangis. (Gambar: http://scienceabc.com)

Ketika menangis, cairan berkumpul di jaringan sekitar mata dan kelopak mata. Inilah alasannya mengapa menangis terlalu lama bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Terkadang, menangis terlalu lama juga bisa membuat seseorang susah tidur sehingga mengalami mata panda.

Namun tak hanya karena menangis, mata sembap juga bisa terjadi akibat dari kurang tidur yang dapat menyebabkan kulit menjadi pucat dan kusam. Hal tersebut memungkinkan jaringan menjadi gelap dan pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat.

Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan penumpukkan cairan di bawah mata, sehingga membuat mata sembap dan terlihat bengkak. Biasanya, kurang tidur juga menimbulkan kantung mata dan area bawah mata menjadi gelap.

Cara tepat untuk mengatasi mata sembap setelah menangis

Tak usah khawatir, ada beberapa cara cepat dan tepat yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi mata sembap.

1. Kompres mata dengan irisan mentimun

Mata sembap setelah menangis
Kompres dengan mentimun. (Gambar: http://womantalk.com)

Kamu pasti udah sering melihat, orang memakai masker sambil menggunakan irisan mentimun di bagian matanya. Irisan mentimun adalah sayuran yang dikenal memiliki manfaat bagi kecantikan, salah satunya untuk mengatasi mata sembap karena menangis.

Mentimun memiliki kandungan enzim dan astringen yang bisa membantu mengurangi peradangan. Selain mengurangi pembengkakan mata sembap, irisan mentimun ini juga bisa membantu menghilangkan lingkaran hitam mata panda lho. 

2. Kompres dengan teh

Mata sembap setelah menangis
Kompres dengan teh. (Gambar: http://liputan6.com)

Selain menggunakan waslap dingin, kamu juga bisa mengatasi mata sembap dengan kompres kantung teh. Caranya, cukup basahkan dua kantung teh, kemudian dinginkan di dalam lemari pendingin selama 15-20 menit.

Setelah dingin, ambil kantung teh tersebut dan letakkan di area mata selama 30 menit. Kandungan kafein di dalam teh, terutama teh hitam, dan suhu dingin dari kantung teh tersebut dapat membantu meringankan pembengkakan pada mata yang membuat mata menjadi sembap.

3. Kompres menggunakan sendok dingin

mata sembap setelah menangis
Kompres dengan sendok dingin. (Gambar: http://jogja.tribunnews.com)

Sendok di dapurmu ternyata juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi masa sembap. Tapi sendoknya harus kamu masukkan dulu ke dalam freezer selama 10 hingga 20 menit lamanya. Jangan lupa pastikan agar sendok yang kamu masukkan ke kulkas adalah sendok bersih. Setelah sendok cukup dingin, tekan sendok secara lembut di area bawah mata. Kamu bisa memulainya dari arah bagian mata dalam hingga bagian mata luar.

4. Kompres dengan handuk dingin

mata sembap setelah menangis
Kompres dengan handuk dingin. (Gambar: http://klikdokter.com)

Segala sesuatu yang dingin pada dasarnya bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Cara cepat atasi mata sembap yang bisa kamu coba dengan menggunakan handuk dingin. Pertama sediakan mangkuk kecil yang berisi air dingin. Masukkan handuk kecil, hingga terendam semuanya lalu peras. Pakaikan handuk dingin ke bagian mata bengkak. Kompres mata bengkak menggunakan handuk dingin dengan sedikit pijatan.

5. Gunakan rol mata

mata sembap setelah menangis
Roll mata. (Gambar: http://productnation.co)

Rol mata dilengkapi dengan gel pendingin yang mengandung kafein, sehingga memiliki efek yang sama seperti kantung teh, yaitu meredakan mata bengkak, serta mendinginkan dan melembapkan mata.

6. Tidur yang cukup

mata sembap setelah menangis
Tidur yang cukup. (Gambar: http://klikdokter.com)

Saat sedang stres atau mengalami tekanan emosional yang berat, tak jarang seseorang menangis semalaman dan menjadi sulit tidur. Untuk mengatasi mata sembap, jangan lupa juga untuk tidur yang cukup, ya.

Orang dewasa butuh tidur sekitar 7 – 9 jam setiap malamnya. Saat tidur, coba tinggikan kepala sedikit untuk membantu mengurangi pembengkakan pada mata. Sebenarnya mata sembap setelah menangis bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 1-2 hari.

Akan tetapi, jika mata sembap yang kamu alami menimbulkan rasa nyeri di mata, pandangan menjadi kabur, mata terasa silau, atau gangguan penglihatan, maka disarankan untuk segera menghubungi dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Bukan Mitos, Ini 7 Penyebab Mata Kedutan yang Kamu Alami

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular