You are here
Home > Kesehatan >

6 Nutrisi Penting MPASI Bayi Usia 6 Bulan

6 Nutrisi Penting MPASI Bayi Usia 6 Bulan
Bagikan

MediaGo – Bayi usia 6 bulan sudah bisa dikenalkan dengan asupan makanan lain selain Air Susu Ibu (ASI). Asupan itu dikenal dengan nama Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Namun, pemberian MPASI harus tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi.

Orangtua khususnya ibu harus tahu bahwa ada kandungan nurisi yang harus diperhatikan dalam MPASI. Ikatan Dokter Anak Indonesia menjelaskan, energy yang dibutuhkan dari MPASI pada bayi usia 6-8 bulan sekitar 200 kkal per hari. Sementara bayi usia 9-12 bulan membutuhkan 300 kkal per hari.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan itu, maka ada panduan nutrisi yang harus diperhatikan dalam pemberian MPASI. Berikut ini 6 nutrisi penting dalam MPASI untuk bayi usia 6 bulan.

1. Karbohidrat

Bayi usia 6 bulan sudah membutuhkan energi untuk dirinya bergerak. Maka kandungan karbohidrat menjadi penting sebagai salah satu nutrisi dalam MPASI. Sumber utama karbohidrat ini bisa berasal dari beras, singkong, kentang, dan ubi.

2. Protein

Protein bisa berupa protein hewani atau nabati. Protein ini berguna untuk membangun otot dan membentuk sel-sel tubuh. Sumber protein hewani dapat diperoleh dari daging atau hati ayam, daging sapi, ikan, dan telur. Sedangkan sumber nabati bisa berasal dari kacang merah, kacang hijau, buncis, atau tempe.

3. Lemak

Lemak ini berguna untuk membantu perkmebangan fisik, otak hingga metabolism bayi. Lemak juga bisa membantu penyerapan vitamin A, D,E, dan K. Sumber lemak bisa diambil dari minyak zaitun, santan, mentega atau margarin yang dicampur dalam MPASI, tetapi harus esuai takarannya.

4. Vitamin

Sumber vitamin ini bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, mangga, papaya, pisang, tomat, wortel, brokoli, sawi, dan bayam.

Baca Juga:  Alasan Bayi Diberi MPASI Setelah 6 Bulan

5. Kalsium

Kalsium berguna untuk pembentukan dan memperkuat tulang yang kuat pada tubuh. Sumber kalsium ini bisa diperoleh dari susu, yoghurt, kuning telur, dan ikan.

6. Zat Besi

Zat besi ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Selain itu, zat besi juga berguna untuk membantu perkembangan otak dan perkembangan motorik dan memori bayi. Sumber zat besi ini bisa berasal dari daging, telur, ayam, ikan, brokoli, alpukat, dan bayam.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top