SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, April 10, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

Salah kegiatan yang wajib dilakukan semua orang tua yang memiliki bayi baru lahir adalah tummy time. Tahukah Anda bahwa tummy time memberikan banyak manfaat untuk perkembangan bayi? Ternyata ada banyak manfaat tummy time untuk bayi yang bisa menstimulasi tumbuh kembangnya dengan maksimal.

Aktivitas tummy time atau waktu perut dan juga dikenal dengan latihan tengkurap pada bayi ini tidaklah sulit. Bahkan manfaat tummy time untuk bayi ini juga bisa dirasakan dengan baik, apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Bayi senang, begitupun juga dengan orang tua.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melahirkan Bayi, Pertanda Baik atau Buruk?

Biasanya bayi akan menghabiskan waktu dengan terlentang, jadi kalau menerapkan tummy time akan memainkan peranan penting untuk tumbuh kembangnya. Berikut cara dan manfaat tummy time untuk bayi yang perlu orang tua ketahui!

Kapan Waktu Tummy Time yang Baik?

Kapan Waktu Tummy Time yang Baik

Dilansir dari American Academy of Pediatrics, tummy time direkomendasikan agar tidak ditunda dan segera dilakukan dalam beberapa hari setelah bayi lahir. Jadi bisa dilaksanakan di rumah setelah pulang dari RS. 

Walau begitu kalau Anda bertanya kapan bayi bisa melakukan tummy time? Sebenarnya tidak ada aturan baku usia ideal bayi untuk melakukan tummy time. Ini karena manfaat tummy time untuk bayi sangat banyak, sehingga tidak ada salahnya kalau bayi Anda melakukannya sesegera mungkin.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Memilih Mainan untuk Bayi 4 Bulan

Bagaimana jika bayi jarang tummy time? Biasanya perkembangan bayi akan sedikit lambat dibanding yang sering tummy time. Namun bagi bayi yang lahir prematur, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak.

Manfaat Tummy Time untuk Bayi

Manfaat Tummy Time untuk Bayi

1. Membantu Perkembangan Keterampilan Motorik Kasar Pada Bayi

Bayi yang sedang dilatih melakukan tummy time akan belajar banyak motorik kasar. Mulai dari keseimbangan tubuh, mengangkat kepala, berguling, bergerak maju hingga merangkak. Sehingga akan menguatkan kekuatan otot inti, punggung, leher dan lengan. Bayi akan terstimulasi maksimal sesuai dengan usianya.

2. Mencegah Plagiocephaly dan Risiko Kelainan Bentuk Tengkorak

Biasanya orang tua yang memiliki bayi newborn sangat khawatir kalau kepala bayi peyang datar atau disebut dengan istilah medisnya plagiocephaly. Dengan melakukan tummy time pada bayi dengan baik, bentuk kepala bayi akan bulat sempurna.

3. Meningkatkan Perkembangan Sensorik

Dengan melakukan posisi dan gerakan tubuh yang berbeda, bayi akan belajar menggerakkan seluruh tubuhnya dengan baik. Selain itu akan meningkatkan kemampuan visual karena melihat dunia dengan cara yang berbeda. Hal ini pasti akan sangat menarik perhatian bayi, sehingga dia akan sangat menyukai kegiatan tummy time ini. 

4. Meningkatkan Bonding Orang Tua dan Anak

Salah satu cara untuk meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi adalah dengan melakukan tummy time. Ajak bayi melakukan tummy time dengan menyenangkan, pasti seru!

Cara Melakukan Tummy Time yang Benar 

Cara Melakukan Tummy Time yang Benar 

Sebenarnya melakukan tummy time itu sangat mudah. Anda cukup meletakkan bayi dengan posisi tengkurap, sehingga perutnya langsung menempel pada kasur atau alas.

Berapa lama tummy time bayi 1 bulan? Anda cukup melakukan sesi latihan ini selama 3 menit sebanyak 2–3 kali dalam sehari. Nanti seiring bertambahnya usia bayi, waktu latihan bisa diperpanjang hingga total 20–30 menit sehari. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Huruf R Islami Modern Untuk Si Buah Hati Beserta Artinya

Mungkin di awal sesi tummy time, anak akan rewel dan menangis. Anda tidak perlu melakukannya dalam waktu lama, bisa mulai 1-2 menit saja dan tinggal ditambah waktunya seiring usia. 

Lakukan saat mengganti popok, setelah mandi atau sehabis bangun tidur. Jangan lakukan sehabis menyusu ya, karena bisa menekan perut dan muntah. Selain itu, jangan meninggalkan bayi saat melakukan tummy time karena sangat berbahaya. Tetap awasi bayi dengan baik dan bila bayi sudah capek bisa langsung dikembalikan lagi ke posisi terlentang. 

Sangat mudah kan melakukan tummy time untuk bayi. Manfaat tummy time juga sangat besar, salah satunya membuat lebih erat hubungan bondingnya, lalu tumbuh kembang bayi juga akan berkembang lebih maksimal. Selamat mencoba!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular