You are here
Home > Kesehatan >

Tidur Hingga Memasak, Ini 7 Cara Sederhana untuk Melepaskan Stres

Cara sederhana untuk melepaskan stres
Bagikan

Kebanyakan orang lebih memilih berjalan-jalan ke luar kota atau bahkan luar negeri untuk melepaskan stres. Namun apabila kamu anak rumahan, ternyata juga ada cara sederhana untuk melepaskan stres, lho. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan stres.

Cara sederhana untuk melepaskan stres 

Cara sederhana untuk melepaskan stres
Cara sederhana untuk melepaskan stres. (Gambar: http://pexels.com)

1. Tidur

Tidur adalah cara yang sangat baik melepaskan lelah dan menenangkan pikiran. Kapan pun kamu merasa malas melakukan apa pun, tidurlah dan perasaan pasti akan membaik. Banyak penelitian juga menemukan bahwa tidur memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk melepaskan stres.

Obat stres yang satu ini patut kamu pertimbangkan. Karena seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa tidur dapat membantu memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, dan juga menyegarkan tubuh. Buatlah suasana kamar atau tempat tidur senyaman mungkin dan tentukan waktu tidur yang sama setiap harinya.

2. Nonton film

Nonton film juga jadi cara sederhana untuk melepas stres, apalagi jika kamu baru saja rampung dengan segala pekerjaan kantor. Nonton film sebagai hiburan mampu memberikan stimulasi positif kepada otak sehingga otak cenderung melepaskan hormon dopamin ke dalam tubuh agar tubuh merasa rileks.

Film bergenre komedi pun bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Manfaat menonton film dengan genre komedi adalah mengurangi kecemasan. Pasalnya, melalui tawa pikiran lebih rileks. Alhasil secara tidak langsung akan mengurangi kecemasan. Jika sedang merasa cemas bisa menjadikan ini sebagai solusi alternatif. Selain itu, seseorang yang mempunyai rasa humor tinggi, kecemasan yang dirasakan begitu rendah.

3. Memasak 

Memasak secara mengejutkan juga mampu melepaskan stres bagi banyak orang. Memasak memberikan kesempatan seseorang untuk memegang kendali, berkreasi, menstimulasi pikiran kreatif dan memicu adrenalin dalam konteks yang positif selain merasa bangga dan puas diri jika masakan yang dibuat ternyata enak.

Baca Juga:  Cara Efektif Meredakan Stres yang Mudah Dilakukan

4. Mendengarkan musik

Setelah lelah mengerjakan banyak hal, mendengarkan musik memang momen healing yang santai dan membuat stres hilang. Pilih saja musik favoritmu dan nikmati irama yang dihasilkan dari lagu yang kamu dengarkan. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami dibandingkan mereka yang tidak. Ini karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Selain itu, manfaat musik juga dapat mengurangi gejala depresi. Meski demikian, selera musik setiap orang bisa saja berbeda-beda, sehingga manfaat musik yang diperoleh pun perlu disesuaikan dengan jenis musik yang disukai.

5. Minum teh

Minum teh juga menjadi cara sangat sederhana tapi efektif membuat seseorang merasa lega dan membuat perasaan lebih baik. Aroma wangi teh dipadu dengan kehangatan yang ringan di tenggorokan secara alami merangsang pelepasan hormon bahagia sehingga stres bisa berkurang.

6. Bermain dengan hewan peliharaan 

Memelihara hewan mungkin saja terasa merepotkan untuk sebagian orang. Mereka harus menyisihkan waktu ekstra untuk merawat hewan peliharaan dengan baik dan menjadikannya sebagai bagian dari keluarga. Kita wajib untuk memberikan makannya secara teratur, memandikannya, memberi vaksin, dan membersihkan kotorannya agar tidak menjadi sumber penyakit. Namun bagi penyayang binatang, merawat dan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan adalah kegiatan mengasyikan yang tidak akan membuat mereka merasa bosan.

Di balik hal itu, ternyata telah banyak studi yang menyatakan bahwa memiliki hewan peliharaan memberikan sumbangan yang besar terhadap kesehatan mental. Sebuah studi yang telah dilansir Medical News Today juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental seperti depresi, schizophrenia, bipolar disorder, dan orang-orang yang mengalami trauma.

Baca Juga:  5 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa, dengan memiliki hewan peliharaan orang-orang tersebut akan memiliki perasaan stabil, membangkitkan rasa semangat dalam menjalani hidup, dan memberikan makna mendalam terhadap kehidupan mereka. 

 7. Nonton video lucu

Jika tak punya hewan peliharaan, coba nonton video lucu hewan-hewan di ponselmu atau video lucu apa pun yang kamu minati. Stres secara alami akan hilang jika kamu merasa senang dan tertawa. Jadi pilih video apa pun yang membuatmu bisa tertawa.

Itulah beberapa cara sederhana untuk melepaskan stres yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba, ya. 

Baca juga: 7 Manfaat Yoga Bagi Remaja, Tingkatkan Kesehatan Fisik Hingga Mengatasi Stres


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top