You are here
Home > Kesehatan >

7 Manfaat Yoga Bagi Remaja, Tingkatkan Kesehatan Fisik Hingga Mengatasi Stres

Manfaat yoga bagi remaja

Saat ini yoga memang sedang banyak dilakukan oleh para wanita muda hingga paruh baya. Selain menyeimbangkan pikiran dan melatih kesabaran, yoga juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh, lho. Perlu kamu tahu bahwa tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa, berikut ini deretan manfaat yoga bagi remaja.

Manfaat yoga bagi remaja 

Melansir penjelasan dari laman Psychology Today, berikut ini beberapa manfaat yoga bagi remaja: 

1. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan fisik

Manfaat yoga bagi remaja
Meningkatkan kebugaran dan kesehatan fisik. (Gambar: http://pixabay.com)

Yoga menjadi latihan fisik yang menyenangkan bagi remaja. Sebenarnya saat sedang bermain, anak-anak hingga remaja sering melakukan berbagai pose yoga. Dengan adanya pelatih, mereka akan lebih aman melakukan berbagai pose tersebut.

Para remaja yang berpartisipasi dalam yoga umumnya akan mengembangkan hubungan yang kuat dengan kesadaran dan gerakan tubuh. Pose yang mereka lakukan saat yoga sangat membantu meningkatkan koordinasi, keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas.

2. Meningkatkan konsentrasi 

Salah satu manfaat yoga adalah melatih konsentrasi. Namun hal ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, para remaja pun juga bisa melatih konsentrasi dengan melakukan yoga. Maka tak heran jika sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja yang berlatih yoga memiliki nilai yang lebih di sekolah dan meningkatkan konsentrasi saat belajar.

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah salah satu gangguan perkembangan yang paling umum pada anak-anak dan remaja dan mempengaruhi 1 dari 10 anak. 

Penelitian seperti yang dilansir dari laman Psychology Today telah menemukan bahwa anak-anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas yang berlatih yoga sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan perilaku mereka serta kinerja selama di sekolah.

3. Meningkatkan rasa optimisme

Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat membantu membangun rasa optimisme. Selama masa ketika anak-anak dan remaja melihat ke masa depan, yoga dapat membangun rasa harapan untuk masa depan. Yoga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak yang sedang tumbuh menjadi remaja. Penerimaan tentang tubuh mereka jauh lebih baik dibandingkan anak perempuan yang tidak melakukan latihan yoga.

Baca Juga:  15+ Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah dan Ampuh

4. Mengurangi stres dan kecemasan pada remaja 

Manfaat yoga bagi remaja
Mengurangi rasa cemas pada remaja. (Gambar: http://pixabay.com)

Sekolah menengah dapat menjadi masa yang penuh tekanan dengan tantangan akademik dan masalah pribadi. Yoga, melalui pernapasan dan kesadaran, memberikan ruang untuk melangkah mundur dan mengatur respons terhadap stres dengan cara yang tenang dan bijaksana.

Oleh sebab itu, yoga sering menjadi terapi bagi remaja putri yang mengalami masalah gangguan makan, seperti bulimia, anoreksia, atau gangguan makan berlebih. Manfaat yoga dapat membantu para remaja yang mengalami kecemasan, dan membuat mereka mengetahui kekuatan tubuhnya ketimbang memberi kritik negatif pada bentuk tubuh.

5. Membuat bentuk tubuh remaja menjadi lebih baik 

Remaja yang berlatih yoga teratur biasanya memiliki postur tubuh yang tegap dan memperbaiki postur tulang belakang yang sering terganggu karena aktivitas pasif seperti seringnya bermain game atau komputer.

6. Mendorong kreativitas remaja 

Yoga mendorong kreativitas dan kesenangan, tidak hanya mengembangkan fleksibilitas fisik tetapi juga fleksibilitas pikiran. 

7. Meningkatkan disiplin diri 

Yoga yang diajarkan dengan penuh perhatian memiliki keunggulan signifikan dibandingkan aktivitas fisik tradisional. Yoga mampu mengurangi perilaku impulsif, meningkatkan kesabaran, dan meningkatkan kemampuan untuk mengatur perhatian. 

Yoga dapat memberi remaja keterampilan untuk menavigasi tantangan dan membangun fondasi inti yang bermanfaat bagi pikiran dan tubuh selama masa remaja. 

Apa saja bedanya yoga untuk orang dewasa dan remaja?

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang begitu besar antara yoga untuk remaja dan orang dewasa. Anak-anak dan remaja cenderung tidak memiliki rasa takut untuk mencoba berbagai pose, tubuh mereka juga cenderung lebih lentur dibandingkan orang dewasa. Hal itu memudahkan mereka mengikuti langkah demi langkah dan tahapan menuju pose yang lebih sulit di bawah pengawasan instruktur yoga.

Baca Juga:  Perlu Diperhatikan, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan saat Diet

Demikian halnya dengan latihan pernapasan. Remaja juga akan menerima pelajaran ini. Mereka akan belajar bagaimana melatih pernapasan, sehingga beberapa detik kemudian, masuk dalam efek menenangkan pikiran. Gabungan latihan fisik dan latihan pernapasan ini akan membantu anak-anak dan remaja tetap fokus.

Itulah beberapa manfaat yoga bagi remaja. Apabila kamu tertarik untuk mengikuti yoga, sebaiknya sangat disarankan untuk menghubungi klub yoga yang menyediakan instruktur khusus. 

Baca juga: Bisa Picu Penyakit Mematikan, Ini Bahaya Mager yang Harus Diwaspadai

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top