You are here
Home > Kesehatan >

Wajib Tahu, Ini 7 Obat Sariawan Alami yang Ampuh

Obat sariawan alami

Ketika seseorang mengalami sariawan umumnya mereka akan kesulitan untuk makan dan minum. Tentu saja hal itu mengganggu aktivitas sehari-hari, demi mengatasi rasa nyeri yang timbul berikut ini beberapa obat sariawan alami yang bisa kamu gunakan. 

Obat sariawan alami 

Melansir penjelasan dari laman Hello Sehat, berikut ini beberapa obat sariawan alami yang efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat sariawan: 

1. Berkumur dengan larutan garam

obat sariawan alami
Kumur air garam. (Gambar: http://lifestyle.kompas.com)

Garam telah banyak masyarakat Indonesia gunakan sebagai obat sariawan karena ampuh mengobati sariawan. Larutan garam bisa membatasi pertumbuhan bakteri dalam mulut dengan menyerap kelembapan, mengembalikan keseimbangan pH, dan mengurangi peradangan.

Selain garam, baking soda juga bisa kamu gunakan untuk membuat larutan ini. Siapkan gelas bersih dan tambahkan satu sendok teh garam atau baking soda. Kemudian seduh dengan air panas kira-kira 1/4 hingga 1/2 gelas dan aduk hingga larut.

Gunakan larutan air garam untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik hingga menjangkau seluruh bagian mulut, lalu keluarkan. Bila perlu, bilas dengan minum air putih untuk menghilangkan rasa asin yang tertinggal. Ulangi berkumur 3 hingga 4 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

2. Es batu

Dingin dari es batu bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit. Kamu bisa meletakkan bongkahan es batu dalam mulut, dan biarkan hingga meleleh perlahan sebelum menyentuh luka sariawan. Hal ini berguna mengurangi pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit.

Jangan pernah mengoleskan es langsung pada sariawan, karena hal ini bisa memperburuk kondisinya. Kamu bisa membuat kompres dingin untuk mengobati sariawan secara alami. Caranya, bungkus es dengan handuk kecil lalu letakkan di atas sariawan secara perlahan.

3. Kelapa

obat sariawan alami
Kelapa. (Gambar: http://suara.com)

Kelapa memang memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya juga efektif sebagai obat sariawan alami. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Medicinal Food, minyak kelapa memiliki efek antibakteri yang bisa menyembuhkan sariawan akibat pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut.

Minyak kelapa juga memiliki senyawa antiinflamasi yang bisa mengurangi kemerahan dan nyeri pada luka sariawan. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang sakit dengan cotton bud hingga sariawan menghilang.

Jika kesulitan mencari minyak kelapa, kamu juga bisa berkumur dengan santan kelapa segar sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Selain itu, air kelapa juga efektif untuk mengatasi dehidrasi yang membuat kondisi sariawan membaik.

4. Madu dan pisang

Ada beragam manfaat madu, salah satunya memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi. Sebuah penelitian dalam jurnal Quintessence International menyebutkan penggunaan madu terbukti efektif dan aman mengurangi nyeri, ukuran, dan kemerahan pada luka sariawan. Bahkan, hasilnya lebih efektif daripada pengobatan kortikosteroid topikal.

Selain itu, kemunculan sariawan juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asupan mineral tertentu, seperti magnesium. Buah pisang yang memiliki kandungan magnesium tinggi juga bisa membantu pemulihan kondisi ini.

Anda dapat membuat pasta dari madu dan pisang sebagai obat sariawan alami. Caranya, haluskan buah pisang dengan sendok atau blender, lalu campurkan dengan sedikit madu. Oleskan pada luka sariawan hingga peradangan dan rasa sakitnya mereda.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dalam rongga mulut dan tubuh Anda. Makanan probiotik dari olahan susu ini memiliki kandungan bakteri lactobacillus dan acidophilus yang mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh.

Jika penyebab sariawan adalah infeksi bakteri, mengonsumsi yogurt dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, hal ini juga bisa kau  lakukan sebagai langkah pencegahan sariawan ke depannya.

Kamu cukup mengonsumsi satu cangkir yogurt setiap hari. Sajikan dalam kondisi dingin dengan campuran buah-buahan, seperti stroberi atau pisang untuk meredakan rasa sakit akibat luka sariawan.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa mengobati sariawan secara ampuh. Penelitian pada tahun 2016 dari Filipina menyebutkan obat kumur dari larutan daun jambu biji efektif meredakan rasa nyeri dan mengurangi ukuran sariawan lebih cepat daripada obat kumur pada umumnya.

Peneliti juga menambahkan, daun jambu biji memiliki senyawa flavonoid yang berperan sebagai antibakteri dan antivirus. Kamu bisa merebus 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 ruas jari kulit batang dengan 1 liter air. Saring air rebusan lalu gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Selain dari daunnya, kamu juga bisa mengonsumsi buah jambu biji apabila mengalami sariawan. Kandungan vitamin C jambu biji yang dua kali lipat lebih banyak dari jeruk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

7. Kantong teh

Obat sariawan alami
Kantong teh. (Gambar: http://lifestyle.kompas.com)

Tak banyak yang tahu kantong teh ternyata juga bisa digunakan sebagai obat sariawan alami. Kompres kantong teh bekas yang bersifat basa, akan menetralisir keasaman dalam rongga mulut sehingga bisa meredakan rasa sakit akibat sariawan.

Apalagi jika memiliki teh chamomile. Jenis chamomile Jerman (Matricaria recutita) telah terbukti secara medis memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti inflamasi dan antiseptik, yakni azulene dan levomenol yang membantu mengatasi gangguan mulut ini.

Cukup mengoleskan kantong teh basah ke sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi perawatan ini sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Berbagai langkah pengobatan sariawan secara alami pada umumnya bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri yang mengganggu dalam rongga mulut. Kondisi ini biasanya akan sembuh sendiri kurang dari dua minggu atau 14 hari.

Baca juga: Aman dan Ampuh, Ini Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah yang Tepat!

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top