You are here
Home > Pendidikan >

Seru! Belajar 2 Tips Menabung Ala Korea Melalui Drakor

menabung ala korea

Menabung ala Korea – Drakor atau bisa disebut sebagai drama Korea sedang digandrungi banyak orang. Terutama pada usia remaja.

Menonton drama Korea tidak hanya bisa menikmati kisah yang menarik, akan tetapi juga ada beberapa drama Korea yang mengajarkan tentang menabung ala Korea. Istilahnya sambil menyelam minum air, selain mendapatkan hiburan juga mendapatkan edukasi sekaligus.

Cara Menabung Ala Korea

Contoh cerita menabung sendiri tidak dijelaskan secara gamblang di dalam drama Korea, akan tetapi disampaikan secara tersirat di dalam beberapa adegan di dalamnya. Sebelum membahas tentang drama apa saja yang bisa memberikan edukasi tentang menabung ala Korea, berikut ini adalah fakta unik cara menabung di Korea:

1.      Metode Sisihkan di Awal

menabung ala korea
pexels.com

Kalender saku adalah kalender yang digunakan oleh orang Korea untuk menabung. Sebenarnya kalender ini sama dengan kalender biasa, akan tetapi di setiap tanggalnya ditempel sebuah kantong yang nantinya akan diisi uang tabungan.

Metode sisihkan di awal ini dengan menentukan terlebih dahulu nominal uang harian yang akan ditabung.

Sebagai contoh memasukkan uang Rp. 10.000,- sebelum berangkat kerja atau sekolah dan dilakukan setiap hari dengan tidak tergoda untuk menggunakannya. Pada akhir bulan dilakukan evaluasi dan memeriksa kantung mana saja yang kosong.

Metode sisihkan di awal lebih banyak disukai banyak orang karena dengan menyisihkan terlebih dahulu membuat hati tenang karena telah menabung sebelum menjalani aktivitas.

2.      Metode Sisihkan di Akhir

Metode ini bersifat sisa, maka jumlah yang akan ditabung pun tidak pasti. Seperti metode sisihkan di awal, pada metode ini Anda bisa melihat tanggal berapa saja kantongnya tidak terisi. Hal ini bisa dilakukan evaluasi di setiap akhir bulan agar semakin disiplin di bulan selanjutnya.

Baca Juga:  SGU dan BI Jalin Kerja Sama Program Kampus Merdeka Bank Indonesia

Belajar Mengatur Keuangan Ala Drama Korea

menabung ala korea
pexels.com

Drama Korea memang banyak digandrungi para pecinta drama di seluruh dunia. Selain ceritanya yang tidak monoton, di dalamnya juga mengandung edukasi yang bisa menambah wawasan para pemirsanya.

Menabung ala Korea semakin asyik dengan ditemani drama-drama Korea kesayangan yang memberikan dukungan mengatur keuangan.

Beberapa drama Korea tentang keuangan seperti Itaewon Class, WWW, Pegasus Market, Misaeng (Incomplete Life), Midas, Chief Kim (Good Manager), Money Game, Best Chicken, Coffee Prince, Start-Up, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan ala drama Korea:

  • Hobi untuk Mendapatkan Uang
  • Investasi
  • Bekerja part time
  • Berhemat
  • Mempersiapkan dana darurat

Jangan hanya memikirkan tentang berapa biaya berlibur ke Korea, akan tetapi juga belajar tentang menabung ala Korea agar keuangan semakin tertata dan disiplin.

Jangan disia-siakan drama Korea yang telah memberikan wawasan mengatur uang agar menonton drama Korea semakin seru dan menarik.

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top