SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanCegah Kanker Serviks, RS Siloam Lippo Village Sediakan Vaksinasi HPV Multivalen

Cegah Kanker Serviks, RS Siloam Lippo Village Sediakan Vaksinasi HPV Multivalen

MediaGo- Menurut World Health Organization (WHO), kanker serviks yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) menjadi tantangan kesehatan global dan menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, kanker serviks berada pada urutan ke-4 untuk jumlah kasus kanker pada wanita Indonesia di tahun 2019.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Onkologi dari RS Siloam Lippo Village, dr. Alexy Oktoman Djohansjah, SpOG (K) Onk mengatakan, dengan pencegahan dan pengobatan yang teratur, kanker serviks sangat mungkin untuk dicegah.

“Yakni melalui vaksinasi terhadap HPV serta pemeriksaan rutin, termasuk tes pap smear. Namun masih banyak perempuan yang belum rutin melakukannya. Oleh sebab itu, kami berkomitmennya untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker serviks dan mendorong deteksi dini dengan adanya seminar ini,” ujar Alexy dalam Seminar Edukasi Terkait Vaksinasi HPV Multivalen untuk Masyarakat Umum di Bhinneka Padang Restaurant, Kota Tangerang, Selasa (12/9/2023).

Selain pemeriksaan rutin, kanker serviks dapat dicegah dengan vaksin, terutama vaksin HPV multivalen yang dirancang untuk melindungi terhadap infeksi virus HPV dengan 9 jenis strain HPV yang berbeda.

“Sekitar 2,5 dirancang untuk melindungi terhadap HPV tipe 6, 11, 16, 18, 31, 33, 45, 52, dan 58. Di antara tipe-tipe ini, HPV 16 dan 18 dikenal sebagai yang paling berisiko dan sering kali terkait dengan kanker serviks,” ungkapnya.

Lanjut Alexy, vaksinasi HPV biasanya direkomendasikan untuk remaja dan orang dewasa muda sebelum mereka terpapar virus HPV melalui aktivitas seksual. Vaksinasi dapat dimulai pada usia yang lebih muda, sekitar usia 9 tahun, hingga usia 45 tahun pada wanita yang belum divaksinasi sebelumnya dengan pengawasan dokter spesialis.

“Vaksin ini telah terbukti efektif dalam mencegah infeksi HPV dan mengurangi risiko perkembangan penyakit seperti kanker serviks, kanker vulva, kanker vagina, serta kondisi prakanker,” jelasnya.

Diketahui, untuk mendukung layanan medis dalam bidang kanker, RS Siloam Lippo Village telah dilengkapi dengan tim multidisiplin yang memiliki kompetensi internasional serta peralatan medis dan ruang perawatan dengan teknologi terbaru. Layanan ini juga menerapkan pelayanan yang komprehensif, termasuk metode minimal invasive surgery hingga perawatan pasca operasi. Terlebih lagi, RS Siloam Lippo Village juga menyediakan pilihan paket Medical Check Up yang difokuskan pada deteksi dini kanker.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular