SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanSering Disepelekan, Ini Deretan Manfaat Menjaga Kesehatan Lidah

Sering Disepelekan, Ini Deretan Manfaat Menjaga Kesehatan Lidah

Melakukan perawatan gigi memang menjadi hal utama bagi semua orang, namun sayangnya lidah merupakan bagian dalam mulut yang sering diabaikan kebersihan serta kesehatannya. Padahal menjaga kesehatan lidah juga memiliki beberapa manfaat, lho. 

Seperti apa lidah yang sehat?

Kesehatan lidah
Lidah sehat. (Gambar: http://aarp.org)

Tahukah kamu bahwa ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh lidah yang kotor? Melansir penjelasan dari laman Hello Sehat. Dr. Puneet Ahuja, Konsultan Senior Bedah Gigi di Sri Balaji Action Medical Institute, India mengatakan bahwa beberapa infeksi dapat disebabkan karena kebersihan lidah yang buruk. 

Oleh sebab itu, penting mengetahui cara menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari sejumlah infeksi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan bintik kecil yang disebut papila, juga akan ada lapisan putih tipis di atasnya.

Dr. Puneet Ahuja mengatakan bahwa memiliki lidah berwarna merah muda sama sekali bukanlah mitos belaka, justru ini fakta yang perlu semua orang ketahui. Jika lidah berwarna hitam, kuning, putih, atau bahkan merah, kemungkin menjadi tanda bahwa lidah tidak bersih.

Bagaimana cara menjaga kesehatan lidah?

Kesehatan lidah
Menjaga kesehatan lidah. (Gambar: http://womansweekly.com)

Ketika kamu menggunakan lidah terus menerus, tetapi mengabaikan perawatannya, kondisi itu bisa menimbulkan efek negatif. Lidah bisa menunjukkan tanda-tanda masalahnya dengan mengalami perubahan warna. 

Dalam beberapa kasus lidah kotor juga di sertai dengan rasa sakit atau tidak nyaman. Lidah yang berubah warna atau menyakitkan dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti kekurangan vitamin, AIDS, hingga kanker mulut. Demi mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin terjadi, kamu harus menjaga kesehatan lidah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Membersihkan dengan alat khusus pembersih lidah. 
  • Banyak minum air. 
  • Berkumur dengan air garam.
  • Jangan menggunakan perhiasan lidah. 

Mulailah untuk mempraktikkan keempat hal di atas untuk menjaga lidah kamu tetap bersih, sehat dan terawat. Seringkali dilupakan, padahal menjaga kesehatan lidah juga sangat penting untuk dilakukan. 

Manfaat membersihkan lidah untuk kesehatan

Berikut adalah empat alasan dan manfaat membersihkan lidah untuk kesehatan:

1. Mampu menghilangkan bau mulut

Bau mulut dapat berdampak negatif pada kehidupan, hubungan, dan harga diri seseorang. Sebagian besar bau mulut berasal dari bakteri di bagian belakang lidah, area yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Studi klinis telah menunjukkan bahwa membersihkan lidah dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri jahat, yang menyebabkan napas menjadi lebih baik.

Itu karena aksi gesekan dari pengikis lidah mengumpulkan lapisan-lapisan ini. Dan menghilangkannya dari mulut dalam satu gerakan. Meskipun Anda bisa, tentu saja, hanya menggunakan sikat gigi untuk menyikat lidah, bentuk unik dari pengikis lidah membantu menghilangkan lebih banyak bakteri per gesekan.

2. Menjaga kesehatan lidah baik untuk gigi dan gusi

Ketika dikombinasikan dengan menyikat gigi dan flossing, praktik kebersihan mulut ini menghilangkan bakteri yang bertanggung jawab atas masalah periodontal, penumpukan plak, kerusakan gigi, infeksi gusi, dan resesi gusi, menjadikannya promotor yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi secara umum.

3. Meningkatkan kesehatan pada pencernaan

Mengutip Mind Body Green, dalam Ayurveda, pencernaan yang baik dianggap sebagai dasar kesehatan. Mengingat bahwa pencernaan dimulai dengan rasa, sistem medis kuno mengatakan bahwa menghilangkan penumpukan lidah pada akhirnya membuat seluruh proses pencernaan berjalan lebih lancar. 

Mengikis juga mengaktifkan produksi air liur dan meningkatkan agni (api pencernaan tubuh) untuk membantu pencernaan sepanjang hari.

4. Peningkatan rasa

Saat membersihkan lidah, kamu seolah-olah memulai dengan palet yang benar-benar segar. Ini akan membantu meningkatkan rasa makanan karena tak bercampur dengan kotoran-kotoran yang menumpuk di lidah.

5. Bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Membersihkan lidah dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang mengobarkan gusi serta mencegah gigi berlubang. Ketika hal ini diabaikan, bakteri tersebut bisa menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat menjaga kebersihan mulut yang sangat penting dilakukan demi kebaikan bagi tubuhmu secara keseluruhan. Manfaat membersihkan lidah dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang menyebabkan gusi serta mencegah gigi berlubang. Ketika hal ini diabaikan, bakteri tersebut bisa menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

Baca juga: Aman dan Ampuh, Ini Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah yang Tepat!

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular