SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanHati-hati! Begini 5 Gejala Covid Setelah Vaksin Dilakukan

Hati-hati! Begini 5 Gejala Covid Setelah Vaksin Dilakukan

MediaGo – Sejak pandemi muncul tahun lalu, sejumlah pihak melaporkan berbagai gejala Covid setelah vaksin. Tujuannya agar bisa dilakukan langkah antisipasi menekan penyebaran virus. Lalu, apa saja gejala Covid setelah vaksin?

Sebagai informasi, ratusan juta orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Meskipun vaksin merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona serta penyakit yang berpotensi mematikan, ada laporan orang-orang yang masih dinyatakan positif Covid-19 setelah mendapat vaksin karena dibutuhkan beberapa minggu bagi tubuh untuk mengembangkan perlindungan terhadap virus corona. Apalagi, vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini membutuhkan dua dosis agar efektif sepenuhnya.

Gejala Covid setelah Ikut Vaksinasi
Ilustrasi pembuatan vaksin Covid-19

Para ilmuwan di King’s College London, Inggris, telah meneliti kasus infeksi setelah vaksinasi Covid-19. Ilmuwan tersebut memeriksa data dari sekitar 1,1 juta warga Inggris yang telah divaksinasi antara Desember 2020 hingga pertengahan Mei 2021. Mereka menemukan 2.278 orang dewasa dinyatakan positif setelah vaksinasi atau hanya 0,2 persen dari total populasi penelitian. Angka itu turun lebih jauh untuk yang memiliki dua dosis, dengan hanya 187 orang atau 0,03 persen tertular Covid-19.

Seiring berkembangnya waktu, ditemukan varian baru Covid-19 di dunia, ada lebih banyak gejala yang bisa dikenali. Sebuah penelitian dari Inggris pun mencoba memberikan daftar gejala Covid-19 tersebut. Masyarakat dapat memasukkan gejala Covid pada sebuah aplikasi lalu tim peneliti akan menganalisanya.

Studi Zoe Covid Symptom berhasil mengidentifikasi seluruh gejala orang yang terkena virus. Mereka membaginya dalam gejala orang yang sudah divaksinasi satu dan dua suntikan serta kelompok masyarakat yang belum sama sekali divaksin. Lalu, seperti apa gejala covid setelah vaksin yang dilakukan?

5 Gejala Covid setelah Vaksin

1. Gejala Jika Sudah Vaksinasi Lengkap

Pada orang yang terinfeksi namun sudah mendapatkan vaksinasi lengkap menunjukkan gejala lebih sedikit dalam periode yang singkat. Dilaporkan mereka jarang terkena sakit parah dan sembuh dengan lebih cepat.

Ini lima gejala virus bagi orang yang telah dua kali vaksin:

  • Sakit kepala
  • Pilek
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan
  • Kehilangan indera penciuman (anosmia)

2. Gejala Setelah Satu Dosis Vaksin

Urutan gejala pada mereka yang memiliki satu kali vaksinasi juga berubah dibandingkan vaksin lengkap. Berikut daftarnya:

  • Sakit kepala
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Bersin
  • Batuk terus menerus

3. Gejala Orang Tidak Divaksin

Zoe mengungkapkan pada mereka yang belum divaksin dan terpapar, maka gejalanya makin mudah diamati. Namun ada juga perubahan pada gejala yang kerap ditemui pada awal pandemi.

Studi menemukan kehilangan indera penciuman masuk di nomor 9 serta sesak napas ada di urutan 30. “Menunjukkan gejala yang dicatat sebelumnya berubah dengan varian yang berkembang,” tulis penelitian itu. Berikut 5 gejala yang ditemui pada kelompok masyarakat belum divaksin:

  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek
  • Demam
  • Batuk terus menerus.

Itulah gejala covid setelah vaksin yang akan dirasakan. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa untuk vaksin!

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular