You are here
Home > Kesehatan >

Apa Saja Efek Samping Vaksin COVID-19?

Presiden Joko Widodo melakukan suntikan vaksin COVID-19 perdana di Indonesia
Bagikan

MediaGo – Tahap awal penyuntikan vaksin COVID-19 dari Sinovac sudah dimulai di Istana Negara Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 Sinovac. Kemudian diikuti oleh beberapa menteri, tokoh publik, perwakilan organisasi dan selebritas.

Masih banyak yang khawatir akan efek samping dari vaksin COVID-19. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan, ada beberapa efek samping yang bisa muncul setelah penyuntikan. Ada efek samping lokal dan efek samping sistemik.

Efek Samping Vaksin COVID-19

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menjelaskan, berbagai efek samping tersebut dikategorikan ringan-sedang. Selain itu, efek samping juga tidak berbahaya dan bisa pulih kembali.

Efek samping lokal

• Nyeri

• Indurasi atau iritasi

• Kemerahan

• Pembengkakan

Baca juga: Begini Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

Efek samping sistemik

• Myalgia atau nyeri otot

• Fatigue atau kelelahan

• Demam.

Fakta setelah Disuntik

Presiden Joko Widodo menjelaskan, usai disuntik vaksin, dirinya hanya merasakan pegal-pegal. “Ndak terasa apa-apa waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam agak pegal dikit. Agak pegal dikit,” kata Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden di Youtube, Rabu (13/1/2021).

Sementara itu, Raffi Ahmad mengakui, tidak ada efek samping yang serius setelah disuntik vaksin COVID-19 Sinovac. “Cuma pegel dikit dan ngantuk, udah itu aja. Abis itu udah gua kerja lagi, abis itu aman,” kata Raffi.

Baca juga: Jakarta Butuh 16 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Hal yang sama juga dirasakan oleh Ariel NOAH yang sudah mendapatkan suntikan pertama di Bandung, Jawa Barat (14/1/2021). Melalui akun Instagram-nya, Ariel menjelaskan tidak ada efek samping yang srius yang dirasakannya.

Baca Juga:  Target Vaksinasi COVID-19 hingga Maret 2022

“Tadi vaksin jam 10 pagi sekarang jam 4 (sore) kurang yang gue rasain yang pegal itu di bekas suntikannya, di situ doang. Kayak efek bekas disuntik saja. Pas pertama disuntik baru terasa. Itu doang sih sejauh ini,” kata Ariel terlihat memegang bekas suntikan di lengan kirinya.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top