SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, September 21, 2023
spot_imgspot_img
HomeKesehatanDeretan Kebiasaan Buruk Merusak Ginjal yang Wajib Diketahui!

Deretan Kebiasaan Buruk Merusak Ginjal yang Wajib Diketahui!

Mediago.id – Salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi penting yaitu ginjal. Manfaat dari ginjal sendiri untuk menyaring dan membuang limbah seperti racun, urea, hingga garam berlebih. Dan sangat disayangkan bahwa sebagian orang khususnya anak muda masih sering melakukan berbagai kebiasaan buruk merusak ginjal. 

Kebiasaan Buruk Merusak Ginjal

kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal
Kebiasaan buruk yang merusak ginjal. (Gambar: http://health.detik.com)

Melansir penjelasan dari laman Beautynesia.id berikut ini beberapa kebiasaan buruk merusak ginjal dan sering dilakukan anak muda:

1. Sering Menahan Buang Air Kecil

Ketika sedang melakukan suatu aktivitas seperti menonton drama Korea, main games, bekerja atau main smartphone, kebanyakan anak muda menahan air kencingnya. Hal tersebut dilakukan karena dianggap kegiatan yang sedang berlangsung jauh lebih penting dari buang air kecil. Padahal apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa menimbulkan gagal ginjal.

Gagal ginjal sendiri adalah suatu kondisi ginjal yang sudah tak mampu menyaring racun dan limbah dari tubuh karena telah rusak. Untuk itu jika sudah kebelet kencing, sebaiknya hentikan segala kegiatan yang dilakukan dan segera pergi ke toilet.

2. Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Masalah ginjal ini memang umumnya sering dialami oleh pencinta rasa asin. Cita rasa asin dan gurih sering bikin nagih dan membuat kamu tak bisa berhenti mengonsumsi makanan tersebut. Namun konsumsi garam yang berlebihan bisa berdampak pada ginjal, lho.

Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Sebab konsumsi garam yang terlalu banyak akan menghambat fungsi ginjal untuk mengeluarkan cairan. Jika hal tersebut sampai terjadi akibatnya adalah cairan akan menumpuk dan meningkatkan tekanan darah.

3. Kurangnya Minum Air Putih

Saat ini, kalangan anak muda justru memilih minuman kemasan seperti soda, jus, dan lainnya sebagai minuman utama. Padahal air putih termasuk minuman yang terbaik dan dibutuhkan tubuh. 

Jika kebiasaan minum kemasan dilakukan hingga terus menerus dan membuat jumlah asupan air putih turun drastis maka bisa menyebabkan batu ginjal. Terjadinya batu ginjal dikarenakan darah menjadi kental dan mineral mengendap di ginjal. Alhasil terbentuklah batu ginjal, yang jika dibiarkan secara terus menerus akan berakibat pada gagal ginjal.

4. Kurang Gerak

kebiasaan buruk yang merusak ginjal
Kurang gerak. (Gambar: http://tiktak.id)

Adanya pandemi COVID-19 saat ini membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk berdiam di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak. Tentu saja, peraturan ini akan lebih rentan membuat anak muda tak melakukan apa pun selain duduk untuk belajar, bekerja atau nonton televisi. Sehingga kegiatan olahraga atau sekedar berjalan kaki jadi berkurang bahkan tidak sama sekali.

Bagi kamu yang kurang gerak tentu membuat kesehatan ginjal terganggu. Sebab aktivitas fisik berpengaruh pada peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa. Oleh karena itu, meski di rumah saja tetap rutin berolahraga atau hanya sekadar gerak di sekitar rumah, ya. 

5. Banyak Konsumsi Gula

Tak hanya konsumsi garam berlebihan yang bisa sebabkan batu ginjal, melainkan juga konsumsi gula berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah sehingga berakibat pada kesehatan ginjal. Jangan lupa perhatikan asupan gula setiap hari agar terhindar dari penyakit ginjal.

Itulah beberapa kebiasaan buruk merusak ginjal, umumnya memang sering disepelakan oleh banyak orang padahal memiliki dampak yang sangat besar pada kesehatan tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal
Cara menjaga kesehatan ginjal. (Gambar: http://qoala.app)

Setelah dijelaskan sebelumnya terkait dengan kebiasaan buruk merusak ginjal, berikut ini beberapa cara untuk membantu menjaga kesehatan ginjal yang wajib kamu ikuti seperti dilansir dari laman Healthline

1. Kebutuhan Air Harus Cukup 

kebiasaan buruk yang merusak ginjal
Cukup minum air putih. (Gambar: http://health.kompas.com)

Minum banyak cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Saat cuaca panas, saat bepergian di negara panas atau saat berolahraga berat, kamu juga perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Perlu kamu ketahui bahwa memiliki pola makan seimbang akan memastikan kamu mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Perbanyak makan buah dan sayuran, dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti dan nasi. Hindari makan terlalu banyak makanan asin atau berlemak.

3. Monitor Tekanan Darah

Jangan lupa untuk selalu periksakan tekanan darah secara teratur. Tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung. Tekanan darah yang ideal dianggap antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg.

4. Tidak Merokok atau Minum Alkohol

kebiasaan buruk yang merusak ginjal
Hindari rokok. (Gambar: http://lifestyle.okezone.com)

Cobalah berhenti merokok sepenuhnya dan batasi jumlah alkohol yang kamu minum. Tak hanya untuk pria saja, tetapi wanita juga disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit alkohol seminggu secara teratur. Ini menjadi salah satu kebiasaan buruk merusak ginjal yang harus segera ditinggalkan.

Dua kebiasaan ini yaitu minum terlalu banyak alkohol dan merokok sama-sama meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit ginjal.

5. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Menjadi terlalu berat atau kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah, yang berdampak buruk bagi ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan.

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular