SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan4 Persiapan Puasa Yang Penting Dilakukan Saat Masa Corona

4 Persiapan Puasa Yang Penting Dilakukan Saat Masa Corona

MediaGo – Puasa Ramadhan 2021 kini sudah semakin dekat, bahkan jika dihitung-hitung waktunya kurang dari 30 hari lagi. Puasa tahun ini tentunya kita masih akan menjalaninya dalam keadaan dunia yang masih dilanda oleh Pandemi COVID-19, karena itu, ada berbagai macam persiapan puasa penting yang harus dilakukan.

Dengan adanya virus corona, kini semua kebiasaan sehari-hari yang dulunya biasa kita lakukan, mau tidak mau harus berubah mengikuti standart dan protokol kesehatan yang ditentukan, guna menghambat penularan virus corona. Nah, dalam urusan puasa ditengah pandemi, ternyata ada berbagai macam hal yang juga penting untuk dipersiapkan lho!

Persiapan Puasa

Persiapan Puasa Selama Masa Pandemi Covid-19

Mau tahu, apa saja persiapan puasa ditengah masa pandemi corona? Yuk simak pemaparannya di bawah ini!

1. Buat Pengaturan Keuangan

Pengaturan Keuangan selama Puasa

Sebagaimana telah diketahui bahwa pandemi corona memberikan dampak buruk pada perekonomian masyarakat Indonesia. Karena itu, agar tidak semakin kesulitan dalam urusan finansial di puasa Ramadhan nanti, maka kami sarankan, Anda harus melakukan pengaturan keuangan sebaik mungkin.

2. Buat dan Atur Daftar Menu Makanan

Persiapan yang ini masih memiliki keterkaitan dengan poin pertama. Salah satu cara untuk mengatur keuangan adalah dengan cara mengatur data menu makanan yang akan dibuat buka dan sahur selama 30 hari. Dengan melakukan pengaturan daftar makanan ini, maka Anda sudah akan mengetahui berapa budget yang harus dikeluarkan untuk tiap menunya, dan bisa menyesuaikan jika memang kelebihan.

Buat dan Atur Daftar Menu Makanan

Membuat daftar menu juga menjadi hal penting dari persiapan untuk puasa ramadhan 2021, karena untuk lebih memudahkan Anda dalam berbelanja keperluan. Akan tetapi, yang paling penting dan harus diingat adalah, pastikan Anda telah melakukan diskusi dengan anggota keluarga lainnya ketika menyusun daftar menu. Hal tersebut, bertujuan agar menu yang dihidangkan selama puasa bisa dinikmati oleh semua keluarga.

3. Selalu Jaga Kebersihan Makanan

Persiapan lainnya adalah memastikan bahwa makanan yang akan dinikmati selama buka puasa maupun sahur, adalah makanan yang bersih dan sehat. Di masa pandemi seperti ini, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah satu hal wajib, pasalnya jika kita tidak melakukannya maka virus corona akan rentan masuk ke tubuh kita, dan sistem imun kita akan gagal mengalahkannya. Ujung-ujungnya, kita akan terjangkit penyakit corona.

Jaga Kebersihan Makanan

Demi menghindari hal diatas, kami sangat menyarankan untuk nantinya memasak makanan Anda sendiri di rumah. Sehingga kesehatan dan kebersihan makanan akan lebih bisa terkontrol. Jika nantinya, Anda terpaksa harus makan diluar, baiknya membawa alat makan pribadi, seperti sendok dan garpu.

4. Memperhatikan Pola Makan dan Minum

Selama puasa, tentunya kita tidak lagi bisa makan dan minum seperti biasanya. Namun, telah ada waktu-waktu yang ditentukan, misalnya saat berbuka di waktu Maghrib dan sahur di sepertiga malam. Untuk menjaga kesehatan saat puasa, baiknya ikuti aturan tersebut. Selain itu, pastikan pula makanan yang dipilih selama Ramadhan 2021 adalah makanan yang memiliki cakupan gizi seimbang.

Makanan sehat cukup gizi yang harus dikonsumsi adalah makanan yang terdiri dari, buah-buahan, sayur-sayuran, daging, dan beberapa makanan lain yang memiliki kandungan gizi, dan protein.

Memperhatikan Pola Makan dan Minum

Selain makanan, baiknya Anda juga memperbanyak konsumsi air putih selama Ramadhan. Meskipun hanya bisa minum di waktu tertentu, tapi pastikan Anda memaksimalkan waktu tersebut untuk mengonsumsi jumlah air sesuai anjuran.

Bagaimanapun air putih adalah minuman paling sehat jika dibandingkan dengan minuman-minuman berasa. Jika Anda tidak terbiasa minum banyak air, maka mulai sekarang coba biasakan diri, sebagai persiapan puasa, agar nanti Anda tidak mengalami dehidrasi.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular