SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 7, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanJangan Panik, Kenali 3 Perbedaan Penyakit Cacar Monyet dan Cacar Air

Jangan Panik, Kenali 3 Perbedaan Penyakit Cacar Monyet dan Cacar Air

MediaGo – Indonesia dikejutkan dengan terkonfirmasi satu orang yang terkena cacar monyet atau monkeypox. Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

Mungkin belum banyak yang tahu kalau cacar monyet atau monkeypox ini punya perbedaan dengan cacar air biasa yang harus dikenali. Meskipun gejala awal keduanya sama, yaitu dimulai dengan demam tinggi.

Penyebab Cacar Monyet dan Cacar Air

Dilihat dari penyebabnya, cacar monyet atau monkeypox disebabkan oleh virus monkeypox yang berasal dari genus (marga) Orthopoxvirus. Sementara cacar air diakibatkan oleh virus varicella-zoster.

Baca juga: Waspada! Satu Orang WNI Terkonfirmasi Monkeypox Atau Cacar Monyet

Kemudian, virus yang menginfeksi monkeypox sifatnya zoonosis. Artinya, virus ini bisa menular dari hewan ke manusia maupun sebaliknya, dan juga dari manusia ke manusia. Sedangkan, pada cacar air hanya bisa menyebar dari manusia ke manusia.

Gejala Cacar Monyet dan Cacar Air

Mengenai gejala yang dikeluhkan penderita cacar monyet atau monkeypox, antara lain diawali dengan demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas.

Limfadenopati dapat dirasakan di leher, ketiak atau selangkangan. Selain itu, muncul pula ruam pada kulit yang biasanya muncul pada wajah dan mulut terlebih dahulu, setelah itu menyebar ke seluruh tubuh.

Untuk cacar air, gejala yang ditimbulkan meliputi demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, lemas, dan hilang nafsu makan. Gejala lainnya juga muncul ruam yang mulanya timbul di area dada dan punggung, lalu ke area wajah, hingga bagian tubuh lain termasuk di dalam mulut, kelopak mata, atau area kelamin.

Baca juga: Apakah Monkeypox Atau Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri?

Gejala cacar monyet dapat berangsur membaik dan sembuh dengan sendiri sekitar 2 – 4 minggu. Namun tetap jangan dianggap remeh karena kasus monkeypox dapat menyebabkan kematian, meskipun persentasenya relatif kecil.

Sementara pada cacar ir biasa punya sifat yang mudah menulat, tetapi tidak menyebabkan kondisi yang serius pada penderitanya. Gejala cacar air biasa dapat membaik dalam kurun waktu 4 sampai 7 hari. 

Pencegahan Cacar Monyet dan Cacar Air

Salah satu langkah pencegahan kedua penyakit ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Terdapat vaksin varicella yang digunakan untuk mencegah cacar air. Biasanya vaksin ini diberikan sebanyak dua dosis pada anak usia 12 bulan hingga 12 tahun. Mengenai penyakit cacar monyet, vaksinasi masih dalam tahap penelitian. 

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular